7 Cara Merawat Mesin Genset Termudah

Merawat Mesin Genset – harus di lakukan secara berkala sehingga tidak akan terjadi masalah pada mesin genset yang sangat serius dan menggangu kinerja dari mesin genset tersebut. kebanyakan mesin genset di fungsikan sebagai cadangan/ memback up bila terjadi kerusakan pada sistem listrik dari PLN. namun tidak sedikit juga perusahaan maupun para wiraswasta yang menggunakan mesin genset sebagai kebutuhan pokok yang di pakai setiap hari untuk membantu mempermudah pekerjaannya.

Meskipun mesin genset di pakai hanya dalam keadaan darurat namun kita jangan sampai mengabaikanya begitu saja, agar pada saat di butuhkan mesin genset sudah dalam kondisi bagus dan prima maka sebaiknya di lakukan perawatan secara benar dan berkala. di dalam pemakaian mesin genset kita juga harus memperhatikan tentang sistem keamanan dan kenyamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan dari efek pemakaian mesin genset yang tidak sesuai petunjuk pemakaian yang benar.

Oleh karena itu ketika kita akan menggunakan mesin genset di rumah maupun di kantor, maka kita harus memperhitungkan sistem keamanan dari efek pemakain genset serta untuk menjaga agar mesin genset bisa mempunyai umur yang lebih panjang. paling tidak ketika kita meletakkan mesin genset di suatu ruangan/ tempat maka usahakan tempat tersebut jauh dari lokasi orang yang banyak beraktifitas dan tempat/ ruangan genset harus mempunyai ventilasi udara yang bagus serta cerobong asap harus menghadap keluar ruangan, karena asap yang di keluarkan dari knalpot mengandung gas beracun dan dapat membahayakan keselamatan orang di sekitarnya.

Merawat Mesin Genset Termudah pada intinya sama dengan merawat mesin engine pada umumnya namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara perawatan pada mesin genset berbahan bakar bensin terlebih dahulu, langkah-langkah yang harus di lakukan dalam merawat mesin genset berbahan bakar bensin yaitu sebagai berikut :

Cara Merawat Mesin Genset Termudah

Cara Merawat Mesin Genset Termudah

Cara Merawat Mesin Genset Termudah

  1. Setiap satu minggu sekali mesin genset harus di hidupkan minimal 15 menit agar kondisi mesin selalu terjaga.
  2. Periksa level oli, bila sudah jelek atau berkurang maka di anjurkan untuk mengganti oli mesin genset. penggantian oli ini di lakukan apabila pemakaian mesin genset sudah mencapai 100 jam kerja atau walaupun mesin genset jarang di gunakan namun waktu penggantian awal sudah sampai ke posisi 6 bulan maka oli wajib di ganti karena sistem kerja oli tersebut sudah jelek.
  3. Cek level air accu dan ukur tegangan yang di hasilkan oleh accu itu sendiri
  4. cek posisi bensin di tankki genset dan usahakan jangan sampai tank bensin dalam kondisi kosong ketika di taruh dalam waktu yang lama. buang sisa bensin yang ada di mangkuk karburator ketika mesin genset akan lama tidak di gunakan.
  5. setel ulang klep pada setiap 1500 jam waktu pemakaian.
  6. Ganti filter udara mesin Genset setiap 1000 jam pemakaian.
  7. Jangan gunakan mesin genset untuk beban yang melebihi kapasitas pemakaian maksimal pada mesin generator tersebut

Untuk perawatan mesin genset yang berbahan bakar solar sebenarnya sama seperti pada mesin genset bensin cuma yang membedakan pada mesin genset solar kita harus memeriksa level air pada radiator mesin dan ganti dengan air yang baru selama sebulan sekali. serta jangan sampai bahan bakar solar sampai kehabisan di tanki mesin karena bila ini terjadi akan menimbulkan mesin susah untuk di hidupkan karena berkurangnya tekanan solar ke ruang bakar.

Didalam cara merawat mesin genset termudah ini juga akan menerangkan cara pemakaian yang benar dan aman yaitu jangan menggunakan mesin genset dengan kapaitas berlebih dari kekuatan maksimum mesin genset tersebut. misalkan mesin genset dengan kapasitas beban maksimum 8000 watt maka jangan di bebani di atas kekuatan maksimum genset, serta perlu di ingat juga bahwa ketika mesin genset telah di hidupkan maka ketika kita akan memasukkan beban pemakaian,sebaiknya jangan langsung sekaligus melainkan secara bertahap di mulai dari beban yang paling ringan terlebih dahulu.(Baca:Memperbaiki Mesin Genset Arus Listrik Tidak Keluar)

Bila kita melakukan pemakaian beban secara bersamaan dan sekaligus di nyalakan maka mesin genset ini akan mudah mengalami masalah pada komponen dinamo generator tersebut,hal ini bisa mengakibatkan kumparan dinamo akan terbakar karena tidak kuat menahan beban yang secara bersamaan serta di atas kekuatan maksimum mesin genset tersebut.

Jika prosedur perawatan mesin genset di lakukan dengan benar maka hal ini akan memberikan hal positif pada mesin genset yang berdampak mesin genset akan mempunyai umur yang lebih panjang serta bisa memangkas biaya perawatan yang besar apabila mesin genset rusak berat. dari sini semoga bisa memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat di dalam petunjuk Cara Merawat Mesin Genset Termudah.