Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

Advertisement

Mesin Diesel Susah Hidup – Untuk Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup, kita harus meneliti bagian-bagian dari mesin diesel yang mempunyai kemungkinan ada masalah yang menyebabkan mesin diesel susah untuk di hidupkan. yang paling penting kita jangan merasa panik dan kebingungan bila menghadapi masalah tersebut, karena dengan ketenangan kita pasti bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik dan benar.

Sebelum kita membongkar total seluruh komponen mesin diesel maka sebaiknya anda untuk coba menganalisa rekam jejak atau kronologi pemakaian pada mesin diesel tersebut. agar kita bisa mengatasi masalah yang ada dengan cepat dan tepat, tidak memakan waktu yang lama dan anda bisa langsung memeriksa komponen yang di duga kuat terdapat masalah.

Bila Mesin Diesel susah untuk di hidupkan maka ada beberapa bagian / komponen mesin diesel yang harus di periksa.berikut ini beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki mesin diesel yang susah untuk di hidupkan yaitu :

Tips Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

Mesin Diesel Susah Hidup

Mesin Diesel Susah Hidup

1. Periksa kondisi bahan bakar, sebelum membongkar komponen yang lain sebaiknya periksa terlebih dahulu tangki bahan bakarnya apakah terdapat solar atau volume bahan bakar telah berkurang dan perlu untuk di isi lagi.kemudian periksa tekanan bahan bakar, apakah tidak ada sumbatan yang mempengaruhi suplai bahan bakar menuju ruang bakar.

2. Periksa sistem kompresi pada mesin diesel anda,Cara yang paling sederhana yang kita lakukan ialah mengengkol mesin diesel dengan pelan kemudian lepas choke rocker arm bersamaan di lepaskanya putaran engkol mesinnya, bila dalam keadaan tersebut mesin masih berputar tanpa ada tekanan balik dari mesin maka bisa di pastikan bila sistem kompresinya telah hilang.bila hal ini terjadi maka yang perlu kita lakukan ialah membongkar silinder cop kemudian cek kondisi klep,bila sudah rusak maka klep harus di ganti dengan yang baru kemudian sekir klep dengan amril agar posisi klep dan bagian silinder cop tidak bocor.bila posisi mesin dalam keadaan darurat maka sebelum kita bongkar coba lakukan langkah berikut ini, yaitu ambil oli mesin yg baru sedikit aja kemudian masukkan ke dalam silinder head melalui filter udara kemidian engkol berulang kali sampai terjadi ada tekanan kompresi, biasanya ada kotoran yang menempel pada klep akan terbawa keluar melalui lubang knalpot sehingga kompresi akan besar kembali.

3. Cek bagian bospom dan nozle, komponen ini adalah bagian untuk mendorong dan menyuplai solar ke bagian ruang bakar, bila salah satu dari ini ada yang macet/ rusak maka mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.

4. Periksa bagian dalam mesin yaitu lihat kondisi ring piston dan juga silinder liner/ buring, bila ring piston telah aus maka kompresi akan kecil sehingga mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.

Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup sebenarnya sangat mudah bila kita sudah mengerti dengan baik sistem atau cara kerja dari mesin diesel tersebut dan komponen pada mesin diesel. dan yang tak kalah penting yaitu perawatan yang berkala serta cara pemakaian pada mesin diesel yang sesuai standar. kadang ada hal yang sebenarnya sepele namun bisa mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan seperti salah memasukkan bahan bakar misalnya, atau bahan bakar telat untuk di isi penuh sehingga suplai BBm terhambat dan ini menyebabkan dalam istilah di lapangan yaitu masuk angin atau pipa bahan bakar kemasukan udara sehingga bahan bakar tidak bisa mengalir lancar, bila hal ini terjadi cukup kendorkan baud pada ujung pipa solar yang ke bospom biarkan solar keluar sedikit untuk menghilangkan udara yang masuk lalu kencangkan kembali baudnya, kemudian mesin diesel sudah siap untuk di hidupkan. maka sebaiknya setiap kali mesin mau di hidupkan maka kita harus mengecek kondisi bahan bakar mesin tersebut, bila sudah berkurang maka isi penuh tangki bahan bakar mesin diesel tersebut.

Untuk beberapa jenis mesin diesel ada yang mempunyai ciri khas bila didalam proses startingnya terlalu pelan maka mesin akan susah hidup oleh karena itu bila akan melakukan proses starting posisi badan harus benar agar tumpuan tenaga besar sehingga mesin akan mudah di hidupkan dan keamanan untuk kita juga lebih terjaga.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Block Mesin Diesel Berisi Air

Dari beberapa uraian saya di atas maka bisa di ambil kesimpulan bahwa sebenarnya perawatan yang berkala dan kita memakai mesin dengan rasa memiliki saya yakin tidak akan ada masalah yang besar pada performa mesin diesel kita, dan juga selama mau berusaha maka tidak ada yang susah untuk kita bisa belajar mengatasi masalah pada mesin diesel yang kita miliki. sekian dulu dari saya semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan bila masih ada kekurangan saya mohon maaf, sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup.

Advertisement