Cara Memperbaiki Mesin Pasah/Serut Suara Kasar dan Bergetar

Cara Memperbaiki Mesin Pasah/Serut Suara Kasar dan Bergetar – Mesin pasah atau serut merupakan alat yang di gunakan oleh para pekerja di bidang pertukangan baik itu di industri furniture maupun pembuatan kerajinan tangan di rumah-rumah warga. mesin pasah juga ada yang menyebut dengan istilah mesin planer, fungsinya yaitu untuk menghaluskan bagian luar kayu dari kulit kayu yang kasar agar terlihat lebih rapi dan halus.

Mesin pasah ini memiliki beberapa jenis type yang biasa di pakai oleh para tukang kayu, ada yang berbentuk portable biasanya jenis mesin pasah ini di pakai oleh industri menengah, namun yang lebih umum di pakai oleh masyarakat yaitu mesin pasah yang tradisional atau mesin pasah manual yang di jalankan menggunakan kedua tangan untuk mendorong arah mata pisau pada mesin pasah tersebut, dan yang lebih banyak di pakai oleh konsumen untuk saat ini ialah mesin pasah listrik yang standar karena lebih simple ukuran bentuknya, kemudian lebih cepat penyelesaianya karena menggunakan listrik dan juga hasilnya pun rapi dan halus.

Ketika akan menggunakan mesin pasah, perlu di perhatikan beberapa hal di bawah ini agar ketika melakukan aktifitas kita tidak mengalami masalah yang akan menggangu dan menghambat pekerjaan kita. seringkali kita temui masalah pada mesin pasah yang kita punya diantaranya mesin bergetar terlalu kencang membuat tangan cepat capai dan menyulitkan proses pengerjaannya, berikut ini beberapa kemungkinan yang terjadi pada mesin pasah yang bersuara kasar dan bergetar :

Cara Memperbaiki Mesin Pasah/Serut Suara Kasar dan Bergetar

Cara Memperbaiki Mesin Serut

Cara Memperbaiki Mesin Serut

  1. Periksa baud pisau pasah dan ukur kembali jarak lebar pisau, karena apabila baud pisau mesin pasah tersebut kendor maka akan menimbulkan getaran yang besar pada mesin pasah tersebut.
  2. Periksa ukuran baud pisau mesin pasah tersebut, usahakan semua baud memiliki ukuran dan panjang yang sama karena bila berbeda salah satunya akan mempengaruhi laju keseimbangan pisau pasah sehingga menimbulkan getaran pada mesin pasah.
  3. Cek kondisi bearing atau laher, apabila laher tersebut sudah rusak maka akan menimbulkan suara yang bising dan juga akan menimbulkan getaran pada mesin pasah di karenakan putaran yang di hasilkan dari laher tersebut sudah tidak setabil. kemudian lakukan penggantian pada laher yang sudah rusak tersebut dengan yang baru.
  4. Bersihkan mesin pasah dari kotoran sisa kayu yang masuk ke dalam, dengan cara melepas baud pada tutup mesin pasah kemudian keluarkan armature dan tempat pisau secara bersamaan lalu bersihkan dengan menggunakan kuas sisa kotoran yang ada di tiap celah mesin pasah, karena kotoran ini akan mengakibatkan proses pendinginan dari kipas armature akan terganggu sehingga mesin pasah mudah panas dan tak bertenaga
  5. Periksa kondisi carbon brush, apabila telah pendek dan berkurang dari batas maksimal maka untuk segera di ganti sesuai dengan ukuran standarnya, apabila sampai telat dalam penggantiannya akan merusak konektor pada armature mesin pasah tersebut sehingga menimbulkan pembakaran yang tidak sempurna serta menimbulkan suara yang sangat bising juga.
  6. Periksa kondisi kayu yang akan di serut, pastikan tidak ada benda keras yang menempel pada kayu tersebut karena akan merusak mata pisau mesin pasah tersebut bila mengenai benda keras pada papan kayu.

Ketika kita akan mengganti bearing atau laher pada mesin pasah maka kita harus membuka satu persatu bearing tersebut dari tempatnya.caranya lepas terlebih dahulu baud pada penutup depan mesin pasah tersebut kemudian setelah lepas semua maka keluarkan tutup depan mesin pasah beserta armature dan tempat pisaunya, kemudian apabila telah terbuka maka lepas pully pada masing-masing ash gembolo pisau dan ash armature pasah.

Cara Memperbaiki Mesin PasahSerut Suara Kasar dan Bergetar

Cara Memperbaiki Mesin PasahSerut Suara Kasar dan Bergetar

Kedua pully tersebut menggunakan sistem ulir drat, dan cara melepasnya berbeda-beda antara pully ash armature dan pully ash gembolo pisau.untuk melepas pully gembolo pisau harus berhati-hati apabila pisau pasah masih menempel, sebaiknya pisau tersebut di lepas terlebih dahulu, untuk ulir drat gembolo pisau cara melepasnya seperti melepas baud biasa yaitu arah putarnya ke kiri, gunakan tang jepit/ tang gegep lalu lindungi pully menggunakan kain agar tidak merusak bagian luar pully kemudian putar yang kuat ke arah kiri maka pully gembolo pisau pasah tersebut akan keluar lalu putar pelan menggunakan tangan.

Untuk melepas pully pada ash armature pasah sedikit berbeda karena arah putar ulir drat ash armature ke kanan, sehingga ketika kita akan melepas pully pada armature pasah yaitu putar tang jepit ke arah kanan untuk melepasnya dan jangan lupa lindungi pully armature dengan kain sebelum melepasnya. setelah semua pully terlepas maka lepas keluar penutup armature dan gembolo pasah, kemudian lepas bearing atau laher menggunakan alat trekker khusus.

Cara Memperbaiki Mesin Pasah

Cara Memperbaiki Mesin Pasah

Ketika kita akan mengganti bearing atau laher pada mesin pasah maka perlu di perhatikan tentang ukuran seri nomor dari mesin pasah tersebut, untuk tiap jenis pasah akan mempunyai ukuran bearing yang berbeda, namun pada kesempatan kali ini saya ingin mengambil contoh ukuran bearing yang umum sering di gunakan pada mesin pasah makita, modern, fujiyama, maktec dan masih banyak merk lain yang satu type, untuk ukuran bearing pada mesin pasah yang tadi saya sebutkan yaitu : untuk bearing pada gembolo pisau pasah pada bagian ash atas yaitu ukuran lahernya 6000,,sedangkan untuk ash bawah ukuran lahernya 608,,

Sedangkan untuk ukuran bearing pada armature mesin pasah, untuk bagian ash bawah yaitu 627 dan untuk bearing ash atas armature yaitu 6000,, apabila kita telah mengetahui ukuran dari bearing tersebut maka dalam proses penggantiannya nanti akan lebih mempermudah kita dalam menentukan bearing/laher yang di beli oleh kita. untuk proses pemasangannya usahakan jangan memukul bearing terlalu keras pada bagian luar bearing karena akan merusak kondisi bearing baru tersebut. untuk pemasangan kembali armature dan gembolonya ikuti seperti petunjuk waktu melepasnya namun dalam hal ini kebalikannya dalam proses pemasangan kembali.

terima kasih telah membaca artikel ini semoga bisa memberi manfaat pada kita semua dan tidak lupa saya mohon maaf apabila ada kekurangan dalam hal penulisan dan penyebutan kata-kata, sampai ketemu lagi pada artikel yang selanjutnya selain dari Mengatasi mesin pasah/serut suara kasar dan bergetar.