Pengertian Mesin Diesel dan Tipe Mesin Diesel

Advertisement

Pengertian Mesin Diesel  – Mesin Diesel merupakan mesin penggerak yang mempunyai prinsip kerja hukum charles yaitu ketika udara di kompresi maka suhunya akan meningkat. ketika udara di sedot ke dalam ruang bakar mesin diesel kemudian di kompresi oleh piston yang merapat sangat dekat dengan rasio kompresi antara 15 ; 1 serta 22 ; 1 sehingga akan menghasilkan suatu tekanan sampai 40 bar ( 4.0 mpa ; 580 psi ).  sedangkan untuk mesin diesel bensin hanya mencapai 8 atau 14 bar ( 0.80 to 1.40 mpa ; 120 to 200 psi ).

Mesin Diesel mempunyai cara kerja sebagai berikut yaitu untuk beberapa saat sebelum piston memasuki proses kompresi maka bahan bakar akan di suntikan ke dalam ruang bakar dalam keadaan tekanan yang sangat tinggi, melalui nozzle dan injector supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. fungsi injector itu sendiri yaitu memastikan bahwa bahan bakar akan menjadi butiran-butiran kecil serta halus yang tersebar secara merata. uap dari bahan bakar tersebut akan menyala dari akibat udara yang terkompresi tinggi di dalam ruang bakar

Mesin Diesel akan mengeluarkan suara Detonasi pada saat uap mencapai suhu nyala yang tinggi sehingga menyebabkan naiknya tekanan di atas piston secara mendadak. untuk penyemprotan bahan bakar mesin diesel ke ruang bakar ini di lakukan saat piston mendekati TMA untuk supaya menghindari Detonasi pada mesin diesel. pada mesin diesel ada istilah sistem injeksi langsung atau ( Dierect injection ) yaitu menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar mesin diesel, sedangkan untuk yang di namakan injeksi tidak langsung pada mesin diesel ( indirect injection ) yaitu penyemprotan bahan bakar  ke dalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada.

Pengertian Mesin Diesel dari Kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian Mesin Diesel

Ledakan yang tertutup di ruang bakar ini menyebabkan gas dalam ruang bakar mengembang dengan cepat dan mendorong piston ke bawah sehingga menghasilkan tenaga linear. Conecting rod ( stang piston ) ini menyalurkan gerakan tersebut ke crang shaft ( kerk ash ) dan oleh crang shaft tenaga liner tadi di ubah menjadi tenaga putar. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan mesin diesel dengan mesin berbahan bakar bensin :

  • Untuk mesin diesel memproduksi karbon dioksidanya lebih sedikit ketimbang mesin berbahan bakar bensin.
  • Sedangkan untuk rasio kompresi mesin diesel lebih tinggi ketimbang mesin bensin, oleh sebab itu untuk mesin diesel lebih efisien ketimbang mesin bensin.
  • Mesin Diesel memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang mesin berbahan bakar bensin walaupun memiliki posisi tenaga dengan ukuran yang sama, sebab konstruksi yang berat pada mesin diesel di perlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi dan juga untuk proses penyalaan yang sempurna.
  • untuk mesin bensin sistem pembakaranya menggunakan percikan api yang keluar dari ignition coil ke busi, kemudian karburator menyuplai bahan bakar dan udara secara seimbang.
  • Mesin bensin memiliki getaran yang lebih halus ketimbang mesin diesel
  • untuk perawatan mesin bensin lebih simpel dan mudah
  • pada mesin diesel, faktor tenaga mesin atau performanya lebih besar

Tipe Mesin Diesel

Tipe Mesin Diesel

  1. Dua stroke
  2. empat stroke

Untuk ukuran mesin diesel yang kecil biasanya menggunakan empat stroke cycle, sedangkan untuk mesin diesel besar menggunakan mesin dua stroke. Untuk posisi kerja mesin diesel yang benar sesuai standar pabrikan adalah saat udara di masukkan melalui lubang intake lalu udara di tekan oleh piston pada posisi titik puncak, kemudian terjadi pembakaran bersamaan dengan injeksi atau penyemprotan solar lalu piston tertekan turun ketitik mati bawah, sisa pembakaran di buang keluar melalui lubang exhaust. untuk proses ini terjadi secara berulang-ulang dan terus-menerus selama mesin tersebut hidup.

Baca Juga : Komponen Mesin Diesel

Untuk pengertian dari pembakaran sempurna pada mesin diesel yaitu pembakaran terjadi pada saat solar di semprotkan dengan posisi piston pada titik puncak, sehingga terjadi daya putar crankshaft terkuat. untuk mesin diesel sebaiknya jangan di bunyikan pada posisi langsam atau idle speed terlalu lama, karena hal ini bisa mengakibatkan silinder cop di penuhi kotoran kerak dari sisa pembakaran yang tidak terdorong keluar sehingga bisa menimbulkan warna asap menjadi hitam tebal dan juga bisa menimbulkan suara kasar pada mesin di karenakan kotoran yang terdapat pada silinder head berbenturan dengan piston.

Dari pertama kali di temukan hingga sampai saat ini mesin diesel telah mengalami berbagai perubahan bentuk serta teknologi yang terus berkembang, termasuk juga teknologi yang ramah lingkungan.untuk penggunaan mesin diesel itu sendiri sebaiknya jangan di gunakan di dalam ruangan yang tidak terdapat ventilasi udara yang bagus, karena hal ini dapat membahayakan keselamatan kita dan orang di sekitarnya, sebab asap buang dari knalpot messin diessel tersebut mengandung racun yang berbahaya.

Semoga artikel ini bisa memberikan pada kita pengertian tentang apa itu mesin diesel serta sejarah mesin diesel tersebut, semoga bisa memberikan manfaat dan mohon maaaf apabila ada kekurangan serta kesalahan penulisan.terima kasih dan sampai jumpa lagi.

Advertisement