Mesin Diesel Dongfeng R180 Harga dan Kelebihan

Mesin diesel dongfeng R180 ialah mesin diesel berkekuatan 8 Hp yang bermerk dongfeng, mesin diesel ini banyak di cari dan di gunakan karena mempunyai performa yang hebat serta harga yang terjangkau karena hanya sekitar Rp 3 jutaan saja. selain itu mesin diesel r180 ini sangat mudah untuk perawatan dan perbaikannya serta memiliki suku cadang yang mudah untuk di dapatkan, sehingga banyak konsumen yang mempercayakan pada mesin diesel penggerak ini sebagai pilihan untuk membantu pekerjaan yang di lakukannya.

Mesin diesel dongfeng ini di buat oleh suatu perusahaan berasal dari RRT dan telah di pasarkan ke berbagai negara di dunia ini dan langsung mendapatkan respon yang baik dari konsumen karena kualitas yang bagus dari produk ini.mesin diesel ini adalah generasi baru setelah mesin diesel dongfeng type R 175 yang mempunyai bentuk hampir sama besar namun beda dalam kekuatan tenaga yang di hasilkan.

Untuk mesin diesel dongfeng type R 175 mempunyai kekuatan hingga 7 Hp sedangkan untuk type R180 mempunyai kekuatan hingga 8 Hp, sehingga untuk mesin diesel type R180 mempunyai kekuatan lebih besar 1 Hp dari type sebelumnya yaitu R 175.yang membedakannya ialah untuk ukuran type R180 kelihatan lebih pendek dan agak lebih besar bodynya serta lubang engkolnya lebih agak ke atas. Mesin diesel dongfeng R180 ini kebanyakan di pakai oleh konsumen untuk di jadikan mesin penggerak yang di aplikasikan untuk beberapa jenis pekerjaan di bawah ini :

Kelebihan Mesin Diesel Donfeng R180

Kelebihan Mesin Diesel Donfeng R180

Kelebihan Mesin Diesel Donfeng R180

  • Sebagai penggerak mesin molen aduk semen yang di gunakan pada proyek pembangunan, dan biasanya mesin diesel ini di pilih karena harganya yang terjangkau serta mudah dalam perawatannya.
  • sebagai penggerak mesin traktor sawah, terutama di pakai pada lahan yang tidak rata atau berundak-undak serta tidak terlalu dalam.
  • Sebagai penggerak mesin giling beras tepung
  • Sebagai penggerak mesin rontok padi di sawah, type mesin ini di pilih karena mempunyai ukuran yang kecil namun memiliki kekuatan yang besar sehingga untuk proses membawa mesin ini ke lokasi tidak terlalu berat
  • Sebagai penggerak mesin pompa air centrifugal
  • sebagai penggerak mesin generator listrik serta masih banyak lagi contoh alat yang bisa di couple dengan menggunakan mesin diesel dongfeng R180 ini.

Salah satu keunggulan yang banyak di rasakan oleh pengguna mesin ini ialah suara mesin yang tidak terlalu bising dan harga suku cadang yang terbilang murah dan terjangkau. berikut ini beberapa tahapan yang perlu di lakukan sebelum menghidupkan mesin agar terhindar dari kerusakan yang fatal pada mesin diesel dongfeng ini :

Review Mesin Diesel Dongfeng R180

Mesin Diesel Dongfeng R180

Mesin Diesel Dongfeng R180

  1. Cek terlebih dahulu oli mesin diesel dan apabila sudah mencapai waktu 50 jam kerja maka oli mesin diesel harus segera di ganti dengan yang baru. untuk oli mesin diesel dongfeng menggunakan oli SAE B 40. dan untuk ukuranya yaitu 2 liter untuk mesin diesel dongfeng R180.
  2. Periksa terlebih dahulu isi air radiator bila kurang dari level yang di anjurkan maka segera di tambah lagi air radiatornya, untuk di perhatikan apabila akan mengisi air radiator pastikan mesin dalam kondisi dingin atau sebelum di hidupkan karena akan sangat berbahaya apabila membuka tutup radiator dalam keadaan mesin panas dan baru saja di hidupkan.
  3. Periksa bahan bakar mesin, pastikan solar dalam keadaan penuh agar pasokan bahan bakar tidak tersendat ke ruang bakar mesin diesel, apabila terjadi kekurangan bahan bakar maka setelah di isi kembali pastika baud selang Hpp yang menuju bospom di buka terlebih dahulu untuk mengeluarkan gelembung udara di dalam selang solar tersebut.
  4. Cek terlebih dahulu kondisi baud mesin serta perlengkapan lainnya seperti fanbel, baud pully serta yang lainnya.
  5. Periksa kondisi filter udara pada mesin diesel.
  6. Jangan menggunakan mesin di dalam ruangan yang tidak ada ventilasi udaranya,
  7.  jaga keselamatan dan keamanan dalam bekerja, usahakan untuk selalu konsentrasi ketika sedang melakukan proses menghidupkan mesin diesel agar terhindar dari kecelakaan kerja.
  8. Usahakan ketika sedang melakukan proses pemindahan mesin ke tempat lain jangan sampai terbalik, ataupun miring karena akan membuat oli masuk ke ruang bakar dan mengakibatkan mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.
  9. jangan menggunakan mesin diesel melebihi dari kapasitas kekuatan maksimal mesin tersebut.
  10. Apabila ada masalah pada mesin diesel agar secepatnya di tangani atau di perbaiki agar tidak semakin parah dan mengganggu performa mesin diesel dongfeng tersebut.

Apabila mendapati masalah mesin diesel tiba-tiba mati ketika sedang di hidupkan maka yang pertama di cek yaitu bahan bakar terlebih dahulu kemudian oli, serta ukuran tekanan nozle dan bospomnya, yang sering terjadi nozle tersebut macet terkena kotoran atau karena panas sehingga proses pengabutan ke ruang bakar tidak maksimal ini di karenakan bahan bakar biasanya tercampur kotoran sehingga menyumbat pada lubang nozle tersebut.

Cara Memperbaiki Diesel Berasap PutihMengatasi Performa Mesin Diesel Yang Menurun
Memperbaiki Mesin Diesel Susah HidupMengatasi Mesin Diesel Boros Bahan Bakar

Dan tidak kalah penting yang selalu harus di perhatikan ketika kita melakukan proses menghidupkan mesin diesel dongfeng ini harus menggunakan tenaga yang besar dan cepat karena apabila ketika kita mengengkol mesin diesel ini dengan kecepatan yang lambat maka akan bisa terjadi mesin hidup dalam keadaan kurang putaran, sehingga mesin hidup namun arah putarannya terbalik. apabila hal ini sampai terjadi maka secepatnya mesin di matikan dengan mengurangi handle gas ke titik rendah serta menahan cuk  untuk membocorkan kompresi.

Selamat mencoba dan sampai bertemu pada artikel saya yang selanjutnya, semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk semua dan menjadi ladang ilmu yang berguna, sekian dan terima kasih.