2 Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

Cara memasang saklar gantung –¬†saklar listrik merupakan suatu komponen atau bisa disebut juga dengan perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik, saklar menjadi salah satu komponen atau alat listrik yang paling sering digunakan pada kehidupan sehari-hari bisa dibilang hampir semua peralatan elektronik dan listrik yang ada memerlukan saklar untuk dapat menghidupkan ataupun mematikan alat listrik yang digunakan. sehingga adanya saklar sudah tidak asing pada jaman yang sudah modern seperti saat ini.

Pada dasarnya,cara kerja saklar listrik merupakan saklar sederhana yang terdiri dari 2 bilah konduktor yang akan terhubung langsung ke rangkaian eksternal, pada saat kedua bilah konduktor dipisahkan maka yang terjadi adalah hubungan arus listrik secara otomatis akan ikut terputus, untuk saklar yang sering kita gunakan atau kita temui adalah saklar yang diopersakian langsung oleh tangan anda dengan menggunakan satu atau lebih pasang kontak listrik.setiap pasang kontak pada umumnya terdiri dari dua keadaan atau biasa disebut juga dengan “state”.

Kedua keadaan yang kita sebut dengan state ada diantaranya keadaan close/tutup kemudian keadaan kedua adalah open/buka. untuk close sendiri artinya adalah terjadi sambungan pada aliran listrik sedangkan open yaitu terjadinya pemutusan pada aliran listrik. didasari dengan kedua keadaan tersebut maka saklar pada umumnya menggunakan istilah Normally Open guna saklar yang berada pada posisi terbuka atau kondisi awal.kemudian ketika ditekan, maka saklar yang Normally Open akan berubah menjadi close atau keadaan tertutup.

Selain itu saklar juga sering difungsikan untuk pengendali untuk pengaktifkan fitur tertentu pada sauatu rangkaian listrik, contohnya adalah sebagai pengatur tegangan yang ada pada pencatu daya, ataupun sebagai pengatur volume pada ponsel atau sebagai pengatue, ada banyak manfaaat saklar dan beragam jenisnya, yang dapat langsung disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing, dengan pemilihan saklar yang tepat maka kebutuhan anda dapat terpenuhi secara maksimal sehingga fungsi dari saklar pilihan anda dapat digunakan dengan tepat.

Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

Semakin berkembangnya jaman dan teknologi yang saat ini dapat kita rasakan, saklar yang pada umumnya sering kita gunakan sudah memiliki desain dan bentuk yang berbeda-beda, ada banyak jenis saklar yang dapat anda pilih, saklar juga memiliki penggolongan terhadap saklar mekanik, salah satu penggolongannya adalah dengan melihat bentuk dan gerakan yang dapat digunakan oleh para penggunanya pada saat menutup dan membuka kontak. namun pada artikel kali ini, kita akan lebih membahas mengenai cara memasang saklar gantung untuk pemula yang aman dan mudah. berikut cara dan penjelasannya secara lengkap.

2 Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

2 Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

2 Cara Memasang Saklar Gantung Aman Untuk Pemula

Untuk anda pemula yang akan memasang saklar gantung untuk sebuah lampu maka anda perlu menyiapkan beberapa peralatna sederhana yang dibutuhkan seperti : isolasi, kap lampu, kabel listrik (gunakan kabel serabut yang berwarna hitam merah), saklar gantung, tang pemotong besi.

Cara memasang saklar gantung untuk pemula

Cara memasang saklar gantung untuk pemula

Cara memasang saklar gantung untuk pemula

  • Sebelumnya anda harus memastikan dan mengetahui antara kabel positif yang ada dirumah anda dengan cara mengetes menggunakan alat Tespen
  • Agar anda terhindar dari terkena strum, maka sebaiknya aliran listrik yang ada dirumah anda dimatikan, caranya dengan meng-offkan MCB dirumah anda
  • Kemudian sambungkan kabel listrik dan kabel utama yang ada pada rumah anda ke kap/mangkuk lampu
  • Lalu potonglah kabel yang berwarna hitam (hitam adalah positif) kemudian hasil potongan tersebut disambungkan pada saklar gantung. Kabel yang menyambung pada saklar dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan anda, perlu anda ketahui janganlupa untuk menutup setiap sambungan tersebut dengan isolasi.

Cara diatas dapat langsung anda praktekan dirumah, karena cara diatas tergolong cara yang aman dan mudah untuk para pemula, namun selain itu anda juga harus tetap hati-hati dan jangan sampai ceroboh karena aliran listrik sangat berbahaya untuk diri kita jadi jangan sampai salah langkah saat pemasangan saklar gantung karena pemasangan yang salah dapat mengakibatkan konsleting listrik dirumah anda. semoga informasi ini dapat membantu anda yang sedang mencari artikel tentang cara memasang saklar gantung untuk pemula. Terimakasih