6 Cara Memperbaiki Mesin Las Inverter Lakoni Rusak

Cara Memperbaiki Mesin Las Inverter Lakoni – Mengelas merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan orang untuk menyatukan atau menyambungkan benda dengan bahan dasar dari logam, untuk menjadi satu bagian padu dan kembali utuh. Mengelas memerlukan sebuah alat las serta juga peralatan pelengkap lainnya untuk digunakan menyambungkannya.

Namun pada pembahasan kali ini tidak akan membahas mengenai cara mengelas menggunakan mesin las interver lakoni, melainkan membahas mengenai cara memperbaiki mesin las listrik atau inveter lakoni yang mengalami kerusakan. Kita semua pastinya dituntut untuk dapat memperbaikinya tidak hanya bisa menggunakan alatnya saja. Oleh karena itu kenali dan pahami masalah apa terjadi terlebih dahulu.

Kerusakan merupakan kejadian yang pastinya tidak di inginkan oleh siapapun, namun namanya juga alat pastinya memiliki umur atau waktu tertentu. Seperti akan kami bahas kali ini mengenai alat las merk lakoni yang mengalami beberapa masalah atau kerusakan dan cara memperbaikinya. Pastinya ada saja sebuah masalah akan terjadi ketika sedang menggunakan suatu alat.

Namun sebelum mulai memperbaiki mesin las interver lakoni, mesti pahami terlebih dahulu masalah apa yang terjadi pada mesin las. Selain itu juga pahami rangkaian-rangkaian dari mesin las lakoni yang akan anda perbaiki tersebut supaya dapat mempercepat proses memperbaikinya. Dengan begitu siapkan alat seperti Avo meter, solder, timah, solder sucker dan peralatan yang dibutuhkan sebelum melakukan perbaikan atau memperbaiki.

Cara Memperbaiki Mesin Las Inverter Lakoni Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Mesin Las Inverter Lakoni Mudah dan Cepat

Nah sebelum lanjut apa saja masalah atau kerusakan yang terjadi pada mesin las lakoni serta bagaimana cara untuk memperbaikinya agar dapat digunakan kembali. Mari simak dan kenali kerusakan yang terjadi juga cara untuk memperbaiki mesin las Inverter Lakoni rusak.

1. Mesin Las Mati Keseluruhan

Mesin Las Mati Keseluruhan

Untuk memperbaiki masalah berikut anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:

  • Cara pertama, cek power cord kabel pada mesin las, apakah mengalami kerusakan atau baik-baik saja.
  • Cara kedua, yaitu periksa kabel input power kepada mesin las apakah masih berfungsi atau baik-baik saja.
  • Ketiga, periksa saklar on/off nya.
  • keempat, periksa tegangan kebagian power dari PCB apakah terdapat tegangan buat triger relay sebesar (12VDC / 24VDC) atau tidak.

2. Mesin Las Hidup Tapi Tak Mau Mengelas (Welding)

Mesin Las Hidup Tapi Tak Mau Mengelas Welding

Hampir sama seperti kerusakan diawal, hanya saja perbedaan kebanyakan mesin las interver lakoni hanya menyala pada lampu indicatornya saja maupun kipas mau berputar namun tidak dapat digunakan untuk melakukan pengelasan. Untuk cara memperbaiknya sendiri anda dapat mengecek rangkaian auxilary atau switching, jika masih tidak dapat berfungsi juga dapat cek drivernya.

3. Mesin las Protek Pada Waktu Mengelas

Mesin las Protek Pada Waktu Mengelas

Masalah seperti ini biasanya terjadi dikarenakan waktu pengelasan ketika electroda maupun kawat las kelamaan bersentuhan dengan media yang akan di lakukan pengelasan tersebut (metal). Hal itu akan mengakibatkan lampu indicator protect akan menyala Oven Circuit (OC), sehingga mesin las tidak mampu untuk mengeluarkan busur api kepada electroda. Jika terjadi konsisi seperti ini sebaiknya janganlah anda meneruskan proses pengelasan, karena jika lampu OC menyala berarti terdapat oven circuit terhadap rangkaian mesin las tersebut. Solusi atau cara memperbaikinya yaitu dengan mengecek bidang control board dan jangan teruskan proses pengelasannya.

4. Mesin Las Protek Pada Saat Mesin Di Hidupkan

Mesin Las Protek Pada Saat Mesin Di Hidupkan

Biasanya mesin terjadi rusak seperti ini ketika baru saja dihidupkan atau anda baru menyalakan tombol power atau on / off nya. Kerusakan seperti ini diakibatkan karena mesin las dapat dengan cepat Oven Circuit (OC), hal ini ditandai menyalanya lampu indicator LED. Untuk mengatasi masalah seperti ini anda dapat memperbaikinya dengan mengecek driver, thermostat, bidang block output (Dual Rectifier). Jika semua komponen diatas sudah dicek dan tidak terjadi masalah maupun kerusakan, solusi tepatnya yaitu dengan cara menggantinya menggunakan yang baru. Las lakoni sendiri banyak sekali tipe dan jenisnya sehingga anda tidak usah khawatir asalkan siapkan uang saja untuk membelinya, harga mesin Las Lakoni 900 Watt sendiri terbilang cukup terjangkau kisaran harga 1 sampai 2 jutaan.

5. Busur Api Tidak Bisa Di Kontrol

Busur Api Tidak Bisa Di Kontrol

Masalah seperti ini biasanya terjadi ketika posisi weld pengaturan ampere kepada mesin las inventer lakoni tidak berfungsi secara baik. Cara untuk memperbaiki kerusakan seperti ini yaitu anda dapat mengecek VR pada umumnya memakai potensi 1K Ohm 1 1/2W. Kemudian periksa sektor protect dan curren given.

6. On Welding Trip

On Welding Trip

Masalah seperti ini biasanya terjadi pada saat menyalakan mesin las, ketika menggunakan tenaga atau sumber listrik (PLN) sehingga MCB kepada meter bakal segera trip / turun walaupun menggunakan daya listrik dengan ampere MCB yang cukup besar. Cara memperbaiki yaitu langsung mengecek rangkaian penyearahnya (power supply) apakah masih berfungsi atau tidak, jika tidak maka dapat anda mulai lakukan perbaikan. Nah itulah beberapa masalah yang terjadi kepada mesin las lakoni, dan juga cara untuk memperbaikinya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *