Cara Penyetelan Sistem Governor Honda Gx-160

Advertisement

Sistem Governor Honda Gx-160 – Sistem Governor Yang  terdapat pada mesin Honda Gx-160 merupakan salah satu struktur yang terdapat di dalam komponen mesin seri Gx, sebelum kita jauh membahas tentang sistem Governor pada mesin Honda Gx, saya ingin memberikan sedikit penjelasan apa yang di maksud dengan sistem governor itu sendiri.

Governor adalah suatu sistem yang secara otomatis akan menjaga kecepatan mesin melalui thortle valve saat beban berfluktuasi. bila mekanisme Governor tidak diatur dengan tepat, maka mesin tidak dapat mengendalikan kecepatan yang di rekomendasikan. cara kerja dari Governor weight ialah menjaga kecepatan mesin melalui Governor slider, Governor arm,Governor rod dan thortle valve.

Sistem Governor Diesel Honda Gx 160

Sistem Governor Diesel Honda Gx 160

Governor weight bekerja selalu berubah-ubah sesuai beban mesin untuk mempertahankan kecepatan yang di rekomendasikan. Governor weight akan membuka atau menutup oleh daya centrifugal dan berdasarkan kecepatan mesin. pada saat mesin berhenti, Governor weight akan menutup dan thortle valve akan terbuka. sedangkan pada saat mesin di hidupkan Governor weight akan terbuka dan thortle valve menutup untuk mempertahankan kecepatan idle.

Setelah mesin bekerja pada kecepatan idle, maka thortle akan terbuka dengan melepaskan kerenggangan dari tuas thortle yang bergerak menuju ke sisi kecepatan tinggi. pada mesin Honda seri GX, Governor terdapat di dalam bagian blok mesin sedangkan pada mesin Honda type G 200 terdapat pada samping blok mesin ada pula yang menempel di nocken ash. Cara penyetelan Sistem Governor memiliki beberapa prosedur/ tahap yang harus di lakukan, diantaranya ialah :

Cara Setel Sistem Governor Honda Gx-160

Cara Penyetelan Sistem Governor Honda Gx-160

Cara Penyetelan Sistem Governor Honda Gx-160

  1. Lepaskan tangki bahan bakar dari mesin
  2. kendurkan pinch bolt, biasanya memakai mur 6mm dan pakai kunci 10 ring
  3. Geser thortle valve ke posisi full/ posisi gas besar
  4. Putar Governor arm fully untuk type Gx 120,160,200 dengan cara searah jarum jam, sedangkan untuk type Gx 270-390 dengan cara berlawanan arah jarum jam.
  5. Lalu kencangkan pinch bolt
  6. kemudian periksa seluruh baut sudah kencang
  7. Pasang kembali tangki bahan bakar
  8. Periksa kecepatan mesin sesuai yang di rekomendasikan.

Kerja Sistem Governor Honda GX-160

Mesin Diesel Honda Gx 160

Mesin Diesel Honda Gx 160

Bila sistem Governor di dalam penyetelanya kurang tepat maka akan mengakibatkan kerja mesin tidak setabil, karena rpm mesin akan tinggi dan susah untuk di kendalikan.oleh karena pentingnya sistem ini maka ketika kita melakukan servis berkala jangan sampai lupa untuk memeriksa posisi dari sistem Governor tersebut.

Baca Juga : Keunggulan Sistem Decompresi Honda Gx160

sampai di sini dulu artikel ini saya tulis, semoga bisa berguna sebagai panduan kita bersama dan sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara Penyetelan Sistem Governor Honda Gx-160.

Advertisement