2 Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air 2020 : Penyebab & Solusi

Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air – Sebagian besar dari kalian pasti banyak yang belum mengetahui bagaimana caranya meningkatkan daya hisap pompa air dengan benar, ya melakukan hal tersebut memang harus melalui perhitungan yang kompleks, mulai dari jarak hisap, ukuran diameter pipa, dan tak terkecuali daya yang dimiliki pompa itu sendiri. Nah, bagi kalian yang penasaran mengenai langkah-langkah meningkatkan kekuatan hisap pompa air, pada kesempatan kali ini kami membagikan informasinya.

Berbagai jenis dan merk pompa air seperti Pompa Air Shimizu, Sibel, Satelit, Sanyo, dan lain sebagainya bisa dengan mudah kita dapatkan di toko-toko alat atau memesannya melalui situs jual beli Online di Indonesia. Disamping itu, perlu kalian ketahui jika tidak semua jenis pompa air bisa di tingkatkan daya hisapnya, melainkan hanya pompa air jenis permukaan, disamping itu dalam meningkatkan kekuatan hisap pompa air kita juga tidak harus merusak bentuk asli pada mesin tersebut.

Jika pompa air di rumah memiliki daya hisap yang lemah tentu saja akan menghambat kebutuhan air bukan ? hal tersebut bisa disebabkan oleh kebocoran pada pipa hisap atau bisa juga karena kesalahan pada instalasi pipa, karena jalur instalasi pipa yang rumit akan menghambat jalannya air dari sumber menuju ke penampungan. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin memasang pompa air, khususnya untuk pompa air sumur dangkal alangkah baiknya kalian menggunakan jasa pasan pompa air.

Seperti yang telah kami janjikan dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi menganai bagaimana cara meningkatkan kualitas hisap mesin pompa air. Misal, pada pompa air sumur dangkal yang umumnya terpasang pada kedalaman 9 meter, namun dengan tips-tips yang akan kami sajikan dibawah ini, kalian bisa meningkatkan daya hisap hingga tingkat kedalaman mesin tersebut. Selain itu, kami juga akan memberikan cara untuk mengatasi masalah kerusakan pada pipa hisap pompa air.

Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air : Penyebab & Cara Mengatasinya

Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air Dengan Benar

Sebagai contoh, jika kalian mengambil air di dalam gelas menggunakan dua sedotan dengan diamaeter yang berbeda, satu kecil dan satu besar kemudian bedakan, sedotan mana yang memiliki daya hisap lebih tinggi ? tentu saja sedotan yang memiliki diameter lebih kecil. Begitu juga dengan pipa hisap pada mesin pompa air. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita ke inti pembahasan mengenai Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air dengan benar dibawah ini.

Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya hisap pompa air yang lemah, antara lain adalah dengan mengubah putaran kecepatan pompa dan mengubah volume pipa hisap. Namun sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diperhitungkan secara matang, antara lain jarak hisap, diamter pipa, debit air, hingga kapasitas daya pompa air yang dimiliki. Jika semua perhitungan sudah kompleks, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air

1. Mengubah Putaran Kecepatan Pompa

  • Pertama, ketahuilah mengenai spesifikasi standart dari pompa air tersebut.
  • Kedua, pastikan tidak adanya penurunan daya listrik yang mengalir pada pompa air, karena hal tersebut dapat mempengaruhi daya hisap pompa air.
  • Ketiga, tingkatkan kecepatan putaran dynamo yang secara otomatis akan membuat putaran impeller menjadi lebih cepat dari RPM standart.
  • Keempat, gunakan Inverter untuk menambah putaran motor pompa, alat ini merupakan yang paling efisien karena kita tidak perlu merusak konstruksi pompa air aslinya.
  • Kelima, pasangkan model bolt on pada jalur input tegangan listrik yang mengaliri mesin pompa air.
  • Selesai.

2. Merubah Volume Pipa Hisap

  • Pastikan seluruh tegangan listrik yang mengalir menuju Pompa air telah dimatikan.
  • Kemudian angkat pompa air menuju permukaan.
  • Lepas pipa standart yang terpasang pada pompa air tersebut.
  • Ganti menggunakan pipa yang memiliki diameter lebih kecil dari pipa starandart.
  • Pasangkan kembali pompa air ke dalam sumur.
  • Jika pompa air dengan pipa standart hanya dapat menghisap di kedalaman 9 meter, maka dengan pipa yang memiliki diameter lebih kecil, mesin ini mampu menghisap hingga kedalaman 11,25 meter.

Penyebab Daya Hisap Pompa Air Lemah

Daya hisap pompa air yang lemah bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

Penyebab Daya Hisap Pompa Air Melemah

1. Instalasi Pipa yang Tidak Tepat 

Kesalahan dalam memasang instalasi pipa tentu saja akan mempengaruhi kualitas daya hisap pompa air. Pipa yang terlalu rumit jalurnya akan menghambat jalannya air dari sumber menuju ke penampungan. Bagi kalian yang ingin memasang pompa air, kami sarankan untuk menggunakan jasa instalasi pompa air di daerah kalian.

2. Kebocoran Pada Pipa Hisap 

Pipa hisap merupakan komponen penting dalam kecepatan air dari sumber menuju ke penampungan, akan tetapi jika pipa tersebut bocor tentu saja akan menghambat jalannya air bukan ? Nah, jika sudah terjadi seperti ini jalan satu-satunya adalah kalian harus mengganti pipa hisap. Mengganti pipa hisap bisa dilakukan sendiri atau memanggil jasa service pompa air.

Berikut merupakan informasi yang bisa kami sajikan mengenai bagaimana cara meningkatkan daya hisap pompa air dengan benar. seperti yang telah kalian simak diatas, dimana kedua cara yang telah kami sajikan bisa kalian lakukan sendiri, dengan catatan kalian telah memahami masalah komponen-komponen pompa air dan memiliki alat yang bernama Inverter.

Kemudian alangkah baiknya kalian juga rutin mengecek pipa hisap pada pompa air kalian, karena jika mengalami kebocoran tentu saja akan mempengaruhi kualitas hisap yang dihasilkan. Jika mengetahui kerusakan tersebut maka kalian bisa langsung menggantinya.  Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan seputar langkah-langkah yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas daya hisap pompa air, semoga bermanfaat. Terimakasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *