8 Cara Membuat Gokart Menggunakan Mesin Rumput

Cara Membuat Gokart Menggunakan Mesin Rumput – Gokart adalah sebuah hasil imajinasi dari kendaraan roda empat atap terbuka dan olahraga motor. Gokart biasanya berpacu di sirkuit skala kecil. Balapan gokart biasanya dianggap olahraga motor lebih tinggi dan lebih mahal dari balapan motor pada umumnya.

Kecepatan gokart sangat bervariasi dan ada banyak gokart yang dapat mencapai kecepatan hingga melebihi 250 km/jam. Namun gokart yang dimaksud yaitu gokart yang memiliki kecepatan kurang lebih 25 km/jam. Gokart yang terbuat dari bahan yang mudah di dapat yang bentuknya sangat sederhana.

Kendaraan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat oleh siapa saja termasuk anda. Membuat gokart dapat anda lakukan dengan berbagai bahan seperti mesin pemotong rumput. Mesin rumput dapat anda gunakan sebagai bahan membuat gokart untuk bagian mesin penggerak.

Cara membuat gokart menggunakan mesin rumput sangatlah mudah. Pertama anda harus membongkar mesin potong rumput gendong atau dorong. Kemudian bagian mesin digabungkan dengan kerangka yang sudah dirancang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat gokart dengan mesin rumput, mari simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Gokart Menggunakan Mesin Rumput

Cara Membuat Gokart Menggunakan Mesin Rumput

Dalam proses pembuatan gokart, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Selain tahapan membongkar mesin potong rumput, anda terlebih dahulu harus merencanakan desain kerangka sebelum merancangnya menjadi sebuah gokart. Berikut ini tahap tahap membuat gokart dengan mesin rumput.

Rangka Gokart

Rangka Gokart

Rangka gokart biasanya terbuat dari besi siku atau pipa karena mudah di sambung menggunakan mesin las. Siapkan 3 sampai 4 batang besi siku atau pipa panjangnya masing-masing 4 meter. Kemudian siapkan 2 batang besi dan masing-masing dipotong dengan panjang 160 cm sebanyak 4 buah dan 60 cm sebanyak 2 buah. Lalu siapkan 1 batang besi lagi dan dipotong menjadi beberapa bagian dengan panjang 60 cm sebanyak 3 buah, 30 cm sebanyak 2 buah dan 70 cm sebanyak 1 buah. Jika semua besi telah disiapkan selanjutnya sambung besi tersebut menjadi kerangka gokart menggunakan mesin las.

As Depan

Setelah rangka selesai, selanjutnya membuat as depan. Pertama siapkan besi plat berukuran 20 cm x 6 cm x 0,5 cm sebanyak 2 buah. Dan pipa ledeng ukuran 70 cm x 2,54 cm sebanyak 1 buah. Jika semuanya sudah siap, tekuk plat besi lalu sambung dengan pipa ledeng usahakan seimbang dengan pipa ledeng.

Tirod Gokart

Tirod Gokart

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tirod yaitu :

  1. Pipa besi model T berukuran 2,54 cm sebanyak 2 buah.
  2. Poros belakang sepeda mini lengkap dengan bearing atau laher sebanyak 2 buah.
  3. Skrup atau mur baut dengan diameter sesuai dengan poros roda depan sebanyak 2 buah.
  4. Tingkai besi sebanyak 2 buah sebagai engsel.
  5. Treker sebanyak 2 buah untuk mengukur kemiringan roda depan.
  6. Besi siku penghubung tirod kanan dan kiri masing-masing sebanyak 1 buah.

As Belakang

Siapkan as becak, bos becak, puli dari logam atau gigi sepeda motor dan rem tromol. Untuk perakitannya sendiri sangatlah mudah karena menggunakan bahan-bahan yang siap pakai. Penambahan perl dilakukan ketika memasang puli dan rem tromol pada masing-masing bos becak di sebelah kanan dan kiri menggunakan las atau baut.

Roda Gokart

Roda Gokart

Untuk bagian roda anda dapat menggunakan ban dan velg vespa 8 inci untuk roda belakang, sedangkan untuk roda depan menggunakan ban dan velg khusus. Untuk roda depan anda dapat mencarinya di toko ban. Apabila tidak menemukan ban untuk roda depan anda dapat menggunakan ban sama seperti roda belakang.

Stir atau Kemudi

Untuk kemudi Gokart anda dapat menggunakan garpu sepeda mini yang dipadukan dengan batang besi bulat yang sudah dilengkapi dengan baut. Untuk memudahkan putaran kemudi perlu ditambahkan Bearing atau laher di ujung atas pipa dan bawah pipa. Untuk ukuran lingkaran stir bisa berukuran 10 inci atau disesuaikan dengan keinginan anda.

Kontrol Rem dan Percepatan

Kontrol Rem dan Percepatan

Untuk kontrol rem dan percepatan anda dapat menggunakan stang dan rem sepeda mini yang dipasang terbalik. Agar lebih nyaman anda dapat menambahkan plat besi sebagai pijakan atau multiplek yang diberi engsel agar tetap stabil tidak bergeser pada rangka. Ataupun anda juga dapat menggunakan bahan lainnya sesuai keinginan anda.

Mesin Gokart

Untuk mesin sendiri disini kami menggunakan mesin potong rumput dorong merk Tasko TLM 18 yang sudah dilengkapi dengan handle yang disesuaikan pegangan tahan armor hitam dengan kecepatan mesin hingga 4 Hp.

Itulah beberapa cara membuat gokart dengan mesin rumput. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *