Cara Menyetel Klep Mesin Honda Gx-160

Advertisement

Cara Menyetel Klep Mesin Honda Gx-160 merupakan hal penting yang wajib di ketahui oleh para mekanik dan pencinta mesin diesel,karena menyetel klep mesin harus sesuai dengan standar mesin tersebut karena apabila dalam langkah penyetelan klep mesin tidak benar maka hasilnya akan berpengaruh pada performa mesin yang menurun.oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa pengalaman dan cara menyetel klep mesin honda Gx 160 yang benar dan sesuai standar dari pabrik honda.

Penyetelan klep( valve clearance ) mesin Honda Gx-160 ialah salah satu dari langkah penyetelan awal sebelum menghidupkan mesin. di karenakan celah katup adalah komponen yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja dari mesin 4 tak. untuk mengatasi adanya panas/ pemuaian , maka pada rocker arm dan ujung batang katup harus terdapat celah katup. bila celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit, maka akan timbul beberapa masalah sebagai berikut :

Masalah Klep Mesin Honda Gx-160

Masalah Klep Mesin Honda Gx-160

  1. Jika Celah Katup/Klep Terlalu Sempit, maka katup akan membuka terlalu dan menutup dengan lambat sehingga dapat mengakibatkan terjadinya salah pengapian ( pengapian balik ).
  2. Jika Celah Katup/Klep Terlalu Longgar, maka katup akan membuka terlambat dan menutup terlalu cepat sehingga dapat menimbulkan suara berisik dan getaran pada mesin tersebut.

Karena fungsi dari klep yang sangat penting, maka didalam menyetel celah katup/klep harus benar sebab jika tidak akan membuat umur mesin menjadi lebih pendek dan juga akan menimbulkan masalah-masalah pada mesin tersebut. untuk ukuran celah katup/ klep yang sesuai ukuran standar yang di rekomendasikan ialah :

Ukuran Klep Mesin Honda Gx-160

Cara Menyetel Klep Mesin Honda Gx-160

  • IN : 0.15 +_ 0.02 mm
  • EX : 0.20 +_ 0.02 mm

Langkah-Langkah Penyetelan katup/ klep mesin Honda Gx-160 yaitu sebagai berikut :

Cara Penyetelan Klep Mesin Honda GX-160

Cara Penyetelan Klep Mesin Honda GX-160

  1. Buka tutup silinder head dan lepaskan busi bila di perlukan
  2. Posisikan piston pada TDC ( top death center ) akhir langkah kompresi dimana posisi piston berada di atas dan kedua katup terbebas ( tidak dalam posisi menekan ). dengan cara putar requil starter secara perlahan sampai menemukan posisi yang tepat.
  3. Kendurkan baut pengunci , lakukan penyetelan dengan menggunakan puller ( thicnes gauge )
  4. Jika sudah di dapat celah yang sesuai, maka kencangkan kembali baut pengunci kemudian periksa kembali celah klep tersebut.
  5. Kemudian pasang kembali komponen-komponen yang tadi di buka pada awal proses penyetelan klep.

Itulah tadi beberapa langkah yang harus di lakukan dalam tahapan penyetelan klep/ valve pada mesin Honda Gx-160, sebaiknya penyetelan klep pada mesin harus di lakukan secara berkala agar performa mesin selalu terjaga dan mesin akan menjadi lebih awet dan berumur panjang. untuk di perhatikan apabila kita mau melakukan langkah-langkah penyetelan klep harus mengutamakan keselamatan kita dan juga mesin kita,lakukan dengan hati-hati dan dengan prosedur yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan yang dapat membahayakan mesin dan juga diri kita.

Baca Juga :

Ketika melakukan Penyetelan usahakan memakai kunci yang bagus dan kuat agar tidak merusak komponen dari mesin tersebut, siapkan kunci 14 ring/pas dan kunci 10 ring pas, kemudian lakukan pengencangan baut maupun pengendoran dengan sistem menggunting yaitu kunci 14 ring posisikan di atas kemudian kunci 10 ring/pas posisikan di bawah begitu juga sebaliknya, kemudian tekan dengan satu tangan seperti gerakan menggunting.

untuk proses penyetelan klep/ valve pada mesin satu silinder ini merupakan hal yang sangat sederhana dan mudah untuk kita pelajari, apabila kita melakukanya dengan senang dan bersungguh-sungguh maka kita tidak akan merasa kesulitan dalam melakukan proses penyetelan pada mesin diesel Honda satu silinder ini. oleh sebab itu saya menulis artikel ini untuk sarana berbagi ilmu dan pengalaman agar kita bisa mendapatkan manfaatnya sehingga ketika kita melakukan langkah penyetelan mesin Honda Gx-160 menjadi mudah dan baik hasilnya.

Gejala yang sering kita rasakan apabila mesin honda Gx-160 yang kita miliki mengalami masalah pada ukuran kekencangan klep yang tidak sesuai standar rekomendasi dari team honda jepang yaitu suara mesin akan berubah menjadi berisik atau kasar, kemudian tenaga yang di hasilkan oleh mesin engine tersebut berkurang dan yang tidak kalah penting biasanya pada proses menghidupkan mesinnya menjadi susah hidup.

Apabila jarak ukuran klep mesin honda Gx-160 ini terlalu longgar dari ukuran standar yang di tentukan maka kita akan mengalami proses menghidupkan mesin yang merepotkan, biasanya ketika kita menarik requil starter akan terasa berat, bahkan bisa terjadi over slagh dan melukai tangan si pengguna, hal ini di sebabkan karena fungsi decompresi yang tidak berfungsi maksimal akibat ukuran klep mesin terlalu longgar.

banyak sekali kasus para pengguna mengeluh tentang mesin mereka yang baru atau baru aja di service di bengkel tetapi performa mesin mereka masih kurang, salah satunya yaitu penyetelan klepnya masih kurang tepat, mungkin ketika  penyetelan si mekanik tidak memakai alat dan ukuran kerenggangan yang benar, karena sering saya lihat ketika seseorang menyetel klep mesin hanya menggunakan jarak ukuran dengan kertas  kartu nama misalnya yang jelas ukuran ketebalannya berbeda dengan puller.

Kesimpulannya bahwa proses penyetelan klep pada mesin engine honda Gx-160 ini tidak bisa di anggap remeh, karena klep ini merupakan salah satu komponen yang sangat fital dan sangat mempengaruhi kinerja dan performa mesin enggine, oleh karena itu sebelum kita melakukan penyetelan klep mesin honda Gx-160 ini kita harus tahu lebih dahulu cara serta jarak ukuran yang benar sesuai standar mesin tersebut. Selamat mencoba Gan..semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua di dalam melakukan Cara Menyetel Klep Mesin Honda Gx-160.

Advertisement