6 Cara Pasang Handle Listrik Ke Genset Pemisah PLN

Cara Pasang Handle Listrik Ke Genset – Listrik saat ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus ada di kehidupan manusia saat ini. Dengan listrik semua dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, salah satu contohnya saja yaitu memasak nasi menggunakan magic com. Hanya memasukan air serta beras kemudian jek dimasukan ke stop kontak kemudian tunggu sebentar, maka nasi akan segera matang.

Pada umunya listrik yang mengalir di setiap rumah-rumah kita semua itu berasal dari PLN. Namun listrik tidak selamanya akan menyala, ada waktunya mati baik akibat gangguan atau pembagian jatah listrik. Hal ini mengakibatkan sebagian orang juga membeli atau memiliki genset untuk mengantisipasi terjadi pemadaman listrik pada saat waktu tidak di inginkan, seperti sedang melakukan pekerjaan.

Dengan menggunakan genset anda akan terasa terbantu, genset dapat menggantikan listrik PLN yang padam itu tadi. Genset sangat membantu sekali kegunaannya ketika listrik dari PLN padam, bagi anda yang menggunakan listrik PLN dan genset tentunya perlu menggunakan handle untuk memindahkan listrik dari PLN menuju Genset. Terus bagaimana cara pasang handle listrik ke genset?? Terus simak.

Namun sebelum berlanjut mengenai cara pasang handlenya, terlebih dahulu anda menyiapkan handle dengan kualitas bagus dan juga genset yang akan digunakan nantinya. Pastikan genset yang akan digunakan dalam keadaan prima serta performa terbaik. Rupanya merawat mesin genset juga sangat penting walaupun genset tersebut tidak sering digunakan, hal ini akan membantu ketika akan digunakan mesin genset tersebut mudah dan aman.

Cara Pasang Handle Listrik Ke Genset Mudah dan Aman

Cara Pasang Handle Listrik Ke Genset Mudah dan Aman

Pasang handle listrik ke genset rupanya hal terbilang mudah dan dapat di lakukan oleh setiap orang. Walaupun cara pasang handle terbilang cukup mudah namun ada beberapa hal perlu atau harus diperhatikan dan dimengerti oleh orang yang akan memasangnya. Supaya tidak terjadi hal tidak di inginkan terjadi pada pemasangan handle serta nantinya. Oleh karena itu bagi anda yang masih ragu dalam pemasangan handle, dapat meminta bantuan pada orang mengetahui atau sudah mengerti akan hal ini.

Cara Pasang Handle Listrik Ke Genset

Cara Pasang Handle Listrik Ke Genset

  • Cara atau hal pertama harus disiapkan yaitu genset serta perlengkapan lain yang akan digunakan.
  • Kemudian cara selanjutnya yaitu, sebelum melakukan pemasangan handle serta kabel. Matikan terlebih dahulu seluruh sumber listrik baik itu dari PLN maupun dari genset.
  • Cara ketiga yaitu pada handle tersebut sendiri tersedia 3 bagian kabel, serta setiap kabel terdiri dari 2 atau 3 baut terminal. Anda dapat memasangkan 2 kabel saja, satu baut terminal dibiarkan tidak isi (kosong) sehingga dapat digunakan jika salah satu terminal mengalami kerusakan atau konsleting. Namun poin penting, jika salah satu kabel dipindah maka kabel lainnya juga harus ikut dipindahkan serta disejajarkannya.
  • Bagian baut terminal kabel yang ada dibarisan tengah yaitu untuk pemasangan kabel listrik menuju ke instalasi listrik dirumah anda.
  • Bagian baut terminal kabel dibagian atas serta bagian bawah digunakan untuk memasangkan kabel listrik yang berasal dari PLN dan juga genset. Anda dapat melakukan pemasangan kabel listrik dari PLN di bagian atas dan kabel dari genset dibagian bawah, atau dapat juga sebaliknya yang terpenting jangan di atas semua atau di bawah semua.
  • Pastikan pemasangan kabel harus sejajar dengan kabel fasa serta kabel netral di setiap bagiannya. Jika pada bagian tengah terminal anda pasang posisi kabel fasa di sebelah kanan dan netral pada bagian kiri, begitu juga dengan kabel terminal untuk fasa dan netralnya sendiri baik itu dari PLN maupun yang dari genset.

Contoh :

  • Jika kabel fasa yang menuju ke instalasi rumah di pasang di sebelah kanan dari terminal bagian tengah, maka kabel fasa dari PLN dan genset juga harus dipasang disebelah kanan pada setiap bagian terminal. Untuk Kabel netral dipasang disebelah kiri pada setiap terminal handlenya.
    Pastikan keseluruhan pemasangan diseluruh kabel sudah terpasang dengan benar serta kencang.
  • Jika sudah yakin maka anda dapat nyalakan genset tersebut.

Sedikit saran jika anda masih ragu serta tidak berani melakukan cara pemasangan handle listrik ke genset ini anda dapat minta bantuan kepada orang yang sudah pernah melakukannya atau minta bantuan pada teknisi listrik dengan segudang pengalaman yang dimilikinya. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *