Cara Memperbaiki Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah

Advertisement

Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah – ada beberapa faktor yang mempengaruhinya sehingga kecepatan mesin tidak bisa bertambah walaupun sudah pada posisi handle full gas.pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin bisa membantu anda untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada mesin engine anda di rumah yang mempunyai masalah yang seperti saya uraikan.

Mesin engine Honda yang mengalami kecepatan tidak bertambah biasanya karena kurangnya perawatan dan cara pemakaian yang tidak sesuai standar dari mesin itu sendiri. untuk masing-masing type mesin engine mempunyai kekuatan yang berbeda-beda specnya, hal ini sangat mempengaruhi untuk menentukan aplikasi yang akan di gunakan dengan bantuan mesin penggerak engine tersebut. kebanyakan dari kita dalam menggunakan mesin engine tersebut tidak di perhitungkan terlebih dahulu kekuatanya sehingga, mesin di gunakan untuk pekerjaan yang melebihi kekuatan maksimal mesin itu sendiri/ over load. apabila hal ini di lakukan dalam jangka waktu yang lama maka mesin engine akan mudah rusak dan menurunya kecepatan performa mesin engine tersebut.

Agar mesin engine kita awet dan selalu mempunyai performa yang bagus maka yang harus kita lakukan adalah perawatan yang berkala dan menggunakan standar yang di rekomendasikan pada mesin untuk pemakaian yang benar. berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan mesin engine mengalami kecepatan tidak bertambah dan solusi yang harus kita lakukan, diantaranya sebagai berikut :

Masalah Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah

Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah

Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah

1. Periksa sistem governor pada mesin, bila memungkinkan lakukan ulang penyetelan Governor, karena bila setelan governor itu berubah maka akan mempengaruhi rpm mesin itu sendiri. apabila setelan Governor terlalu renggang maka kecepatan mesin akan melebihi standar maksimum dan bila setelan Governor terlalu rempet/mepet jaraknya maka kecepatan mesin akan menurundan tidak bisa bertambah.

2. Periksa dan setel ulang valve/klep, karena bila valve / klep ini berubah ukuran setelanya maka akan mempengaruhi performa pada mesin engine.bila terjadi kompresi bocor maka klep perlu untuk di sekir dan di bersihkan dari sisa karbon pembakaran.

3. Cek kondisi filter udara, bersihkan dengan bensin lalu di peras agar kotoran debu yang menempel hilang kemudian keringkan. namun apabila filter udara sudah dalam kondisi rusak sebaiknya di ganti dengan filter udara yang baru.

4. Periksa karburator terutama pada main jet dan nozzle, bersihkan memakai carbu cleaner atau semprot dengan angin kompresor.perlu di ingat untuk tiap lubang kecil yang terdapat pada main jet dan nozzle harus terbebas dari kotoran yang menyumbat karena akan mempengaruhi performa mesin engine.

5. Cek kondisi insulator dan packing karburator

6. Periksa kompresi silinder, untuk menentukan apakah timing top sudah benar apa belum.

7. Cek kondisi busi/spark plug beserta sistem pengapian lainya.

Bila mesin engine kita mengalami masalah dengan kecepatan yang tidak bertambah ini akan sangat mempengaruhi hasil dari pekerjaan kita, karena akan sedikit tersendat dari apa tarjet yang kita harapkan. dan yang tidak kalah pentingnya ialah cek kondisi oli mesin, jangan sampai kurang ataupun berlebih dari isi maksimum mesin. bila oli terlalu banyak maka ruang kerja stang piston dan piston akan sedikit berat sehingga mempengaruhi tenaga yang di hasilkan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

Dari uraian artikel diatas semoga bisa memberikan manfaat dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada mesin Honda kecepatanya tidak bertambah, dan saya tunggu share dari kalian pada kolom komentar semoga bisa menjadi wadah tukar ilmu dan menemukan solusi dalam pemecahan masalah pada Cara Memperbaiki Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah.

Advertisement