11 Cara Pemasangan Piston Mesin Honda Gx-160

Cara pemasangan piston mesin Honda Gx-160 adalah suatu pekerjaan  yang wajib di mengerti oleh para pecinta dan pemakai mesin engine, karena piston adalah salah satu komponen penting di dalam mesin engine Honda dan oleh cara kerja yang cukup berat maka bila tidak di rawat dengan benar maka akan menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi. oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang cara pemasangan pist0n mesin honda Gx-160 ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa hal yang saya ketahui.

Sebelum kita membongkar mesin dan mengganti piston easy, langkah yang harus kita lakukan terlebih dahulu yaitu menguras oli mesin sampai bersih kemudian buka bagian silinder head pada mesin honda Gx-160 tersebut, jangan lupa untuk teliti dan pahami komponen dari mesin tersebut agar nanti dalam proses pemasanganya kembali tidak tertukar atau ada yang tak terpasang. bagi para mekanik yang berpengalaman proses pembongkaran serta cara pemasangan piston mesin honda Gx-160 ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam.

Setelah silinder head pada mesin telah di buka, kemudian kita membuka baud dek samping atau tutup block mesin  lalu buka dengan hati hati agar tidak merusak packing dek samping, setelah berhasil di buka maka gunakan kunci 10 mm ring pas yang bagus untuk melepas baud stang piston lalu dorong stang piston menggunakan benda tumpul ke arah atas/ keluar dari silinder block, setelah berhasil melakukanya maka kita akan memasuki tahapan bongkar ring piston dan mengukur kondisi dari ring piston tersebut.

Di dalam proses pembongkaran ring piston yang perlu untuk di perhatikan yaitu :

Proses Pembongkaran Ring Piston Mesin Diesel

Proses Pembongkaran Ring Piston Mesin Diesel

Proses Pembongkaran Ring Piston Mesin Diesel

  • Konsentrasi dan berhati-hati agar tidak merusak ring piston dan jangan sampai patah walaupun posisi ring piston akan di ganti dengan yang baru.
  • berhati-hati untuk tidak merusak piston saat kita membuka cincin piston, jangan menggunakan alat yang dapat menggores piston serta keselamatan kita sendiri.
  • Lepas setiap cincin piston dan membuka dengan mengangkatnya pada titik di antara celah dan pastikan jari-jari kita aman dan terlindungi dari goresan ring piston yang tajam.
  • Buka pin piston menggunakan log tang hidung kemudian membuka pin piston dan batang penghubung piston.

Setelah ring piston berhasil kita lepas dari piston maka langkah selanjutnya yaitu mengukur jarak batas limit ring piston, dengan cara masukkan ring piston ke dalam lubang silinder liner mesin kemudian dorong menggunakan piston ke dalam lubang silinder liner, lalu piston kita angkat ke luar lubang kemudian ukur jarak kerenggangan ring piston menggunakan feeler gauge. proses ini di lakukan satu persatu untuk tiap ring piston yang akan di ukur jaraknya.( Baca :Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin )

Setelah kita mengukur jarak dan mengganti ring piston serta piston yang baru maka proses selanjutnya yaitu cara pemasangan piston mesin honda gx-160. langkah ini terbilang gampang-gampang susah serta harus di butuhkan konsentrasi serta kekuatan jari saat proses pemasangannya. berikut ini beberapa langkah serta cara pemasangan ring piston yang baik dan benar yaitu :

Cara Pemasangan Piston Mesin Honda Gx-160

Cara Pemasangan Piston Mesin Honda Gx-160

Cara Pemasangan Piston Mesin Honda Gx-160

  1. Gunakan kain yang bersih untuk membersihkan piston dan ring piston dari kotoran/debu
  2. membersihkan carbon deposit pada alur piston jangan menggunakan sikat kawat karena dapat menggores alur pada piston tersebut.
  3. usahakan untuk tidak merusak ring piston dengan cara melebarkanya terlalu jauh
  4. berhati-hati untuk tidak merusak piston ketika sedang memasang piston
  5. Pasang ring piston dengan posisi yang benar antara ring pertama dan kedua, untuk ring pertama di tandai dengan warna abu-abu sedangkan untuk ring kedua berwarna hitam.
  6. ring pertama dan kedua pasang dengan posisi tulisan R pada ring piston untuk bagian atas
  7. Ring oli selalu di lapisi plat ring pada atas dan bawahnya
  8.  Setelah ring piston terpasang pada alur di piston maka pastikan bahwa ring piston berputar bebas tanpa menempel.
  9. untuk pemasangan ring top, ring second,serta ring oli untuk jaraknya ialah 120 derajat
  10. pada saat pemasangan pen piston maka lumasilah pada bagian lubang pen piston menggunakan oli
  11. ketika memasang pen piston pada piston yang baru, jangan menggunakan klip pin yang lama tetapi pakai klip pin yang baru dan pastikan klip piston terpasang pada alurnya.

Setelah kita melakukan pemasangan ring piston pada piston maka langkah selanjutnya yaitu memasang piston dan stang piston ke dalam mesin. prosedur yang benar dalam pemasangan piston, di antaranya yaitu :

Piston Mesin Honda Gx-160

Piston Mesin Honda Gx-160

  • Oleskan minyak oli terlebih dahulu pada permukaan piston, ring piston dan dinding silinder mesin
  • ketika memasang piston harus mengunakan spesial tool/ spaner agar ring piston tidak rusak
  • ketika memasang piston arah tanda panahnya menghadap ke bawah.

Demikian tadi beberapa tahapan yang harus kita lakukan untuk proses pembongkaran serta pemasangan  ring piston serta piston, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua dan sampai ketemu lagi pada artikel yang selanjutnya selain dari Cara Pemasangan Piston Mesin Honda Gx-160.