7 Cara Memperbaiki Kompresor Tidak Keluar Angin

Cara Memperbaiki Kompresor Tidak Keluar Angin – Kompresor ialah suatu alat untuk menghisap dan menyimpan angin dengan cara energi bolak balik. mesin kompresor saat ini banyak yang menggunakanya diantaranya sebagai alat bantu untuk menambal ban, menjalankan mesin hidrolik, bengkel otomotif, industri serta masih banyak yang lainnya. kompresor mempunyai beberapa type serta jenisnya, mulai dari yang jenis portable sampai jenis yang ukuran besar serta mempunyai ukuran horse power/ HP yang kecil sekitar 3/4 HP sampai 10 HP bahkan ada yang lebih besar lagi.

Untuk jenis kompresor yang ukurannya kecil biasanya menggunakan mesin penggerak berupa motor dinamo, biasanya menggunakan sistem otomatis yaitu bila angin dalam tabung sudah penuh maka mesin kompresor akan berhenti dengan sendirinya lalu kemudian apabila kompresor di gunakan dan angin dalam tabung berkurang maka mesin kompresor tersebut akan nyala dengan sendirinya. biasanya kompresor jenis ini banyak di gunakan oleh bengkel cat serta furniture. Baca (Cara Memperbaiki Mesin Pasah)

Kompresor angin dengan ukuran sedang dan besar biasanya menggunakan mesin diesel sebagai mesin penggeraknya, karena mesin diesel mempunyai kekuatan yang besar serta lebih mudah perawatanya, untuk jenis kompresor ini banyak di gunakan di industri besar serta menengah baik itu bergerak di bidang jasa maupun barang.pada umumnya kompresor type besar mempunyai beberapa piston agar proses pengisian angin ke tabung lebih cepat dan kuat.

Agar mesin kompresor kita awet dan mempunyai umur yang panjang, maka kita harus selalu menjaga dan merawat kondisi kompresor tersebut dari kerusakan yang fatal, berikut ini beberapa langkah perawatan mesin kompresor agar menjadi awet dan memiliki performa yang handal yaitu :

Cara Merawat Mesin Kompresor Agar Awet

Cara Merawat Mesin Kompresor Agar Awet

Cara Merawat Mesin Kompresor Agar Awet

  • cek oli pelumas pada kompresor, pengisian oli harus sesuai ukuran yang telah di tentukan dengan melihat tanda batas maksimal pengisian oli.
  • simpan kompresor pada ruangan yang berventilasi udara yang bagus
  • jangan di simpan di ruangan yang lembab
  • buang air yang di dalam tabung melalui drain plug sedikitnya dua minggu sekali.
  • bersihkan filter udara setiap 50 jam kerja.
  • apabila terdapat gejala kerusakan ringan segera lakukan perbaikan agar tidak bertambah parah.

Untuk perawatan mesin kompresor harus di lakukan secara berkala dan juga cara menggoperasikannya harus baik dan benar memakai prosedur yang di anjurkan, jangan hanya asal pakai tanpa mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan bersama. jangan melakukan pengisian angin melebihi kekuatan kapasitas dari volume tabung kompresor tersebut karena akan sangat berbahaya apabila hal tersebut selalu di lakukan karena bisa menyebabkan tabung kompresor meledak karena tak kuat menampung kapasitas angin yang berlebih.

Apabila kompresor yang kita miliki mengalami masalah pada pengisian angin yang tidak maksimal atau tidak mau menyimpan angin maka hal itu akan sangat mengganggu aktifitas kerja kita tentunya, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan cara memperbaiki kompresor tidak keluar angin dan tips untuk mengatasi apabila kompresor yang kita miliki tidak berfungsi secara normal yaitu tidak bisa menghisap angin dan menyimpannya.(Baca :Memperbaiki mesin Genset arus listrik)

Berikut ini langkah dan perbaikan yang harus kita lakukan apabila mesin kompresor tidak dapat mengeluarkan angin dan tidak dapat menyimpan angin,diantaranya sebagai berikut :

Cara Memperbaiki Kompresor Tidak Keluar Angin

Cara Memperbaiki Kompresor Tidak Keluar Angin

Cara Memperbaiki Kompresor Tidak Keluar Angin

  1. Periksa kondisi filter udara masih bagus atau terdapat sumbatan oleh debu yang menempel pada filter tersebut, karena akan mengakibatkan pengisian angin kurang lancar.
  2. periksa dan bersihkan kondisi klep yang ada di silinder head blower kompresor, apabila klep telah aus maka lakukan penggantian dengan yang baru, bisa juga klep di sekir agar kembali rapat.
  3. Lepas baud silinder head satu persatu kemudian periksa kondisi packing head blower kompresor tersebut, apabila telah rusak ganti packing tersebut dengan yang baru kemudian pasang kembali menggunakan lem gasket agar tidak terjadi kebocoran.
  4. Periksa klep yang ada pada tabung kompresor, seal ini yang terhubung dengan pipa Hpp yang dari blower atas masuk ke tabung bawah kompresor. biasanya seal karet atau per di dalamnya aus atau rusak sehingga bisa mempengaruhi angin yang masuk ke tabung sedikit karena bocor.
  5. Jangan lupa cek bagian otomatis kompresornya, bila dari bagian ini tidak berfungsi biasanya akan terdengar suara angin yang keluar terus-menerus sehingga proses pengisian ke tabung menjadi terhambat, cara mengatasinya yaitu membuka otomatis tersebut namun harus extra hati-hati jangan sampai bagian- bagian per di otomatisnya terlepas, bila sudah di buka maka cek kondisi karet otomatisnya, masih bagus atau sudah sobek yang mengakibatkan angin keluar dari komponen otomatis kompresor tersebut.
  6. Buang air dalam tabung kompresor melalui drain plug di bawah tabung, karena bila volume air terlalu banyak di dalam tabung maka akan mempengaruhi tekanan udara yang masuk ke tabung kompresor. selain itu juga bisa mempengaruhi hasil kerja kompresor karena udara pada tabung kompresor telah terkontaminasi air, sehingga untuk proses pengecetan barang tidak bagus.
  7. Untuk kompresor yang mengunakan mesin diesel sebagai penggeraknya, maka perlu di periksa juga kondisi panbell yang menghubungkan mesin penggerak dengan blower kompresor, bila kondisi panbell terlalu kendor maka akan mengakibatkan putaran kompresor lambat dan slep sehingga pengisian angin menjadi lambat dan lama.

Setelah mengetahui cara memperbaiki kompresor tidak keluar angin sekarang tinggal kalian tahu bagian- bagian kompresor yang harus lebih extra dalam hal perawatan yaitu :

Bagian Bagian Kompresor

Bagian Bagian Kompresor

  • Oli mesin, jangan sampai oli dalam blower kompresor kehabisan dan tidak di isi karena ini akan menimbulkan kompresor akan macet kerk ash nya, kemudian ring piston akan macet pula.
  • filter udara, periksa dan bershkan selalu filter udara dari kotoran yang nantinya akan menghambat daya hisap mesin serta bisa menimbulkan suara bising bila terlalu kotor.
  • Perhatikan tekanan angin pada ampere meter, jangan menyetel tekanan angin melebihi batas maksimal volume tabung itu sendiri,karena bisa menimbulkan ledakan pada tabung kompresor.
  • Bearing kompresor juga harus selalu di perhatikan, apabila ada suara yang sudah tidak biasanya maka sebaiknya segera untuk di servis dan lakukan penggantian.

Sampai di sini dulu artikel ini, semoga bermanfaat informasi cara memperbaiki kompresor tidak keluar angin untuk kita semua serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan dalam penulisan.