8 Fungsi Filter Solar Mesin Diesel & Cara Membersihkan

Fungsi Filter Solar – Bahan bakar dan udara merupakan komponen yang menentukan sistem kerja Mesin Diesel. Dalam bagian tersebut dilengkapi dengan filter yang berguna untuk memastikan bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin Diesel dalam keadaan bersih dari kotoran yang dapat merusak mesin. Filter yang dimaksud adalah filter solar. Filter solar atau fuel filter merupakan salah satu komponen penting yang berhubungan dengan sistem bahan bakar Mesin Diesel. Komponen yang satu ini berguna untuk menyaring bahan bakar dari kotoran, sehingga kotoran tidak ikut masuk kedalam ruang bakar.

Proses penyaringan bahan bakar dilakukan ketika solar turun dari tangki bahan bakar kemudian akan diteruskan ke pompa bahan bakar atau injection pump. Bagian bagian filter solar terdiri dari badan filter solar, gelas, tutup fuel filter dan bagian isi fuel filter. Bagian isi fuel filter inilah bagian yang paling vital, karena bagian ini yang menyaring kotoran pada bahan bakar sebelum masuk ke pompa bahan bakar. Bagian isi filter harus diperiksa secara rutin setiap 100 jam pemakaian dan harus segera diganti, apabila kondisi filter sudah kotor atau rusak.

Jika pengguna tidak memperhatikan kondisi elemen filter solar, maka akan berdampak pada komponen pompa bahan bakar sehingga mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna dan dapat mengakibatkan menurunnya performa mesin. Bentuk filter solar hampir sama dengan mesin bensin, pada umumnya filter solar secara fisik memiliki 2 macam yaitu berbentuk metal dan logam. Masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi dari filter solar pada mesin Diesel. Mereka berfikir bahwa filter hanya berfungsi sebagai penyaring bahan bakar saja, namun perlu kalian ketahui bahwa filter solar memiliki fungsi lainnya.

Dalam mesin Diesel filter solar berperan sangat penting bagi performa mesin. Dilihat dari fungsinya komponen yang satu ini sepertinya begitu diperlukan dalam proses pembakaran bahan bakar. Hal inilah yang membuat filter solar memiliki fungsi yang vital, bukan hanya sebagai penyaring namun masih ada fungsi yang penting lainnya. Lalu apa saja fungsi filter solar. Jika sebelumnya saya telah menyajikan informasi mengenai Harga Diesel Kubota RD 85, namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai fungsi dan cara merawat filter solar yang akan saya sajikan berikut ini.

Fungsi Filter Solar Mesin Diesel dan Cara Membersihkan

Fungsi Filter Solar Mesin Diesel dan Cara Membersihkan

Fungsi Filter Solar Mesin Diesel dan Cara Membersihkan

Hal yang harus diperhatikan ketika kondisi filter solar kotor dalam membersihkannya. Namun mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui cara membersihkannya. Bahkan masih ada yang enggan memperhatikan kondisi filter solar bahkan tidak mau membersihkannya. Membersihkan filter solar merupakan hal yang penting guna meningkatkan performa mesin Diesel itu sendiri. Apa lagi mesin Diesel biasanya digunakan untuk pekerjaan kotor seperti sebagai mesin traktor untuk membajak sawah dan sebagainya, sehingga kemungkinan besar filter solar pada mesin Diesel menjadi sangat kotor. Sebelum mengetahui cara membersihkannya sebaiknya kita lebih dahulu mengetahui fungsinya terlebih dahulu agar kalian lebih memperhatikan kondisi filter solar jika kotor atau rusak.

Fungsi Filter Solar

Fungsi Filter Solar

Fungsi Filter Solar

  1. Menyaring kotoran yang terdapat pada bahan bakar.
  2. Untuk menyaring kotoran pada bahan bakar sebelum masuk pada pompa bahan bakar.
  3. Melindungi bagian isi filter.
  4. Sebagai penyaring elemen air dari bahan bakar.
  5. Sebagai alat menurunkan kecepatan aliran bahan bakar.
  6. Agar aliran bahan bakar tidak tersumbat.
  7. Meningkatkan performa mesin Diesel.
  8. Menyempurnakan proses pembakaran bahan bakar.

Cara Membersihkan Filter Solar

Cara Membersihkan Filter Solar

Cara Membersihkan Filter Solar

  1. Langkah yang pertama adalah tutup kran solar.
  2. Lepas gelas filter solar dengan perlahan.
  3. Kemudian lepas semua baut Filter solar dari badan mesin.
  4. Siapkan wadah untuk menampung solar yang tersisa pada filter solar.
  5. Selanjutnya lepas gelas filter solar dan ambilah elemen filter.
  6. Bersihkan filter dengan perlahan menggunakan solar.
  7. Kemudian bersihkan bagian saluran bahan bakar pada filter solar.
  8. Setelah selesai dibersihkan pasang kembali filter solar pada tempat semula.
  9. Langkah yang terakhir yaitu kencangkan semua baut dan buka kran solar apakah solar mengalir dengan lancar ke filter solar.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi yang saya sajikan bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Saya selaku penulis pamit undur diri, sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini.