Keunggulan Sistem Decompresi Mesin Honda Gx160

Advertisement

Mesin Honda Gx160 – Sistem Decompresi pada mesin Honda Gx160,merupakan salah satu teknologi pada mesin Gx-series yang di kembangkan oleh perusahaan Honda agar memberikan kemudahan bagi para pemakainya.berbeda dengan type mesin terdahulu yang belum menggunakan sistem ini mempunyai kekurangan pada saat starter mesinya, karena bila yang tidak menggunakan sistem Decompresi ini akan terasa berat pada saat akan di hidupkan.namun bila yang menggunakan sistem decompresion ini bila saat posisi mesin akan di hidupkan lebih mudah dan enteng sehingga lebih terasa mudah dan aman pada pemakai ketika saat proses starting.

Untuk mengetahui apakah sistem Decompresi ini berfungsi atau tidak pada mesin Honda Gx ini, maka cara yang termudah di lakukan ialah putar dan tarik tali starter pada mesin secara perlahan sampai menemukan ada posisi seperti mesin ada yang tertahan atau agak berat maka sistem decompresinya bagus, namun bila saat posisi menarik requil starter mesin terasa ringan tanpa ada hentakan/ tekanan maka sudah dapat di pastikan sistem kompressi pada mesin tidak berfungsi.

Keunggulan Mesin Honda Gx160

Keunggulan Mesin Honda Gx-160

Keunggulan Mesin Honda Gx-160

Cara kerja sistem decompresi Honda GX160 ini ialah Decompresion cam/ alat yang menempel pada nocken ash akan sedikit menaikkan exhaust valve lifter ( tapet klep buang) melalui push rod dan rocker arm, sehingga pada saat start terasa ringan dan mudah bagi kita untuk menghidupkanya. Decompresion cam akan sedikit keluar melalui valve lifter pada kecepatan idle agar pemberat (weight) bergerak keluar dengan gaya sentrifugal.

Mesin Honda Gx160

Mesin Honda Gx160

Sistem Decompresi Mesin Honda GX160

Decompresion cam akan sedikit menaikkan exhaust valve lifter pada kecepatan 600 rpm. sedangkan pada posisi kecepatan 1000 rpm Decompresion weight akan terdorong keluar oleh gaya sentrifugal dan pergeseran Decompresion cam. ketika mesin berjalan pada kecepatan 1450 rpm maka Decompresion cam terlepas sepenuhnya dari exhaust valve lifter. untuk lebih jelasnya bahwa sistem ini bekerja membocorkan kompresi pada mesin ketika awal di hidupkan dan setelah mesin hidup dengan kecepatan diatas 1450 rpm sitem ini tak berfungsi sehingga mesin bekerja menggunakn kompresi penuh.

Keunggulan Sistem Decompresi Mesin Honda Gx-160

Keunggulan Sistem Decompresi Mesin Honda Gx-160

untuk sementara sampai di sini dulu artikel ini saya buat, semoga banyak memberikan manfaat dan dapat menjadi tempat untuk bertukar ilmu, tidak lupa saya ucapkan permintaan maaf bila terdapat kesalahan pada penulisan artikel ini, terimakasih.

Advertisement