Cara Mengatasi Mesin Diesel Boros Bahan Bakar

Advertisement

Cara Mengatasi Mesin Diesel Boros Bahan Bakar – mungkin kita pernah mengalami sering di buat bingung kenapa mesin diesel yang biasa kita pakai terasa bahan bakarnya cepat sekali habis, padahal secara pemakaian di lakukan seperti biasanya, dulu sewaktu mesin diesel yang kita punya masih baru kita akan merasakan walaupun seringnya pemakaian namun bahan bakar terasa irit dan tenaga mesin pun tetap terjaga.

Ada banyak faktor mengapa mesin diesel menjadi boros bahan bakar, hal ini merupakan masalah yang sering di alami oleh para pemilik mesin diesel yang telah berumur atau telah lama waktu pemakaiannya. sebenarnya masalah boros bahan bakar juga kadang bisa di alami oleh mesin diesel yang masih baru  namun untuk hal ini kemungkinanya kecil karena ketika mesin diesel di buat oleh produsen maka telah melalui uji kelayakan sesuai standar pabrikan.

Action Coin

Biasanya apabila mesin diesel mengalami masalah boros bahan bakar maka mesin diesel ini juga akan mengalami masalah performa mesin yang menurun, karena penyebab masalah yang di timbulkan saling berkaitan satu sama lainnya, apabila masalah ini di biarkan terlalu lama kemungkinan besar akan menimbulkan masalah yang lebih serius pada mesin diesel tersebut karena bisa merembet ke bagian komponen dalam mesin serta dari segi ekonomi juga sangat kurang bersahabat karena membengkaknya biaya operasional dan perbaikannya.

Salah satu solusi yang baik yang harus kita lakukan agar mesin diesel tidak mengalami masalah boros bahan bakar serta performa mesin yang menurun ialah harus senantiasa melakukan perawatan yang baik serta melakukan service mesin secara berkala sehingga kemungkinan mesin diesel mengalami masalah ini semakin kecil dan dapat memperingan pengeluaran keuangan untuk perbaikan yang sangat serius.

Ada beberapa langkah yang harus di lakukan agar mesin diesel kita tidak mengalami masalah boros bahan bakar serta performa mesin yang kian menurun, diantaranya yaitu :

Cara Mengatasi Mesin Diesel Boros Bahan Bakar

Cara Mengatasi Mesin Diesel Boros Bahan Bakar

  1. Periksa volume oli mesin diesel setiap kali mesin akan di hidupkan agar sistem pelumasan yang terdapat pada mesin diesel tidak mengalami masalah di karenakan volume oli yang kurang atau terlalu berlebihan dari ukuran standar yang telah di rekomendasikan.
  2. Periksa air radiator pada mesin diesel ketika akan di hidupkan, karena apabila air radiator ini kosong ataupun berkurang dari ukuran standarnya maka akan mengakibatkan sistem pendingin tidak bekerja efektif serta bisa mengakibatkan mesin diesel cepat panas dan dapat merusak komponen mesin diesel yang lainnya.
  3. Cek jaringan suplai bahan bakar agar tidak terjadi istilah masuk angin pada mesin diesel yang di akibatkan bahan bakar tersendat.
  4. Periksa kondisi ruangan tempat penyimpanan mesin diesel , sebaiknya ruang penyimpanan mesin diesel harus di lengkapi dengan ventilasi udara yang bagus agar sirkulasi udara baik dan agar tempat penyimpanan tidak mengalami kelembaban.
  5. Bersihkan filter udara setiap 50 jam kerja.
  6. Pastikan bahan bakar tidak tercampur dengan cairan yang lainnya pada saat pengisisan bahan bakar ke tangki penyimpanan bahan bakar solar.

Mesin diesel memiliki kinerja yang lebih awet di bandingkan dengan mesin engine dan juga memiliki tenaga yang lebih besar, oleh sebab itu pemakaian mesin diesel banyak di gunakan untuk pekerjaan yang memerlukan tenaga power full, semisal untuk menarik mesin molen pada proyek bangunan, serta untuk mesin pemecah batu ataupun gergaji benso kayu.

Dengan semakin maju dan canggih saat ini mesin diesel di lengkapi beberapa teknologi yang bisa membuat mesin diesel terdengar lebih halus dan tidak mengeluarkan asap hitam yang terlalu tebal sehingga kejernihan suaranya tidak jauh berbeda dengan mesin berbahan bakar bensin dan juga untuk performanya semakin efisien. namun apabila kita mengalami masalah pada mesin diesel yang terasa boros bahan bakarnya, sebaiknya kita tidak perlu panik karena saya akan memberikan sedikit pengalaman dan pelajaran yang mungkin bisa bermanfaat untuk di jadikan bahan rekomendasi di dalam penanganan masalah ini.

Ada berbagai masalah yang menyebabkan mesin diesel mengalami boros bahan bakar, di antaranya ialah :

  • Masalah pada injektor, karena tekanan kompresi yang tinggi serta kemungkinan bahan bakar tercampur oleh kotoran maka sistem injektor ini bermasalah, dan apabila terjadi masalah pada injektor ini maka penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar menjadi terganggu. biasanya ujung nozle tersumbat atau macet karena panasnya kompresi dan bila hal ini terjadi maka bahan bakar akan keluar dengan volume lebih banyak ke ruang bakar serta proses pengabutan tidak terjadi bahkan kadang solar sama sekali tidak bisa di semprotkan ke ruang bakar, selain nozle maka ada yang bisa menyebabkan solar menjadi boros yaitu plunger pada bospom mesin diesel telah aus dan bila hal ini terjadi maka sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru.
  • Sistem pendingin mesin mengalami masalah, mungkin karena kurangnya air radiator ataupun lubang -lubang sirkulasi air tersumbat maka sistem pendingin mesin diesel tidak bekerja maksimal sehingga mengakibatkan suhu mesin lebih cepat panas.
  • Klep atau katup mesin diesel bocor sehingga kompresi mesin diesel menurun dan menyebabkan tenaga juga ikut menurun dan pada saat mesin diesel di gunakan maka penyemprotan bahan bakar akan semakin bertambah untuk memberikan daya pada mesin diesel tersebut.
  • Filter udara yang tersumbat kotoran
  • lubang knalpot yang terlalu kecil atau juga tersumbat kotoran
  • Penyetelan katup klep yang tak sesuai standar
  • Adanya kebocoran pada pipa saluran bahan bakar sehingga solar akan berceceran
  • mesin diesel di gunakan melebihi dari kekuatan kapasitas yang di rekomendasikan
  • Cara pemakaian yang kurang benar, semisal selalu memakai tenaga dengan Rpm yang tidak stabil terkadang tinggi kemudian secara tiba-tiba langsung menggunakan rpm yang rendah begitu seterusnya.

Agar mesin diesel kembali pada performa terbaiknya maka lakukan perbaikan serta perawatan secara benar dan berkala, sebaiknya klep mesin diesel di lakukan penyekiran agar kompresi yang di hasilkan kembali besar serta jangan lupa untuk memperhatiakan ketika mengisi bahan bakar agar tidak tercampur dengan cairan yang tidak sesuai untuk pembakaran pada mesin diesel.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita, semoga artikel yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat serta mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan terima kasih untuk atensinya, sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara mengatasi mesin diesel boros bahan bakar.

Advertisement