Prinsip Kerja Mesin Bubut Lengkap : Fungsi, Bagian & Jenis

Prinsip Kerja Mesin Bubut – Mesin bubut??? Merupakan salah satu jenis alat perkakas yang kegunaannya sangat membantu sekali bagi manusia, yaitu dapat digunakan untuk memotong atau membentuk ulir pada benda kerja. Dengan cara benda kerja yang akan di potong itu di putar dengan kecepatan yang dapat ditentukan dengan mesin. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang di putarkan oleh mesin dan pada saat berputar itu sendiri akan di kenai alat pahat yang sangat tajam sehingga benda kerja yang berputar tadi akan dapat terpotong atau membentuk suatu bentuk yang dapat menjadi nilai seni tersendiri.

Gerakan putar dari benda kerja yang akan di potong atau di bentuk ini disebut dengan nama gerak potong relatif, untuk gerakan translasi dari pahat itu sendiri disebut dengan gerak umpan. Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir yang akan membentuk serta dapat memiliki nilai seni tersendiri dengan memiliki ukuran kisar yang berbeda dengan yang lainnya.

Mesin bubut sendiri saat ini sudah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan atau orang yang bekerja di dunia perbengkelan. Kegunaannya sangat membantu sekali mempercepat pekerjaan tentunya, tetapi tidak semua orang bisa menggunakan mesin yang satu ini. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mengoperasikan alat yang satu ini, salah satunya adalah memahami tentang ukuran yang akan di bentuk nantinya pada benda kerja. Maka dari itu orang yang menggunakannya ekstra harus teliti.

Biasanya orang yang dapat melakukan pengoperasian alat yang satu ini kebanyakan bersekolah di jurusan teknik, namun tidak dapat dipungkiri ada juga yang dapat mengoperasikan alat ini dari beda jurusan. Kembali lagi kepada diri kita masing-masing apakah ada kemauan untuk bisa dan mempelajari atau tidak. Jika mau apapun itu dapat terwujud akan adanya.

Prinsip Kerja Mesin Bubut dari Fungsi, Bagian dan Jenis

Prinsip Kerja Mesin Bubut dari Fungsi Bagian dan Jenis

Prinsip Kerja Mesin Bubut dari Fungsi Bagian dan Jenis

Oleh karena itu kami akan memberi tahu sedikit informasi tentang mesin bubut. Nah untuk anda yang belum mengetahui tentang prinsip kerja dan bagian-bagian penting dari mesin bubut kami akan berikan sedikit penjelasan tentang hal itu, maka simak terus sampai akhir.

Prinsip Kerja Mesin Bubut

Prinsip Kerja Mesin Bubut

Prinsip Kerja Mesin Bubut

Prinsip kerja mesin bubut sendiri, sebenarnya terletak pada benda kerjanya. Putaran tersebut akan disesuaikan dengan sumbu putar benda kerja, mesin bubut yang digunakan untuk menyayat suatu benda akan melakukan gerakan translasi sejajar pada bagian pahat dari mesin bubut. Karena pahatan nantinya menyesuaikan sumbu putar suatu benda, maka hasil bubutan tersebut akan berbentuk sebuah ulir pada benda kerja.

Benda yang akan dipotong atau dibentuk itu tadi akan ditekan dengan poros spindel dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya lagi. Sehingga poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga akan memutar roda gigi pada poros spindel tersebut. Lewat roda gigi penghubung itu sendiri, putaran akan diteruskan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut akan diubah menjadi gerak lain yaitu gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Maka dari pada itu benda kerja akan terkena atau terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Bagian Mesin

Mesin bubut sendiri memiliki beberapa bagian penting dan tentunya memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda tentunya. Mari simak dan pahami tentang bagian-bagian dari mesin bubut.

  1. Sumbu utama (Kepala Tetap), bagian yang satu ini merupakan bagian terpenting kiranya karena pada bagian ini berfungsi sebagai tempat peletakan benda kerja yang akan di bubut nantinya, dalam sumbu utama tersebut juga terdapat center tetap dan cekam yang berisi roda gigi.
  2. Kepala Lepas, fungsi bagian ini sebagai tempat center putar yang merupakan perangkat pendukung mesin bubut, dan bagian ini cukup penting.
  3. Eretan, fungsi dari bagian ini sendiri adalah memberikan penekanan pada benda yang penekanannya bisa diatur sesuai keinginan operator atau tukangnya.
  4. Eretan Atas, pada bagian ini fungsinya adalah untuk mengatur pahat ketika digunakan untuk mengulir suatu benda kerja.
  5. Tuas Pengatur, berfungsi mengatur kecepatan poros dan sumbu pembawa.
  6. Tuas Pembalik, untuk bagian yang satu ini fungsinya adalah untuk membalikan putaran sumbu utama ketika membuat ulir pada benda kerja.
  7. Penjepit Pahat, berfungsi menjepit beberapa pahat yang menjadi alat ulir itu tadi.
  8. Kran Pendingin, berfungsi agar mendinginkan pahat ketika sedang membubut suatu benda kerja, supaya tidak terlalu panas.
  9. Roda Pemutar, berfungsi agar dapat menggerakan maju mundur poros kepala.
  10. Transporter, berfungsi membawa eretan secara sendirinya atau otomatis.
  11. Alas mesin, fungsi bagian ini adalah untuk tempat kedudukan kepala lepas, tempat kedudukan eretan dan tempat kedudukan penyangga diam yang menjadi tumpuan dari bagian-bagian lainnya.

Jenis Mesin Bubut

Jenis Mesin Bubut

Jenis Mesin Bubut

1. Mesin Bubut CNC

Merupakan mesin bubut yang cara mengoperasikannya menggunakan program yang sudah diatur di komputer, sehingga hasil dan ukuran sudah pasti tepa dan tidak usah diragukan lagi, anda hanya mengatur ukuran pada komputer. Dan pada CNC sendiri terdapat 2 yaitu yaitu Producing Unit dan Tranning Unit.

  • Tranning Unit, mesin yang satu ini biasanya digunakan pada lembaga pendidikan sebagai sarana latihan dengan ukuran dan dimensinya yang relatif kecil.
  • Producing Unit, biasanya digunakan untuk produksi massal atau banyak dan banyak mesin yang satu ini banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar, bertujuan untuk mempercepat pekerjaan dan tentunya memiliki benda kerja yang berdimensi besar.

2. Mesin Bubut Manual

Mesin bubut manual adalah mesin bubut yang pengoperasiannya dilakukan oleh tukang atau seorang operator, sehingga bagus dan tidaknya benda kerja yang dihasilkan itu tadi akan di pengaruhi oleh ketrampilan dari sang operator. Mesin Manual sendiri terbagi menjadi 4 yaitu:

  • Mesin Bubut Ringan
    Mesin bubut ringan ini lebih diperuntukkan untuk pekerjaan membubut benda kerja yang berukuran kecil dan ringan.
  • Mesin Bubut Sedang
    Dibanding dengan mesin mesin bubut yang ringan, mesin bubut sedang ini memiliki konstruksi yang lebih detail dan dilengkapi dengan peralatan khusus.
  • Mesin Bubut Standar
    Pada mesin bubut standar sendiri memiliki dimensi yang seperti biasanya dan memiliki kelengkapan seperti mesin standar lainnya.
  • Mesin Bubut Meja Panjang
    Mesin bubut yang satu ini berdimensi lebih panjang dari biasanya, dan banyak digunakan oleh perusahaan besar, dan di gunakan untuk melakukan pekerjaan yang memiliki bahan dasar atau benda kerja yang besar dan panjang.

Nah itulah prinsip kerja dan beberapa bagian dari mesin bubut yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semua.