Mesin Pemotong Rumput Brush Cutter Honda UMR-435 T

Advertisement

Brush Cutter Honda UMR-435 T – Mesin pemotong rumput UMR-435 T dari Honda merupakan salah satu mesin 4 tak yang paling ringan di dunia, dengan menerapkan konfigurasi OHC ( oil immersed timing belt )yang paling ringkas di dunia memungkinkan bagi mekanisme katup untuk di gabungkan dalam reservoir oli demi menghemat bobot untuk desain yang lebih ringkas. konstruksi blok tunggal yang telah di revisi dengan silinder, cilinder head dan crank case bagian atas yang terintegrasi memberikan kontribusi bagi keunggulan tenaga terhadap rasio bobot sebesar 0,29 kw/kg atau 0,35 kw/kg untuk type GX 35.

pada mesin potong rumput type UMR 435 T dapat di putar penuh hingga 360 derajat dan untuk pengoperasianya sangat mudah secara berkesinambungan atau di simpan dengan berbagai posisi karena mesin potong rumput ini menggunakan sistem pelumasan rotary-slinger yang bekerja menyemprotkan minyak pelumas dan menyebarkanya di seluruh bagian mesin dengan menggunakan tekanan internal. sistem pelumasan pompa rotary-slinger merupakan teknologi yang unik dari Honda yang pertama kali di pergunakan pada mesin GX 22 dan 31 kemudian di kembangkan lagi pada mesin GX 25 dan 35.

Desain rangkaian katup yang baru dengan timing belt yang berintegrasi bersifat mampu melumasi sendiri dengan timing belt yang bergerak di dalam oli, hal ini akan memungkinkan penyederhanaan pada routing sistem pelumas. untuk pelumasan terhadap rocker arm dan katup-katup diarahkan secara eksternal ke cylinder head melalui pipa eksternal. kemudian untuk desain breather chamber ( ruang udara ) semakin di tingkatkan untuk pemisahan dan reduksi yang lebih baik antara ruang mekanisme katup dengan in-oil timing belt dan saluran pengembali oli yang di hembus oleh gas.

Mesin Pemotong Rumput Brush Cutter Honda UMR-435 T

Mesin Pemotong Rumput Brush Cutter Honda UMR-435 T

Mesin Pemotong Rumput Brush Cutter Honda UMR-435 T

Cara kerja sistem pelumas pompa rotary-slinger ialah sebagai berikut :

  1. Uap oli terbentuk akibat berputarnya slinger kemudian piston bergerak naik menciptakan suatu tekanan negatif di dalam crankcase dan uap oli akan di tarik ke dalam crankcase lalu katup pipa di bagian bawah crankcase tertutup bagi seat.
  2. Uap oli akan melumasi crankshaft bearing, piston bergerak turun menciptakan suatu tekanan positif dan mendorong uap oli melalui katup pipa.
  3. Uap oli akan di arahkan menuju cylinder head lalu uap oli akan melumasi rocker arm dan katup-katup sedangkan breather chamber ( ruang udara ) memisahkan oli dan hembuskan gas.
  4. oli akan kembali ke tangki oli melalui ruang timing belt kemudian hembusan gas terserap melalui kotak saringan udara.

Pada mesin potong rumput honda UMR-435 T memiliki banyak kelebihan serta keunggulan teknologi sehingga memudahkan kita dalam proses starting serta memiliki akselerasi yang handal, karena dalam mesin ini memiliki sistem decompresi mesin yang baru pada exhaust valve ( katup buang ) menurunkan gaya penarikan tali starter hingga separuh dari daya yang di perlukan pada mesin-mesin biasa. untuk pengembangan mutakhir terhadap karburator yang di lengkapi dengan pompa akselerator dan flywheel yang sangat ringan bobotnya maka menghasilkan akselerasi yang lebih cepat bila di bandingkan dengan mesin 2 stroke yang sejenis.

Oil immersed timing belt mengurangi suara mesin yang menggangu sementara piston dan part gerak lainnya yang ringan membantu mempertahankan getaran seminimum mungkin sehingga mesin ini memiliki getaran yang rendah serta suara mesin yang tidak berisik. dan pada mesin potong rumput ini memiliki desain keseluruhan yang bundar yang di terapkan untuk berfungsi pada mesin di lingkungan yang keras seperti hutan dan semak-semak, kepadatan massa mesin dan pusat gravitasi yang rendah menciptakan pengoperasian yang mudah dan menurunkan rasa lelah operator mesin.

Untuk karburator pada mesin potong rumput UMR-435 T memiliki pompa akselerasi yang terintegrasi dengan fungsi saklar pada rotary throttle valve, pompa akselerasi ini bekerja menginjeksi bahan bakar secara langsung kedalam nozzle utama karburator tiap kali thortle valve di putar dari posisi tutup ke posisi buka. bersama dengan di turunkannya bobot part-part yang berputar di dalam mesin ( flywheel ) maka injeksi bahan bakar yang lebih banyak selama akselerasi menyebabkan mesin honda GX 25 dan GX 35 memiliki respon throttle yang lebih cepat di bandingkan dengan respon akselerasi dari mesin 2 tak.

Pompa akselerasi yang terintegrasi pada karburator berfungsi untuk menurunkan peluang terjadinya mesin yang mati mendadak ketika di hidupkan dalam kondisi dingin. dan sebagai catatan pada saat mesin tidak bekerja agar jangan gerakkan tuas thorttle tersebut karena hal ini bisa memungkinkan bahan bakar cair masuk ke dalam cylinder mesin sehingga dapat menyebabkan mesin mati mendadak saat di hidupkan.

Berikut ini sistem kerja karburator untuk aliran bahan bakar ketika mesin di hidupkan :

Mesin pemotong rumput UMR-435 T

Mesin pemotong rumput UMR-435 T

  1. Saat pompa pemancing di tekan maka katup akan terbuka dan bahan bakar akan di kembalikan ke tangki.
  2. saat pompa pemancing kembali maka tekanan negatif akan di bangkitkan dan katup anti balik akan menutup.
  3. Metering diaphragm akan di naikkan kemudian needle valve terbuka dan bahan bakar akan terisi.
  4. saat tekanan negatif menghilang maka needle valve akan menutup akibat gaya pegas.

Untuk aliran bahan bakar selama pengoperasian mesin sistem kerjanya sebagai berikut :

Brush Cutter Honda UMR-435 T

Brush Cutter Honda UMR-435 T

  1. Diafraghma pompa bergerak naik akibat tekanan negatif dari saluran pengisapan dan bahan bakar terserap ke dalam.
  2. bahan bakar dilepaskan dari nozzle, metering diapraghma bergerak naik maka needle valve terbuka dan bahan bakar akan masuk.
  3. Needle pin bergerak naik sesuai dengan celah pada throttle valve dan meningkatkan kuantitas suplai campuran.

Untuk pengaturan iddle  speed pada mesin ini caranya hidupkan mesin dan biarkan mesin dalam kondisi temperatur yang normal kemudian atur idle speed dengan memutar thortle stop screw ke arah kanan atau kiri. sedangkan untuk ukuran standar idle speed pada mesin GX 25 dan GX  35 ialah 3100 +_ 200 min ( rpm ).

Mesin GX 25 dan GX 35 untuk kapasitas oli nya ialah 0,10 liter , untuk perawatan apabila mesin akan di gunakan untuk selalu mengecek kondisi oli pada mesin dengan memeriksa ketinggian oli mesin dengan memposisikan mesin secara horizontal apabila volume oli berkurang maka tambahkan oli dengan posisi mesin secara horizontal hingga ketinggian maksimum. untuk pemakaian oli yang di rekomendasikan ialah SAE 10-30 w.

Cara Menyetel klep atau pengaturan kerenggangan valve ialah :

  1. Lepas baut-baut yang mengunci head cover dan kemudian lepaskan head covernya
  2. lepas busi atau spark plug menggunakan kunci busi yang baik.
  3. atur piston terhadap top dead center kompresi ( sesuaikan timing belt nya )
  4. sisipkan alat pengukur ketebalan antara rocker arms dan valves selanjutnya ukur jarak antara rocker arms dan valves.
  5. untuk jarak kerenggangan valve mesin GX 25 dan GX 35 ialah : valve inlet 0,08 +_ 0,02 mm sedangkan valve exhaust : 0,11 +_ 0,02 mm.

Apabila mesin telah di gunakan sampai sekitar 200 jam pemakaian maka ada salah satu perawatan yang tidak kalah penting yaitu membersihkan filter udara, karena hal ini sangat mempengaruhi performa mesin itu sendiri. berikut ini cara membersihkan filter udara mesin Honda GX-25 dan GX 35 :

  • Lepas penutup saringan udara, setelah melepaskan top cover dengan memegang pengait kedua sisinya, kemudian lepas penutup saringan udara dari bidang pertemuan di bawah.
  • Periksa saringan yang ada di dalam apakah berada dalam kondisi yang bersih atau tidak
  • Cuci saringan dengan cairan berbahan dasar minyak atau deterjen netral yang di larutkan dengan air lalu keringkan saringan setelah memeras cairan yang masih terserap
  • Bersihkan kotoran yang masih melekat di bagian kotak dan penutup saringan udara menggunakan kuas
  • setelah saringan direndam di dalam oli mesin, lalu peras sekuatnya
  • pasang kembali saringan di dalam kotaknya ,rakit kembali dengan sisi yang lebih tebal menghadap ke bawah
  • lalu pasang kembali penutup saringan udara ke kotaknya, untuk memasang penutup saringan udara pastikan kedua bidang pertemuan bertemu di bagian bawah  lalu hubungkan pengait bagian atas dengan seksama.

Untuk sementara waktu sampai di sini dulu pembahasan tentang mesin potong rumput Honda UMR-435 T, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua serta menambah pengetahuan tentang perawatan mesin honda ini, mohon maaf apabila ada kesalahan.

Advertisement