5 Cara Pemasangan Genset Otomatis & Wiring Diagramnya

Cara Pemasangan Genset Otomatis – Bagi anda yang tidak ingin repot menghidupkan genset secara manual rupanya ada sebuah cara atau solusi tepat untuk dapat membantu anda tidak usah menghidupkan genset secara langsung. Nah ini dia beberapa cara untuk membuat saklar genset otomatis hidup sendiri tanpa harus anda menyalakannya. Membuat saklar genset otomatis tentunya perlu menggunakan sebuah rangkaian elektronika mekanik ditambah adanya bantuan dari beberapa alat lain seperti relay bertegangan 220v AC dan terpenting yaitu kabelnya.

Relay sendiri berfungsi sebagai switch otomatis, nantinya akan merubah arah jumper dari masukan PLN ke masukan genset tentunya switch dimaksud menggunakan magnit pastinya. Magnit itu sendiri dibentuk dari sebuah lilitan atau coil yang diberi tegangan sebesar 200 volt dengan arus AC. Relay sendiri akan dikendalikan oleh sebuah tegangan dari PLN, jika PLN dalam keadaan menyala maka relay itu juga akan mengarahkan jumper switch ke PLN dan meneruskannya ke seluruh jaringan rumah.

Sedangkan jika jaringan atau arus listrik yang dari PLN mati maka switch akan mengarahkan jumper menuju genset. Kemudian genset akan secara otomatis hidup dengan bantuan 2 buah kaki pin sehingga nantinya akan membuka switch starter dari genset, genset akan hidup otomatis dan mengalirkan arus listrik sesuai alur yang di jumper. Setelah itu akan digunakan untuk mengaliri kebutuhan listrik ke jaringan rumah.

Pemasangan switch otomatis dengan menggunakan relay ini khusus buat genset yang menggunakan aki untuk menghidupkannya. Kekurangan dari sistem relay satu ini yaitu tidak adanya sistem delay untuk memberi waktu terhadap genset untuk melakukan pemanasan. Sehingga genset kemungkinan akan mengalami kejutan atau beban penuh saat pertama kali menyala, karena pada saat itu kondisi genset dalam keadaan dingin. Hal ini dapat anda minimalisir dengan cara merawat mesin genset yang cukup mudah salah satunya yaitu selalu cek kondisinya.

Cara Pemasangan Genset Otomatis Dengan Panduan Wiring Diagram

Cara Pemasangan Genset Otomatis Dengan Panduan Wiring Diagram

Sekedar catatan untuk pemasangan saklar otomatis ini hanya dapat digunakan pada jenis genset yang menghidupkannya menggunakan starter atau aki. Otomatis ini sangat membantu sekali untuk anda, serta anda tidak perlu untuk menyalakan mesin gensetnya, karena sudah akan menyala secara otomatis ketika sumber dari PLN sedang pemadaman. Nah berikut cara pemasangan genset menjadi otomatis, terus simak.

Alat-alat Digunakan

Alat alat Digunakan

Sebelum memulai atau melakukan pemasangan anda harus terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang nantinya akan digunakan. Alat dibutuhkan seperti:

1. Avometer
Alat ini berfungsi untuk mengecek setiap komponen yang nantinya akan pasang atau dirangkai menjadi salah satu komponen padu.

2. Obeng Min dan Plus
Obeng ini memiliki fungsi untuk mengencangkan skrup nantinya pada komponen pada saat pemasangan nantinya.

3. Tang Potong dan Tang Pengupas
ini digunakan untuk memotong kabel dan juga mengelupas bagian luar kabel, kemudian kabel tersebut akan disambungkan.

4. 2 Buah Relay AC
Relay AC disini adalah relay dengan suplay arusnya yaitu bolak balik 220v yang dihasilkan oleh PLN serta genset. Banyak sekali tipe dan jenis relay beredar serta dijual pada toko elektronik pilihlah dengan kualitas terbaik. Sebaiknya anda pilihlah rilai dengan minimal memiliki 8 kontak hubung sehingga nantinya anda lebih mudah pada saat menempatkan salurannya.

5. 1 Buah Relay DC
Fungsi dari relay DC ini merupakan sebagai relay dengan suplay arusnya yaitu arus DC (searah – +) 12 V – 24 V yang dihasilkan oleh AKI. Kebanyakan jenis DC memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan AC dan hanya memiliki 5 kontak hubung saja. Pilihlah relai dengan kualitas bagus serta terbaik.

6. Genset
Ini merupakan perlengkapan harus ada sebelum proses pemasangan, jika masih ada peralatan lainnya yang dapat membantu lagi anda dapat melengkapinya terlebih dahulu sebelum memulai pemasangan atau perakitan.

7. Timer
Timer delay relay disini merupakan alat dengan memiliki fungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dengan waktu yang sudah ditentukan.

Cara Pemasangan Genset Otomatis

Jika anda masih ragu untuk melakukan pemasangan maka dapat minta bantuan kepada orang yang sudah mengerti hal ini, atau juga dapat langsung memanggil teknisi untuk dapat memandu anda dalam proses pemasangannya.

Cara Pemasangan Genset Otomatis

  • Cara pertama yaitu pemasangan tegangan 220v pada relay 2 boleh bolak-balik.
  • Kemudian lakukan pemasangan kabel switch dari relay ke genset.
  • Cari push switch pada genset, biasanya jenis switchnya yaitu reset switch yang terhubung secara langsung dengan starter genset.
  • Tegangan 220 volt untuk relay 2 harus dari output gensetnya atau diambil dari S3 atau pin 5 R1. Anda juga boleh mengambil S1 atau S3 untuk nantinya dijadikan saklar.
  • Buatlah sesuai dengan skema diatas jangan mencoba-mencoba dengan kaki relay lainnya jika tidak ingin terjadi hal tidak di inginkan. Anda harus menggunakan kaki relay 2 ( S1= pin 1 dan 4) dan (S3= pin 5 dan 8) jika salah menempatkan / menggunakan pin nya maka resiko ditanggung sendiri. Hal ini harus dilakukan secara teliti jangan sampai keliru atau salah memasangkannya.

Itulah informasi mengenai pemasangan genset otomatis yang akan memudahkan anda, tanpa harus menghidupkan mesin genset tentunya. Sedikit catatan sebaiknya pahami terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan pada otomatis genset sebaiknya periksa kembali rangkaian otomatisnya apakah sudah benar dan tidak ada yang terbalik dalam proses pemasangan kabelnya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *