Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak

Cara Kerja Mesin Diesel – Beberapa kendaraan berbobot berat membutuhkan tenaga penggerak berupa mesin yang memiliki torsi cukup besar. Tidak hanya itu, penggunaan bahan bakarnya harus irit karena sebagian transportasi tersebut digunakan untuk kepentingan usaha. Jadi dana yang dikeluarkan harus diminimalisir. Pilihan tepat ada di mesin diesel. Dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin, jelas produk ini lebih hemat. Karena itulah banyak mobil besar seperti truk dan bus yang menggunakan mesin ini. Dilihat dari cara kerja mesin diesel ada yang melalui 2 dan 4 tahapan. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Mesin berbahan bakar solar ini tidak menggunakan busi untuk memantik apinya. Melainkan memanfaatkan tekanan dan temperatur yang sangat tinggi. Proses kompresi yang terjadi nantinya bertujuan untuk meningkatkan pressure sehingga dihasilkan suhu yang lebih tinggi dari titik bakar solar. Cara kerja mesin diesel nantinya yang membedakan beberapa jenis produk yang kerap dipakai sebagai tenaga penggerak mobil, kapal, hingga baling-baling. Secara umum, ada dua jenis mesin diesel yang dikenal saat ini, yaitu:

Jenis dan Cara Kerja Mesin Diesel

Jenis dan Cara Kerja Mesin Diesel

Jenis dan Cara Kerja Mesin Diesel

1. Mesin Diesel 2 Tak

Jenis mesin ini hanya membutuhkan dua tahapan pada siklus kerjanya. Setiap langkah memerlukan setengah putaran engkol jadi total untuk menghasilkan tenaga gerak hanya melakukan satu putaran engkol saja. Cara kerja mesin diesel dengan mengubah energi kimia menjadi energi gerak. Tenaga yang dihasilkan berasal dari pembakaran solar dan oksigen yang berada dalam silinder. Kelebihan dari produk ini ada pada hasil torsi yang lebih besar. Sayangnya termasuk boros dalam urusan bahan bakar. Mesin diesel 2 Tak banyak dipakai sebagai tenaga untuk memutar baling-baling kapal.

2. Mesin Diesel 4 Tak

Cara kerja mesin diesel ini sama dengan versi dua Tak, hanya saja siklus kerjanya melalui 4 tahapan. Jadi untuk menghasilkan tenaga penggerak diperlukan dua kali engkolan. Meski torsi yang dihasilkan tidak sebesar mesin 2 Tak, namun untuk masalah keiritan bahan bakar, mesin ini jagonya. Tenaga yang dihasilkan berasal dari pembakaran solar yang kemudian mengeluarkan tekanan untuk mendorong piston. Karena lebih hemat dalam penggunaan solar, maka mesin tipe ini paling banyak dipakai untuk keperluan transportasi seperti mesin pada bus, truk, dan kendaraan besar lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak ?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan mesin diesel Tak melulu hanya pada transportasi darat saja, banyak nelayan yang memanfaatkan produk ini karena sangat mudah dioperasikan. Sebagian besar produsennya justru berasal dari negara asing termasuk china. Bahan bakar yang dipergunakan adalah jenis solar yang cukup murah dibandingkan bensin. Beberapa bahkan ada yang dipergunakan untuk keperluan industri dengan melakukan beberapa modifikasi agar tenaga yang dihasilkan semakin besar.

Berbicara mengenai torsi yang besar, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas mengenai mesin diesel 2 Tak. Sesuai dengan namanya, mesin ini hanya mengalami dua tahapan pada siklusnya. Mulai dari penarikan udara luar agar masuk ke silinder, kompresi, hingga akhirnya terjadi pembakaran yang menghasilkan tenaga dorong. Untuk memahami lebih lanjut mengenai cara kerja mesin diesel 2 tak, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Proses hisap dan kompresi

Pada tahapan ini, udara luar akan dimasukkan kedalam silinder untuk selanjutnya akan mengalami kompresi agar suhu udara menjadi meningkat. Jika pada mesin 4 Tak, langkah ini terpisah, untuk kasus 2 Tak, keduanya bersatu. Tujuan pengompresan ini untuk menghasilkan temperatur yang jauh lebih tinggi dari titik bakar solar. Karena mesin ini tidak menggunakan pemantik seperti busi, maka jalannya pembakaran harus berlangsung dengan sendirinya.

2. Proses hasil dan buang

Karena suhu udara kompresi yang dihasilkan lebih tinggi dari titik nyala solar, maka bahan bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya. Proses tersebut membuat piston terdorong sehingga mesin bisa berputar dan menghasilkan energi. Selanjutnya zat sisa pembakaran tersebut akan dibuang melalui katup buang dengan dorongan blower yang ada didalam mesin.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak ?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Pemilihan jenis mesin diesel sejatinya sangat bergantung pada kebutuhan. Untuk apa torsi besar jika keperluannya tidak seberapa dan hanya akan membuat budget semakin membengkak. Mesin diesel 2 Tak maupun 4 Tak sebenarnya sama-sama menguntungkan karena menggunakan bahan bakar solar yang harganya lebih ekonomis. Namun akan lebih hemat lagi jika memakai yang 4 Tak. Hanya saja torsinya lebih rendah.

Beberapa jenis kendaraan yang menggunakan produk ini rata-rata memiliki bobot yang cukup besar. Karena itulah dibutuhkan mesin yang mampu memproduksi energi gerak dalam jumlah tinggi. Jika memakai mesin berbahan bensin, maka tenaga yang dihasilkan tidak sanggup mendorong piston. Adapun cara kerja mesin diesel 4 Tak memerlukan empat tahapan dalam setiap silklusnya. Jadi untuk sekali kerja dibutuhkan 2 engkolan. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Proses hisap

Pada tahapan awal, udara yang ada di luar akan masuk kedalam silinder ketika piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah. Pergerakan tersebut akan memperbesar volume silinder yang ada dalam mesin sehingga udara akan masuk melalui intake valve. Prinsip dari mesin ini adalah menghasilkan tekanan tinggi dari udara luar yang masuk ke dalam silinder.

2. Proses kompresi

Setelah proses hisap, selanjutnya udara yang masuk didalam silinder akan dimampatkan untuk mendapatkan suhu udara yang tinggi. Pergerakan piston dari atas ke bawah semakin lama akan membuat kondisi silinder menyempit sehingga udara akan termampatkan. Setelah proses kompresi selanjutnya akan terjadi pembakaran solar.

3. Proses hasil

Karena mesin ini tidak menggunakan busi sebagai pemantik, maka proses pembakaran harus berjalan dengan sendirinya. Dalam hal ini caranya adalah memaksimalkan kompresi udara supaya suhunya naik dan melebihi titik bakar dari solar. Dari pembakaran ini akan dihasilkan gaya ekspansi yang mampu mendorong piston. Pada proses hasil posisi piston berada di titik mati bawah karena terdorong terus oleh gaya tersebut. Cara kerja mesin diesel dongfeng juga kurang lebih sama karena menggunakan tipe 4 Tak juga.

4. Proses buang

Piston yang tadinya dibawah akan bergerak ke atas sehingga exhaust valve akan terbuka. Pergerakan tersebut akan mendorong sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Siklus ini terus berulang beberapa kali dan akan berhenti jika solar habis. Dan jika sampai kejadian mati mesin karena bahan bakar dalam tangki kosong, maka dampaknya akan sangat berbahaya dan untuk perbaikannya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Selain dua jenis yang disebutkan diatas, ada juga merk lain buatan cina yang sering digunakan oleh nelayan. Cara kerja mesin diesel baik yang dua tak maupun empat Tak lebih berpengaruh pada torsi yang dihasilkan dan siklus yang dilalui. Namun untuk pemilihan mesin yang awet dan hemat bahan bakar, maka jenis 4 Tak lebih sesuai. Untuk pembeliannya sebaiknya perhatikan spesifikasi dan harga yang ditawarkan supaya sesuai dengan kebutuhan.