Apa Itu Overhaul? Pengertian, Fungsi & Ciri Cirinya

Apa Itu Overhaul? Pengertian, Fungsi & Ciri Cirinya

Loading...

Apa Itu Overhaul – Di Dunia Otomotif tentu saja anda pernah mendengar istilah Overhaul. Lalu apa itu Overhaul ? secara garis besar Overhaul berarti turun mesin atau service mobil secara total. Hal itu biasanya disebabkan karena terdapat komponen di sektor pacu yang telah rusak. Dalam melakukan Overhaul tentu saja kita tidak boleh sembarangan, melainkan harus ditangani oleh para ahli Otomotif.

Melakukan perawatan kendaraan secara rutin merupakan salah satu tindakan untuk menghindari Overhaul. Tidak jarang jika mobil pernah mengalami Overhaul, maka kualitas serta kenyamanannya akan berkurang. Jauh berbeda ketika belum turun mesin. Lalu apa sih  ciri-ciri kendaraan yang harus dilakukan Overhaul ? apa ada solusi lainnya selain dilakukan Overhaul ? apa hanya itu jalan satu-satunya ? tenang, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara tuntas.

Salah satu ciri mobil harus dilakukan Overhaul adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Hal tersebut biasanya dikarenakan tidak rajin mengecek Oli sehingga tanpa disadari telah habis dan mesin tidak memiliki pelumas. Oleh karena itu, kami sarankan anda untuk rajin mengecek Oli, Radiator, jika sudah kering kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Harga air radiator atau oli juga sangat terjangkau.

Disamping itu, ciri-ciri Overhaul juga bisa terlihat dari Oli berwarna kecokelatan dan air radiator berminyak. Kerusakan itu juga ditimbulkan oleh masuknya air ke dalam ruang kompresi sehingga menimbulkan korosi blok silinder head. Sebenarnya masala itu bisa ditangani tanpa harus Overhaul, dengan catatan oli belum tercampur dengan air radiator. Namun jika sudah tercampur, jalan satu-satunya adalah Overhaul.

Apa Itu Overhaul ? Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Ciri Mobil yang Harus Dilakukan Overhaul

Apa Itu Overhaul Pengertian Fungsi dan Ciri ciri Mobil Overhaul

Lalu apa sih fungsi dilakukannya Overhaul pada kendaraan ? tentu saja untuk memperbaiki kondisi dapur pacu yang rusak parah. Selain itu, Overhaul juga bertujuan untuk mengatur ulang dudukan pada katup serta mengembalikan performa mesin seperti sedia kala. Nah, jika anda masih bingung menganai apa itu Overhaul, berikut kami sajikan informasi mengeni apa itu Overhaul lengkap dengan fungsi serta ciri-ciri mobil yang harus mengalami Overhaul.

Apa itu Overhaul ?

Secara garis besar Overhaul berarti turun mesin atau melakukan perbaikan secara besar-besaran pada bagian sektor pacu. Disamping itu, Overhaul juga terbagi menjadi dua macam, yaitu :

Apa Itu Overhaul

  • Overhaul Total : Pembongkaran ke seluruh bagian dapur pacu.
  • Overhaul Semi : Hanya membongkar beberapa bagian tertentu dan tidak harus Overhaul total.

Mobil dengan kerusakan parah pada bagian dapur pacu besar kemungkinan harus mengalami Overhaul. Seperti masuknya air ke ruang kompresi, radiator selalu kering dan menyembur, serta permasalahan lainnya di sektor pacu.

Loading...

Fungsi dilakukannya Overhaul

Telah kami singgung sebelumnya dimana proses dilakukan Overhaul memiliki beberapa tujuan. Antara lain adalah :

Fungsi Overhaul

  • Membersihkan kotoran karbon yang menumpuk di bagian ruang bakar.
  • Menyetel ulang dudukan pada skir klep.
  • Memeriksa komponen dalam mesin.
  • Membersihkan komponen pada bagian dapur pacu.
  • Mengembalikan performa di sektor pacu seperti sedia kala.

Ciri-Ciri Mobil yang Harus Dilakukan Overhaul

Suatu kendaraan harus dilakukan Overhaul apabila mengalami ciri-ciri seperti dibawah ini :

Ciri Ciri Mobil Harus Overhaul

  • Knalpot mengeluarkan asap putih

Salah satu ciri kendaraan harus dilakukan Overhaul adalah apabila keluar asap putih dari knalpot. Hal tersebut biasanya terjadi karena keteledoran pengguna tidak rajin mengecek Oli. Lalu apa akibatnya ? Alhasil di sektor pacu kekurangan pelumas sehingga mengalami kekeringan. Jika sudah demikian besar kemungkinan kendaraan anda harus dilakukan Overhaul. Oleh karena itu, kami sarankan anda untuk rajin mengontrol kondisi Oli, Radiator, atau lainnya demi kenyamanan anda dalam berkendara.

  • Air Radiator mengeluarkan Minyak dan Oli berwarna Cokelat

Ciri selanjtunya bisa kita lihat pada bagian radiator serta warna Oli. Jika air radiator mengeluarkan minyak serta oli berwarna kecokelatan, biasanya harus dilakukan Overhaul. Apa penyebabnya ? Masalah itu disebabkan oleh masuknya air ke dalam ruang kompresi, sehingga menimbulkan korosi blok silinder head serta lubang air tidak beraturan. Sebenarnya masalah itu bisa diatasi dengan cara mengganti silinder head yang baru, dengan catatan Oli belum tercampur dengan air radiator serta warna oli masih seperti sedia kala.

  • Meningkatnya Suhu Mesin / Overheating

Kemudian meningkatnya suhu mesin juga bisa menjadi alasan harus dilakukan Overhaul. Masalah itu biasanya timbul karena kebocoran pada sistem radiator. Jika mobil anda mengalami masalah itu, kami sarankan untuk membawanya ke bengkel kepercayaan anda. Besar kemungkinan mobil dengan masalah tersebut harus dilakukan Overhaul. Untuk apa ? tentu saja untuk mengembalikan suhu sekaligus performa di sektor pacu menjadi normal seperti sedia kala.

  • Busi selalu berlumur Oli

Jika busi pada mobil anda selalu basah berlumuran Oli apa ada kemungkinan mobil anda harus Overhaul ? besar kemungkinan Iya. Pasalnya masalah tersebut menunjukan bahwa oli sudah masuk ke dalam ruang kompresi. Itu yang mengakibatkan oli mudah terbakar. Hal pertama yang harus dilakukan apabila menemukan masalah itu adalah cek kerusakan pada boring, jika semuanya Oke maka mobil anda tidak perlu dilakukan Overhaul.

Sampai disini apakah anda sudah paham mengenai apa itu Overhaul ? pada ulasan diatas kami juga membagikan informasi mengenai apa penyebab kendaraan harus Overhaul serta apa fungsi dari dilakukannya Overhaul. Oleh karena itu, kami sarankan pada anda semua untuk melakukan perawatan mobil secara rutin, terutama mengontrol kondisi Oli serta komponen radiator. Kemudian jika kendaraan anda mengalami indikasi yang dapat mengakibatkan kerusakan di sektor pacu, segera bawa ke bengkel terpercaya di daerah anda.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *