10 Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Terlengkap

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel – Bagi anda yang ingin atau baru berencana membeli sebuah kendaraan besar seperti mobil, alangkah baiknya anda perlu ketahui terlebih dahulu jenis apa yang akan di pilih nantinya. Karena dari segi pemilihan sangat berpengaruh terhadap dengan kegunaannya, maka dari pada itu selalu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum akan membelinya.

Pada aspek mesin misalnya, tersedia pilihan tenaga yaitu mesin bensin maupun mesin diesel. Mungkin dari anda ada yang masih bingung tentang mana yang lebih bagus antara mesin bensin dan mesin diesel. Oleh karena itu kami akan berikan beberapa perbedaan antara dari 2 mesin tersebut, sehingga anda dapat memiliki gambaran yang lebih matang jika akan membelinya.

Memang kendaraan saat ini sangat di perlukan sekali kegunaannya, sebagai sarana transportasi kendaraan seperti mobil juga sangat membantu dan meringankan pekerjaan manusia. Karena dapat mempercepat pekerjaan kita semua, jika menggunakan truk atau mobil pastinya barang yang di bawa akan lebih banyak dari pada yang secara manual atau menggunakan motor.

Oleh karena itu banyak perusahaan di jaman sekarang yang menciptakan berbagai jenis dan tipe mobil dengan mesin bensin dan mesin diesel dengan keunggulan masing-masing, sehingga dapat dengan mudah masuk ke pasar-pasar Indonesia atau luar negeri dengan mudah karena kualitas dan kegunaannya yang berbeda.

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Terlengkap

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Terlengkap

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Terlengkap

Memang benar jika melihat dari banyaknya masyarakat Indonesia, lebih memilih mobil-mobil bertenaga bensin daripada diesel. Namun tak sepenuhnya diesel menjadi hal yang buruk, banyak mitos bertebaran menyatakan jika mesin diesel selalu identik dengan pencemaran udara karena mengeluarkan asap berwarna hitam yang cukup mengganggu terhadap pengendara lainnya.

Namun hal tersebut tidak seluruhnya benar jika dilihat dari segi mekanis, memang benar mesin diesel lebih banyak mnciptakan polusi. Seperti yang kami sebutkan di awal, kedua mesin pastinya memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Supaya anda tidak bingung, mari simak perbedaan antara dua jenis mesin ini.

Jenis Bahan Bakar

Jenis Bahan Bakar

Jenis Bahan Bakar

Jenis bahan sangat mudah untuk mengenali apakah mobil ini menggunakan mesin diesel atau mesin bensin. Pada mesin diesel, solar menjadi sumber tenaganya. Sedangkan mesin bensin itu sendiri berupa bensin, pertamax, pertalite. Dari hal tersebut mudah untuk mengenalinya, jenis apakah yang digunakan menjadi sumber tenaganya, mesin bensin atau mesin diesel.

Katup Bahan Bakar

Mudah saja untuk mengetahui mana mobil yang bertenaga bensin dan mana yang tenaga diesel. Anda hanya perlu melihat informasi pada katup bahan bakar. Umumnya akan tertera informasi akurat yang menunjukan atau bertuliskan “Diesel Only” atau “Gasoline Only” yang menegaskan apa yang menjadi tenaga dari mesin tersebut.

Polusi Udara

Polusi Udara

Polusi Udara

Dari segi mekanis sendiri mesin diesel tidak bisa membakar sempurna seperti yang dilakukan oleh mesin bensin. Maka dari pada itu, hasil pembakaran yang tak sempurna tersebut dikeluarkan melalui saluran pembuangan berupa knalpot dan menghasilkan kepulan asap hitam pekat, dan disitulah banyak yang menilai buruknya mesin diesel ini. Namun dalam seiring berkembangnya dan majunya teknologi terlihat banyak sekali perusahaan otomotif yang mulai mengembangkan mesin diesel untuk tampil lebih ramah lingkungan tentunya.

Ketahanan

Jika dilihat dari segi ketahanan, tentu mesin diesel jangan di tanyakan lagi pasti juaranya. Mesin yang memang dirancang untuk lebih tangguh dari mesin bensin. Tentu anda sudah mengetahui, mesin diesel menerapkan “Compression Ignition” yang mana tidak bisa diterapkan pada mesin bensin. Proses pembakaran yang dibuat benar-benar matang sehingga campuran diesel serta udara tanpa membutuhkan busi.

Pada saat ini, mesin diesel banyak digunakan pada mobil Sport Uitlity Vehicle (SUV) perkotaan yang bahkan bisa melebihi kemampuan dari mesin bensin sekaligus. Jika keduanya diadu dalam hal ketahanan mesin dari berapa jarak yang berhasil ditempuh, mesin diesel akan menjadi pemenangnya. Dan mesin diesel ini lebih mudah perawatan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk bolak-balik bengkel. Bukan berarti mudah perawatannya anda mengacuhkannya, selalu periksa kelengkapan dan kesiapan seperti oli mesin diesel sebelum bepergian agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Selalu ganti oli secara rutin agar mesin selalu kondisi mesin selalu siap, dan pilihlah jenis oli menyesuaikan dengan mesin anda. Harga oli mesin diesel sendiri banyak yang ditawarkan, semakin baik kualitas yang di berikan maka harga akan semakin mahal.

Suara

Memang tidak dapat di pungkiri lagi, memang mesin diesel lebih bising dari pada mesin bensin, proses kompresilah yang membuat kedua mesin ini memiliki perbedaan yang sangat jelas. Proses pembakaran pada mesin bensin terbilang sempurna sehingga akan memberi suara yang lebih senyap dan tidak terlalu bising di telinga. Berbeda halnya dengan tenaga diesel yang membutuhkan pembakaran bersuhu tinggi yaitu di kisaran angka 52 hingga 96 derajat Celcius. Dan itulah yang menjadikan mesin tersebut menghasilkan kebisingan yang bahkan terdengar sampai ke sisi luar.

Keiritan Bahan Bakar

Proses penguapan yang terjadi pada mesin diesel menjadikannya akan tampil lebih irit daripada tenaga bensin yang disemportkan dalam bentuk cairan. Mesin diesel sendiri merupakan dalam proses pembakarannya dalam bentuk uap tampil lebih ekonomis daripada mesin bensin. Tenaga mumpuni dan tingkat efisiensi lebih tinggi, menjadi ciri khas dari mesin diesel.

Tenaga

Tenaga yang dirasakan dari kedua mesin ini sangat berbeda, yaitu mesin diesel lebih memiliki tenaga yang lebih besar daripada yang mesin bensin. Dan biasanya mesin diesel lebih banyak digunakan di kendaraan kendaraan besar seperti truk. Memang menang dalam segi kekuatan namun dalam segi kecepatan mesin bensin diesel kalah di banding mesin bensin.

Dan itulah beberapa perbedaan yang terdapat dari 2 jenis mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel, bagi anda yang ingin membelinya pertimbangkan secara matang mana yang nantinya akan anda pilih.