Cara Memperbaiki Mesin Honda G-200 Termudah

Advertisement

Memperbaiki Mesin Honda G-200 – Untuk memperbaiki mesin Honda G-200 perlu di butuhkan ketelitian dan juga kesabaran, karena untuk jenis mesin type ini memiliki komponen-komponen yang letak serta penempatanya sedikit berbeda dari type mesin Honda seri terbaru GX. pada mesin Honda G-200 letak posisi pistonnya vertical,serta untuk sistem pengapianya masih menggunakan platyna dan koil. Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu di lakukan apabila akan memperbaiki mesin Honda G-200 yang susah di hidupkan :

Cara Memperbaiki Mesin Honda G-200

Cara Memperbaiki Mesin Honda G-200 Termudah

Cara Memperbaiki Mesin Honda G-200 Termudah

1. Periksa kondisi bensin pada tangki, apakah masih bagus atau tidak terkontimasi zat lain.

2. Kemudian cek aliran bensin ke karburator, karena sering terjadi adanya penyumbatan pada kran tangki bensin sehingga bensin tersumbat dan tidak dapat mengalir dengan lancar.

3. Bersihkan tiap bagian/ komponen yang terdapat pada karburator

4. Periksa sistem pengapian dengan mengecek kondisi busi/spark plug apakah kondisi elektrodanya masih bagus apa sudah mati,kemudian cek api yang keluar dari busi dengan cara memutar fly wheel melalui requil starter kemudian bisi di tempelkan pada bodi mesin lalu lihat warna api yang keluar dari elektroda busi,bila api berwarna biru maka kondisi busi masih bagus.

5. Selain mengecek kondisi Busi, tidak kalah pentingnya kita juga harus memeriksa salah satu bagian sistem pengapian yaitu platina. komponen ini terdapat pada bagian di belakang fly wheel/ roda magnet. caranya buka baud van cover kemudian lepas mur fly wheel menggunakan kunci yang bagus,apabila sudah terlepas kemudian buka baud penutup platina, lalu putar crank shaft sampai pada posisi top sehingga pinggulan pada crank shaft tepat berada pada posisi kaki platina, lalu lihat jarak kerenggangan dari elektroda pada platina tersebut. bila posisi elektroda platina terlalu renggang ataupun terlalu sempit ini juga akan mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan.

6. Periksa kondisi klep/valve,sebab bila terjadi kebocoran maka akan terjadi lemahnya sistem kompresi yang mengakibatkan mesin akan susah di hidupkan.

Baca Juga : Cara Penyetelan Sistem Governor Honda Gx-160

Bila kita menemukan masalah ketika kita menghidupkan mesin honda g-200, baru beberapa saat akan terdengar suara letupan dari knalpot dan mesin suaranya tidak setabil maka kemungkinan yang rusak yaitu sistem pengapian dari mesin tersebut, bisa platina atau koilnya yang sudah lemah.bila saat pengecekan pengapian tidak keluar coba periksa juga apakah kabel pada masa dan kondensor koil menempel pada block mesin,sebab bila hal ini terjadi maka pengapian akan konslet dan tidak mengeluarkan api. ketika kita memeriksa sistem kompresi dengan cara memutar fly wheel,apabila kurang sempurna maka lakukanlah penyekiran pada klep dan setel kembali posisi klep.bila sistem kompresi telah normal maka akan menambah bagus performa mesin saat di hidupkan. Selamat mencoba dan terima kasih untuk atensinya gan..

Advertisement