3 Cara Memasang Pompa Air Otomatis Aman & Benar

Cara Memasang Pompa Air – Tidak bisa kita pungkiri dimana hadirnya teknologi berupa mesin pompa air ini memang sangat memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan air di rumah, pasalnya zaman dulu sebelum adanya teknologi ini masyarakat harus melakukannya secara manual apalagi bagi mereka yang berada di daerah kering atau tandus, tidak jarang mereka harus berjalan kaki cukup jauh untuk mengambil air di sungai, danau, atau yang lainnya.

Nah, berbicara mengenai alat tersebut, di Indonesia sendiri kita bisa dengan mudah mendapatkan mesin pompa air dari berbagai merk terkenal, seperti Shimizu, Hitachi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Disamping itu, spesifikasi dan juga kualitas yang dimiliki pompa air dari merk-merk tersebut kami rasa tidak perlu diragukan lagi, ditambah lagi harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat, yakni mulai dari 1,5 juta hingga 5 juta rupiah.

Kemudian pompa air juga terbagi menjadi dua jenis cara penggunaan, yakni otomatis dan ada juga yang masih menggunakan metode manual. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan khusus berbicara mengenai mesin pompa air Otomatis, terutama mengenai bagaimana Cara Memasang Pompa Air Otomatis yang mungkin beberapa dari kalian ada yang belum bisa. Oleh karena itu, simak ulasan kami kali ini dengan seksama.

Sebelum memasuki pembahasan, perlu kalian ketahui jika pompa air Otomatis ini memiliki dua jenis saklar yang bisa disesuaikan tergantung penggunaannya, antara lain saklar di badan mesin, setelan ini bisa kalian gunakan untuk pompa air jenis Jet Pump. Selain itu, ada juga saklar yang terpasang pada bagian tandon air, dimana setelan tersebut cocok digunakan jika sumber air untuk rumah kalian berada di sumur yang dangkal.

Cara Memasang Pompa Air Otomatis

Cara Memasang Pompa Air Otomatis Dengan Aman dan Benar

Dengan demikian berarti terdapat dua metode saklar yang bisa digunakan, namun untuk pemasangan kedua jenis saklar tersebut pada pompa air Otomatis tidak ada yang berbeda, mungkin pada lain kesempatan kami akan jelaskan lebih lengkap terkait cara memasang saklar pompa air. Oke, berikut kami sajikan informasi mengenai Cara Memasang Pompa Air Otomatis dengan Aman dan Benar.

Cara Memasang Pompa Air

Sebelum kami sajikan langkah-langkah pemasangan pompa air Otomatis, perlu kalian ketahui jika kedua jenis saklar pada pompa air sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memutus kabel positif dari aliran listrik di jalur utama menuju ke pompa air. Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan ketika memasang pompa air Otomatis, antara lain :

Cara Memasang Pompa Air

  1. Pertama, lakukan penyambungan antara kabel listrik positif dengan salah satu terminal saklar Otomatis.
  2. Kemudian terminal saklar Otomatis yang lainnya kalian sambungkan dengan salah satu kabel pompa air.
  3. Lalu untuk sambungkan kabel listrik negatif, kalian sambungkan dengan kabel pompa air di sisi lainnya.
  4. Jangan lupa bungkus sambungan menggunakan isolasi atau lakban untuk menghindari terjadinya konsleting listrik yang diakibatkan hubungan antara arus listrik positif dan negatif.
  5. Setelah itu, pasangkan kabel ground pada salah satu sekrup pompa air ke arah tanah.
  6. Jangan lupa untuk membuka salah satu kran setelah melakukan pemasangan saklar Otomatis pada pompa air.
  7. Setalah itu, cek kembali dan apabila air tidak menyala, lakukan penyetelan dengan cara memutar sekrup penyetel.
  8. Jika mesin pompa air telah bekerja dengan baik, tutup kembali kran yang sudah dibuka.
  9. Pompa air Otomatis siap digunakan.

Kemudian perlu kalian ketahui, mesin pompa air Otomatis memiliki cara kerja yang cukup praktis, dimana komponen yang terdapat di dalam mesin akan bekerja dengan tekanan air di ruangan impeller melalui daya hisap dari pompa air yang akan membuka platina secara otomatis dan memutus aliran listrik. Sebaliknya, untuk menghidupkannya kembali kalian tinggal membuka kran air yang kemudian platina akan tertutup sehingga arus listrik akan masuk dan pompa air Otomatis akan menyala.

Pompa Air Otomatis Shimizu

 

Disamping itu, tidak menutup kemungkinan beberapa masalah akan kalian alami dalam penggunaan mesin pompa air Otomatis, seperti mesin tidak bisa mati atau tiba-tiba mesin hidup namun tak lama kemudian mati kembali. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut mungkin akan kami jelaskan pada lain kesempatan. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan terkait Cara Memasang Pompa Air Otomatis dengan benar, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.