Spesifikasi Mesin Honda LPG Engine Terbaru

Advertisement

Mesin Honda LPG Engine – Dalam rangka memberikan pelayanan dan kepuasaan pada konsumen maka baru-baru ini produsen mesin engine ternama yaitu Honda pabrikan meluncurkan mesin terbaru yang menggunakan bahan bakar gas. mesin engine ini memiliki dua type yaitu GX 390 dan GX 200 yang masing-masing mempunyai keunggulan. pada mesin dengan menggunakan teknologi konversi bahan bakar dari minyak ke gas, terjadi penurunan tenaga dan torsi kurang lebih 10% dari angka maksimal torsi dan tenaga mesin tersebut.

Pada mesin LPG engine GX 200 T2, timing pengapian di buat lebih maju menjadi 25 derajat BTDC dari spesifikasi sebelumnya 20 derajat BTDC untuk mendapatkan waktu pengapian yang tepat sehingga dapat menghasilkan tenaga yang optimal. pada mesin GX 200 T2 ini menggunakan type busi yang berbeda dari type mesin sebelumnya. mesin ini merupakan yang di rancang khusus menggunakan bahan bakar gas sehingga karburator tidak perlu di modif lagi

Spesifikasi Mesin LPG Engine

Spesifikasi Mesin Honda LPG Engine Terbaru

Model

GX 200T2

GX 390T2

Description Code GDAET GDAFT
Tipe 4 langkah, overhear valve, single cylinder 4 langkah, overhead valvel, single cylinder
Displacement total 196 cm3 389 cm3
Bore dan stroke 68,0 x 54.0 mm ( 2.68 x 21.2 in ) 88.0 x 64.0 mm ( 3.5 x 2.5 in )
Tenaga maksimum 4.1 kw ( 5.5 Hp ) 3.600 rpm 7.9 kw ( 10.6 Hp )/ 3.600 rpm
Torsi maksimum 12.4 Nm ( 1.26 kgf.m )/2500 rpm 24.0 Nm ( 2.45 kgf.m )/2500 rpm
Rasio kompresi 8.5 : 1 8.2 : 1
Konsumsi bahan bakar LPG LPG
Sistem pendingin forced air forced air
Sistem pengapian Transistorized magneto CDI
Timing pengapian B.T.D.C. 25 derajat/ 1400 rpm B.T.D.C. 10 derajat/ 1.400 rpm
tipe busi BPR 6 ES-5 ( NGK ) BP 6 ES ( NGK )
Sistem pelumasan forced spray forced spray
Kapasitas oli mesin 0,60 liter 1,1 liter
Oli mesin rekomendasi Honda power oil SAE 10 w-30 Honda power oil SAE 10 w-30
Sistem penghidupan mesin Recoil starter Recoil starter
Tipe saringan udara Dual silent type Dual silent type
Type karburator katup kupu-kupu katup kupu-kupu
Batas temperatur kerja 5 derajat C- 40 derajat C 5 derajat C- 40 derajat C

Mesin LPG engine ini mempunyai beberapa keunggulan diantaranya :

Honda LPG Engine Terbaru

  1. mempunyai ukuran dimensi yang sama dengan type bahan bakar bensin
  2. hanya membutuhkan selang conector ke tabung gas untuk instalasi
  3. mempunyai kualitas product serta garansi product dari honda
  4. tidak di butuhkan modifikasi khusus dalam penggunaan
  5. Ramah lingkungan dengan tingkat emisi yang lebih rendah di banding type berbahan bakar bensin
  6. mempunyai efisiensi bahan bakar sehingga hemat bahan bakar hingga 20%
  7. Sistem startingnya menggunakan teknologi Zero governor starting engine jadi lebih mudah.

Untuk mesin LPG engine Honda ini secara struktur tidak ada perbedaan komponen antara mesin yang menggunakan bahan bakar bensin dengan mesin yang menggunakan bahan bakar LPG. pada mesin berbahan bakar LPG tangki bahan bakar di hilangkan dan di pasangkan sebuah komponen untuk mengatur tekanan bahan bakar gas yang masuk ke mesin atau di sebut Zero governor,dan untuk komponen karburator di modifikasi sedemikian rupa agar dapat berfungsi dengan maksimal dalam mencampur LPG dan udara.

Komponen utama dari mesin LPG engine ini adalah sebagai berikut :

Mesin Honda LPG Engine

  1. Zero Governor, alat ini ialah komponen yang berfungsi untuk mengatur suplai LPG dari tabung ke mesin dengan volume dan tekanan yang sesuai. selain sebagai pengatur suplai LPG ke mesin pada saat beroperasi Zero governor juga menggantikan fungsi engine choke pada start awal sehingga membantu mempermudah starting saat kondisi mesin dingin.
  2. Karburator ( mixer ), adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara sesuai dengan kebutuhan mesin, pada mesin LPG engine fuel chamber atau mangkuk bahan bakar dan main nozzle di hilangkan.
  3. Shut off valve, merupakan komponen yang terdapat dalam zero governor dan berfungsi untuk menutup aliran bahan bakar gas saat mesin berhenti bekerja. sedangkan cara kerja dari shut off valve ini ialah memanfaatkan tekanan kevakuman yang tercipta pada crank case dan kevakuman tersebut di salurkan kedalam shut off chumber yang ada di dalam zero governor. kevakuman tersebut menyebabkan tekanan atmosphere mendorong shut off diaphragm kebawah mendorong plunger untuk membuka shut off valve.

Pada zero governor tekanan negatif yang tercipta di dalam zero governor chamber akibat kevakuman yang terjadi di venturi karburator menyebabkan tekanan atmosphere menggerakkan zero governor diaphragm ke bawah untuk mendorong zero governor lever membuka zero governor valve sehingga aliran bahan bakar gas mengalir ke mixer dari zero governor chamber.

Untuk Honda LPG engine mempunyai cara kerja sistem sebagai berikut : tekanan dari tabung gas di atur oleh regulator pada tekanan 1- 5 kpa untuk di salurkan ke zero governor. sedangkan di dalam zero governor jumlah LPG yang masuk di atur sesuai tingkat kecepatan yang di butuhkan, aliran gas dari zero governor di teruskan ke karburator untuk di campur dengan udara kemudian di salurkan keruang bakar untuk di gunakan dalam proses pembakaran.

Baca Juga : Harga Mesin Diesel Honda

Didalam zero governor ada sebuah komponen yang di namakan priming pump letaknya di atas sendiri, dan alat ini berfungsi untuk menggantikan fungsi choke pada LPG engine sehingga mempermudah proses starting awal mesin. untuk menggunakan fungsi dari priming pump cukup dengan menekan tombol priming satu kali kira-kira selama satu detik sebelum mesin di nyalakan.

Instalasi Honda LPG engine diantaranya :

  • Pilih jenis selang dan regulator gas sesuai dengan type mesin yang di gunakan
  • Standar pemilihan regulator berdasarkan SNI 7369-2012 dan kapasitas laju aliran gas 3.5 kg/h untuk GX 200T2 dan GX 390 T2.
  • Pastikan semua sambungan terpasang rapi dan terkunci dengan baik oleh klem pengunci
  • Sebelum tahap pengoperasian pastikan tidak ada kebocoran gas pada tabung gas dan saluran gas.

Perawatan mesin GX berbahan bakar LPG pada dasarnya sama dengan mesin GX pada umumnya, hanya saja ada penambahan pengecekan pada zero governor dan selang-selang saluran bahan bakar. khusus untuk zero governor apabila baru di bongkar dan akan di pasang kembali harus di pastikan semua oring dan packing tidak ada kebocoran, karena hal ini akan mempengaruhi mesin susah untuk di hidupkan.

Dalam hal perawatan mesin GX LPG engine ini  ada beberapa standar perawatan yang harus di lakukan secara berkala, agar mesin selalu dalam kondisi yang prima, salah satu perawaatan yang di lakukan ialah :

1. Pemeriksaan busi

  • Lepas dan periksa kondisi busi secara berkala sesuai jadwal perawatan rutin
  • setel celah busi sesuai ukuran Setandar spesifikasinya
  • GX 200 menggunakan type busi : BPR 6 ES-5, celah standarnya : 0.40- 0.50 mm
  • GX 390 menggunakan type busi : BP 6 ES, celah standarnya        : 0.70- 0.80 mm

2. Pemeriksaan selang bahan bakar

  • Lepas cover zero governor
  • Periksa kondisi selang saluran bahan bakar
  • Periksa dari kemungkinan bocor, berubah bentuk dan retak
  • ganti selang apabila telah rusak

3. Pemeriksaan ignition coil

  • Ukur tahanan ignition coil sesuai setandarnya dengan menggunakan alat tester digital
  • ukuran Primer  : 0.47 – 0.59 ohm, ujung tester satu tempel ke bodi coil sedang yang satunya ke masa coil
  • ukuran Sekunder : 10.2- 12.6 kilo ohm, ukur satu pada bagian kabel coil kemudian ujung tester yang satunya tempelkan ke bagian body coil.

4. Pemeriksaan valve clearance

  • pada saat melakukan pembongkaran valve dan valve spring pada mesin GX 200, untuk di perhatikan posisi retainernya jangan sampai tertukar antara In dan Ex, karena bentuk dari retainernya berbeda.
  • untuk ukuran standarnya clearance ialah :
  • IN  : 0.15 +_ 0.02 mm
  • EX  : 0.20 +_ 0.02 mm

Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan pengetahuan kita tentang mesin LPG honda ini,dan sampai ketemu lagi dengan artikel yang berikutnya selain dari Mesin Honda LPG Engine Terbaru.

Advertisement