10 Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik 2020 : Penyebab & Solusi

Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik – Seperti yang kita ketahui saat ini telah hadir beragam jenis mesin kompresor, salah satunya adalah Kompresor Angin Listrik. Sesuai dengan namanya, kompresor angin listrik membutuhkan tenaga listrik sumber tenaganya. Kompresor jenis ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas pengecatan barang, seperti meubel dan kendaraan, atau bagi mereka yang memiliki usaha bengkel, biasanya mereka menggunakannya untuk menambah angin pada roda kendaraan.

Kompresor angin listrik memiliki prinsip kerja mengalirkan angin ke dalam tabung penyimpanan hingga penuh kemudian disuplai ke objeknya ( ban, air tools, pengecatan, dan lain-lain ). Seperti yang telah kami singgung diatas, dimana mesin ini memiliki cukup banyak manfaat, oleh karena itu banyak dari mereka yang menggunakan mesin ini sebagai partner dalam aktivitas mereka. Namun perlu kalian ketahui jika mesin ini juga kerap mengalami masalah, mulai dari mesin kompresor tidak keluar angin hingga terjadi pemanasan lebih pada udara hisap.

Nah jika mengalami masalah-masalah tersebut tentu saja kalian bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki kompresor angin listrik ? tenang, pada kesempatan kali ini akan berbagi informasi terkait hal tersebut. Sebelum kami jelaskan, perlu kalian ketahui jika masalah-masalah yang timbul pada mesin kompresor angin listrik bisa disebabkan oleh satu dan lain hal, misal daya yang dibutuhkan kompresor kurang dari ketetapan standart, hal tersebut akan mengakibatkan mesin mengalami overload atau bekerja lebih berat dan menahan beban yang lebih besar.

Kemudian untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada kompresor angin listrik, kalian juga bisa melakukan perawatan secara rutin pada mesin tersebut, seperti memeriksa oli pelumas pada kompresor, menyimpan kompresor pada ruangan yang memiliki ventilasi udara, membersihkan filter udara secara rutin dan lain sebagainya. Dengan demikian bisa dipastikan kalian akan jarang menemukan masalah pada mesin kompresor angin listrik dan bisa nyaman dalam menggunakan alat tersebut untuk aktivitas sehari-hari.

Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik : Penyebab & Solusi

Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik Dengan Benar

Kompresor angin listrik yang mengalami masalah tentu saja akan menghambat aktivitas kalian yang memerlukan alat tersebut, nah untuk itu kami memiliki bebarapa solusi  yang bisa kalian terapkan. Misal jika  mesin kompresor angin listrik kalian tidak keluar angin, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi filter, biasanya jika angin tidak keluar dikarenakan terdapat sumbatan pada komponen tersebut. Selain itu, kami juga memiliki tips-tips lainnya mengenai Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik yang bisa kalian simak dibawah ini.

Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa tidak menutup kemungkinan beberapa masalah akan timbul pada mesin kompresor angin listrik yang kalian miliki, salah satu yang paling sering terjadi adalah kompresor tidak mengeluarkan angin atau angin yang dikeluarkan sangat kecil. Nah untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melakukan tips-tips dibawah ini :

Cara Memperbaiki Kompresor Angin Listrik

  1. Periksa kondisi filter udara.
  2. Bersihkan filter udara jika terdapat sumbatan debu, pasalnya hal tersebut yang menjadi penyebab angin kompresor tidak mau keluar atau kecil.
  3. Kemudian periksa kondisi klep, jika kondisinya masih bagus kalian cukup membersihkannya, akan tetapi jika sudah aus kami sarankan kalian untuk menggantinya dengan yang baru.
  4. Setelah itu lepas baud silinder head lalu periksa packing head blower kompresor.
  5. Periksa klep pada tabung kompresor, komponen tersebut terhubung dengan pipa Hpp dari blower atas menuju ke tabung bawah kompresor. Jika menemukan kerusakan pada seal karet atau per kalian bisa menggantinya dengan yang baru.
  6. Periksa juga bagian otomatis kompresor, jika ada masalah biasanya kalian akan mendengar suara angin secara terus menerus, hal tersebut disebabkan oleh karet otomatis kompresor yang sobek, jika demikian kalian bisa menggantinya dengan yang baru. namun kami sarankan untuk berhati-hati dalam membuka penutup otomoatis kompresor.
  7. Bersihkan air yang terdapat di dalam tabung kompresor melalui plug yang terletak di bawah tabung.
  8. Selesai.

Masalah yang Kerap Timbul Pada Kompresor Angin Listrik

1. Overload 

Overload merupakan masalah yang cukup sering timbul pada mesin kompresor angin bertenaga listrik, masalah ini timbul karena daya yang dibutuhkan kompresor melebihi batas ketetapan daya normal untuk kompresor tersebut sehingga mesin akan bekerja lebih ekstra dengan beban lebih. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian harus mempertimbangkan faktor koreksi daya yang ada, gunakan kompresor angin listrik dengan daya yang telah ditetapkan.

2. Overheat

Overheat merupakan dampak turunan yang timbul apabila mesin kompresor mengalami masalah Overload. Mesin yang mengalami Overheat ditandai dengan motor penggerak yang semakin panas bahkan bisa menimbulkan kebakaran pada lilitan magnetnya. Masalah ini tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan parah pada kompresor angin listrik.

3. Panas Berlebih Pada Udara Hisap 

Masalah ini akan timbul apabila temperature udara hisap lebih tinggi dari batas ketetapannya, maka akan mengakibatkan proses pemampatan angin terhambat. Selain itu, masalah ini juga bisa berdampak negatif pada komponen lainnya, seperti kerusakan pada katup, proses kompresi terhambat, piston macet, hingga timbulnya karbit pada katup. Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa memasangkan pendingin di bagian mesin, terutama pada bagian tangki penampung angin.

4. Kompresor Tidak Keluar Angin 

Masalah yang paling sering terjadi pada mesin kompresor angin listrik adalah filter udara yang tersumbat sehingga angin tidak mau keluar. Masalah ini bisa dengan mudah diatasi dengan langkah-langkah yang kami sajikan diatas, dan untuk mengantisipasi terjadi masalah pada mesin kompresor, kalian bisa melakukan perawatan kompresor angin listrik secara berkala, dengan demikian mesin akan awet dan terhindar dari berbagai masalah.

Perawatan Kompresor Angin Listrik

Mesin kompresor  angin listrik saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Mesin ini memiliki peran penting dalam memudahkan beberapa aktivitas manusia, mulai dari mengisi angin pada ban kendaraan, proses pengecatan barang, ditambah lagi dengan harga jual mesin kompresor angin listrik ini jauh lebih murah dibandingkan dengan mesin kompresor angin manual.

Kemudian mesin kompresor angin listrik juga memiliki kelebihan dalam pengoperasian, pasalnya mesin ini tidak memerlukan tenaga ekstra, hanya saja untuk menggunakannya harus ada sumber listrik. Bukan hanya itu, dimensi ukurannya yang tidak terlalu besar juga memudahkan kita untuk menyimpan dan memindahkannya setelah selesai digunakan. Baiklah, cukup sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat. Terimakasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *