16 Komponen Pompa Air dan Fungsinya Secara Umum

Komponen Pompa Air dan Fungsinya – Dengan adanya mesin pompa air sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari kita, pompa air merupakan bagian yang berperan besar untuk dapat memenuhi kepentingan rumah tangga dan manfaat yang paling utama yang sangat membantu pada kehidupan sehari-hari kita, mengingat bahwa air merupakan salah satu komponen terpenting dalam hidup kita, ada manfaat ayng diberikan oleh mesin pompa air untuk dapat menyedot air yang ada di dalam sumur, kemudian disediakan bak air untuk dapat menampung air yang sebelumnya telah disedot menggunakan mesin pompa air tersebut.

Pada jaman yang sudah modern seperti saat ini, anda tidak perlu repot lagi untuk menimba air yang ada di sumur ataupun mengambil air yang jaraknya jauh dari rumah anda, ketika anda telah memiliki mesin pompa air maka hanya dengan menyalakan pompa air tersebut dengan cara menyambungkan ke saluran listrik dirumah anda, maka secara otomatis air akan mengalir dan dapat mengalir dengan debit air yang besar dan memakan waktu yang lebih cepat tentunya, dibandingkan jika anda mengambil air menggunakan timba yang biasanya membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang cukup kuat agar dapat mengambil air dengan jumlah yang banyak.

Mesin pompa air sudah banyak yang menjualnya pada jaman sekarang, maka anda tidak perlu bingung ketika ingin membelinya, beragam keunggulan ditawarkan oleh masing-masing merk pompa air, harga pompa air bervariasi ada yang mahal ada pula yang relatif murah, semua tergantung kebutuhan dan kemampuan anda maka anda dapat menyesuaikan sendiri jenis meisn pompa air mana yang anda butuhkan, semakin mahal sebuah harga mesin pompa air maka tentunya kualitas yang di tawarkan pun semakin bagus, anda harus mengetahui spesifikasi dari mesin pompa air yang akan anda beli agar nantinya mesin pompa air dapat anda manfaatkan secara maksimal.

Perlu anda ketahui bahwa komponen pompa air merupakan serangkaian alat yang berfungsi untuk dapat menyedot serta membuang air dengan menggunakan putara impeler sehingga terjadi tarikan, kemudian air yang ditarik akan terus menerus menarik air yang berasal dari dasar sumur untuk kemudian di alirkan menuju ke pipa out, lalu impeler akan terus mendorong air untuk dapat menuju ke penampungan air, maka sebelum anda membeli pompa air, maka anda perlu mengetahui komponen apa saja yang ada pada mesin pompa air tersebut, perlu anda ketahui pula bahwa jenis pompa air ada dua yang biasanya di tawarkan di pasaran. Komponen pompa air sama pentingnya dengan karburator mesin diesel yang merupahan komponen penting pada mesin gerinda saat digunakan.

Daftar Komponen Pompa Air dan Fungsinya Terlengkap

Pompa yang menggunakan sistem rotari memiliki impeler yang dapat berputar guna menimbulkan kekuatan tarikan, maka air yang dipindahkan akan mampu terus menerus menarik air yang berasal dari dasar sumur, untuk kemudian di alirkan menuju pipa outlet pompa, jenis pompa ini banyak digunakan pada pompa untuk kebutuhan rumah tangga bisa dibilang hampir semua pompa kecil menggunakan sistem ini. Jenis pompa air yang kedua adalah pompa air yang menggunakan sistem sentrifugal pompa air ini biasanya digunakan untuk peralatan marine ataupun kapal laut untuk dapat membuang air dari dock dengan cepat, pompa yang satu ini bekerja menggunakan kecepatan tinggi, sehingga volume air yang bergerak dengan cara memutar dapat terlempar keluar melalui outlet air. anda juga perlu mengetahui komponen pompa air dan fungsinya secara umum, berikut penjelasannya.

Komponen Pompa Air Beserta Fungsinya

1. Body Pompa Air berfungsi untuk pelindung mesin untuk bagian dalam pompa air agar tidak terkena sentuhan secara langsung dari luar seperti cahaya sinar matahari, air ataupun kotoran yang dapat merusak bagian dalam mesin pompa air

2. Valve berfungsi untuk dapat memisahkan pada bagian pompa air dan penghisapnya , kemudian akan terjadi perbedaan antara pemisah air serta tekanannya, posisi Valve ada di ruang kompresi dan ujung pipa,hal itu bertujuan agar ruangan pompa air selalu terisi air, serta dapat mencegah masuknya udara ke dalam ruangan tersebut, selain itu dapat juga mengendalikan tekanan pompa air, supaya terhindar dari resiko rusaknya mesin, Komponen yang satu ini akan langsung terhubung dengan saklar pemutus arus, sehingga pada saar output pompa menjadi meningkat tekanannya, maka secara otomatis Valve akan langsung terdorong kebagian atas, kemudian dapat memutus aliran listrik tersebut.

3. Penutup Kipas Angin berfungsi sebagai pelindung kipas yang ada pada mesin pompa air serta menjaga tiupan kipas yang akan menuju bagian mesin sehingga suhu mesin dinamo akan satabil dan tetap terjaga.

4. Bagian Kapasitor berfungsi untuk memutus aliran listrik pada bagian lilitan start ataupun memulai bekerja pada mesin pompa air

5. Lilitan Utama lilitan ini memiliki diameter yang besar dengan jumlah yang lebih sedikit jika di bandingkan dengan diameter lilitan bantu

6. Lilitan Bantu berfungsi untuk arus pengejut dan sebagai pendorong motor listrik pompa air supaya berputar maka dapat mencapai titik kecepatan stabil kemudian akan diputus melalui bagian kapasitor.

7. Bagian Rotor berfungsi untuk gaya magnetik yang dapat mendorong serta memutar bagian impeler

8. Bering/Laher berfungsi untuk penyeimbang bagian rotor supaya putaran dari rotor dapat maksimal dan stabil

9. Output berfungsi untuk dapat mengeluarkan air yang sudah dihisap oleh impeler menuju ke penampungan air

10. Input bagian ini merupakan tempat masuk air menuju impeler.

11. Bagian Tabung  berfungsi memberikan tekanan yang lebih pada impeler sehingga air akan lebih bertenaga

12. Otomatis Berfungsi mengendalikan aliran listrik jika kran pada bagian penampung ditutup kemudian aliran air berhenti secara otomatis bagian ini bekerja memutuskan aliran listrik pada motor pompa air.

13. Impeler merupakan bagian yang dapat menarik serta mendorong aliran air, biasanya bagian ini memiliki gerigi pendorong.

14. Penampung Air bergungsi untuk wadah penampungan air, adanya tangki penampung air ini, akan jauh lebih menghemat listrik, selain itu bagian mesin pompa air akan lebih awet, karena mesin tidak mengalami tekanan yang besar pada waktu yang lebih singkat. Pemutus arus otomatis ini dapat dipasang pada bagian penampung tersebut, maka pompa air akan mati dan hidup secara otomatis sesuai dengan ketinggian air.

15. Poros merupakan bagian penghubung antara rotor dan bagian impeler yang dapat membantu rotor berputar untuk dapat mengalir ke impeler.

16. Kaki Pompa Air berfungsi menahan pompa air.

Daftar diatas merupakan komponen mesin pompa air dan fungsinya secara umum dan terbaru sehingga untuk anda yang berniat membeli mesin pompa air untuk dirumah maka artikel kali ini dapat membantu anda untuk lebih memahami komponen yang ada pada mesin pompa air.