Mengatasi Masalah Power Sprayer Sanchin Tidak Keluar Air

Advertisement

Sanchin Tidak Keluar Air – Bila Power Sprayer Sanchin Tidak Keluar Air maka akan sangat menggangu aktivitas yang biasa di lakukan dengan bantuan alat ini, sebagai contoh untuk saat ini banyak para petani yang menggunakan power sprayer sanchin ini untuk menyemprot tanaman dengan obat pengusir hama atau untuk proses pemupukan. selain para petani yang menggunakan alat ini sudah terbilang banyak dan telah menjadi alat kebutuhan pokok dalam membantu pekerjaan,diantaranya ialah tempat cuci mobil maupun motor, peternak ayam dan masih banyak lagi pekerjaan yang di bantu oleh power sprayer sanchin ini.

Untuk perawatan mesin power sprayer sanchin ini terbilang sangat mudah, karena alat ini begitu simpel dan mempunyai komponen yang mudah di rawat.usahakan untuk di pakai pada air yang bersih agar tidak ada kotoran yang terbawa sehingga bisa merusak seal pada mesin power sprayer sanchin tersebut.begitu juga untuk bagian ash jangan sampai lupa untuk selalu di lumasi gemuk/fat agar tidak mudah aus.

Power Sprayer Sanchin itu sendiri mempunyai beberapa type, dan dari masing-masing type tersebut mempunyai daya dorong dan sedot yang berbeda-beda.berikut ini beberapa type dari Power sprayer sanchin yang telah di produksi dan tersebar di berbagai tempat dan telah banyak di gunakan oleh para konsumen di pelosok negeri ini :

Mengenal Tipe Power Sprayer Sachin

  • Sanchin SCN 20 yaitu generasi paling kecil dengan kemampuan sedot 4 meter dan mempunyai daya dorong sampai 20 meter.
  • Sanchin SCN 30 type ini mempunyai kemampuan sedot sampai 6 meter dan mempunyai daya dorong sekitar 30 meter.
  • Sanchin SCN 45 type ini mempunyai daya sedot sampai 8 meter dan mempunyai daya dorong hingga 60 meter.
  • Sanchin SCN 120 type ini terbilang yang paling besar dan biasanya di gunakan untuk sekelas industri dan perairan besar, type scn 120 ini mempunyai daya sedot sampai 15 meter dan mempunyai daya dorong sampai 120 meter

Karena bentuknya yang simpel dan mempunyai komponen-komponen yang mudah di rawat sehingga untuk perbaikannya sangat mudah, namun yang lebih penting ketika mengerjakanya agar berhati-hati dan sabar. Berikut ini beberapa langkah cara pengecekan dan perbaikan mesin Power Sprayer Sanchin yang tidak keluar air :

Cara Perbaiki Sanchin Tidak Keluar Air

Cara Perbaiki Sanchin Tidak Keluar Air

  1. Periksa selang hisap pada ujung sanchin apakah ada kebocoran atau selang tersumbat kotoran
  2. Periksa kondisi steak air, dengan cara semprot lubang kecil pada bagian depan dan bersihkan karena seringkali ada masalah kotoran yang menyumbat dan menyebabkan air tidak deras keluarnya.
  3. cek dan ganti seal kit yang ada di dalam lubang head
  4. Coba periksa pada bagian seal mata deruk apakah per yang ada di dalamnya putus apa tidak, tidak lupa cek juga apakah ada kotoran yang masuk dan membuat laju per seal terganggu.
  5. Periksa piston pada mesin, bila piston telah aus biasanya pada permukaan piston sudah tidak rata dan muncul lubang-lubang lurus, bila hal ini terjadi maka piston perlu untuk di ganti karena kondisi seperti ini bisa menimbulkan tekanan air menjadi kecil serta air bisa masuk ke block mesin dan mengakibatkan oli mesin bercampur dengan air, bila hal ini terjadi maka oli mesin akan berubah warna menjadi putih kental.
  6. Jika ketika mesin sanchin anda di hidupkan dan ketika posisi menyemprot, steak sanchin anda bergetar dan tekanan air menjadi kecil maka ada kemungkinan per pada rumah seal mata deruk putus atau terganjal kotoran.

Sebagai catatan di dalam hal pemakaian apabila ingin awet yaitu apabila kita telah menggunakan power sprayer sanchin ini untuk semprot dengan menggunakan bahan kimia agar untuk sebaiknya mesin di kuras dengan air yang bersih atau hidupkan beberapa saat agar kotoran yang mengendap dapat keluar semua sehingga tidak merusak seal kit mesin sanchin anda. dan juga tidak kalah pentingnya ketika kita menggunakan power sprayer sanchin ini jangan lupa untuk mengatur tekanan otomatis air yang keluar, dan usahakan selalu dari lubang sirkulasi mengeluarkan air walaupun kecil agar bila pada posisi kran air tertutup yang akan mengakibatkan pecahnya tabung air tersebut.

Sanchin Tidak Keluar Air

Bila kita akan memperbaiki power sprayer sanchin ini dan mengharuskan untuk membongkar dan mengganti stang piston maupun piston maka perlu di perhatikan bahwa pasangan dari stang piston tidak boleh tertukar karena akan menimbulkan masalah pada stang piston yang menjadi tidak bisa bergerak dan keras. oleh karena itu sebelum kita membongkar sebaiknya tandai terlebih dahulu setiap pasangan dari masing-masing stang piston tersebut.

Apabila piston pada power sprayer sanchin terlihat kasar atau aus maka hal ini dapat mempengaruhi daya hisap dari sprayer itu sendiri, biasanya mempengaruhi seal kit sanchinnya cepat rusak dan mengakibatkan air ikut ke bawa masuk ke block mesin sehingga oli berubah warna menjadi putih karena tercampur air.apabila masalah ini tidak segera di perbaiki, akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah lagi karena sistem pelumasan yang tidak sempurna maka dapat mengakibatkan kerk ash dan stang piston menjadi aus/ patah.

Sebelum melakukan penggantian piston sprayer tersebut, jangan lupa untuk melepas baud dan bagian depan sanchin serta lepas pully dan baud penutup, agar nantinya memudahkan kita di dalam proses perbaikan mesinnya. setelah kita melepas baud dari masing stang piston kemudian dorong arah piston menuju depan sanchin, lalu kemudian keluarkan kerk ash sanchin dari tempatnya dengan cara memukul kerk ash sanchin memakai palau dari arah samping, harus di perhatikan ketika kita melakukan pekerjaan ini agar ekstra hati-hati, dan menjaga keamanan diri sendiri dan mesin sprayernya, karena komponen mesin ini berbahan yang mudah pecah apabila mengalami getaran yang cukup keras, oleh karena itu harus di lakukan oleh orang yang sudah menguasai di bidangnya

setelah piston sudah berhasil di keluarkan, kemudian untuk proses penggantianya pun di mulai dari pemasangan piston terlebih dahulu ke dalam block baru kemudian masukkan kerk ash dengan lahernya ke bagian block, ketika memasang kerk ash juga perlu berhati-hati agar tidak merusak kerk ash dan block mesin tersebut. lalu setelah kerk ash terpasang maka tinggal memasang satu persatu stang piston secara bergantian, pastikan semua baud stang piston tidak kendor dan tidak tertukar dengan yang lainnya. apabila semua komponen telah terpasang maka jangan lupa untuk mengisi oli pada block agar kerk ash tidak kering dan mengakibatkan macet. terima kasih gan..semoga bermanfaat dan bisa memberikan solusi untuk anda dalam mengatasi masalah pada mesin sprayer sanchin anda di rumah.

Advertisement