Memperbaiki Mesin Genset Arus Listrik Tidak Keluar

Advertisement

Memperbaiki mesin Genset arus listrik tidak keluar harus melalui beberapa tahapan yang di lakukan agar kita bisa mengetahui dan mengatasi masalah yang ada pada mesin genset tersebut.langkah pertama yaitu menganalisa masalah kemudian cari tahu penyebab dari masalah dan yang selanjutnya yaitu memperbaiki masalah tersebut. oleh karena itu kita harus mengerti lebih dahulu bagaimana sistem mesin ini bekerja, sehingga dalam proses memperbaikinya jadi lebih mudah, serta tepat dalam menemukan sumber masalah dari mesin genset tersebut.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin meningkat, penggunaan mesin genset oleh masyarakat semakin banyak bahkan telah menjadi kebutuhan pokok yang wajib di miliki oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang dalam pekerjaanya sangat membutuhkan bantuan mesin genset.untuk itu dalam hal merawat dan memperbaiki mesin genset ini harus dilakukan secara berkala agar tidak timbul masalah yang cukup serius.

Masalah yang sering terjadi pada mesin genset ialah hilangnya arus listrik yang di hasilkan oleh generator tersebut,hal ini terjadi apabila dalam pemakaianya terlalu berlebihan ( over load ). oleh sebab itu sebelum kita menggunakan mesin genset tersebut ada baiknya mengetahui terlebih dahulu berapa kekuatan yang di hasilkan oleh mesin genset milik kita sehingga dalam pemakaianya tidak melebihi kekuatan standar mesin genset tersebut.

Pada mesin Genset memiliki dua jenis yaitu genset industri dan genset untuk rumah atau kecil, dan untuk bahan bakarnya ada yang memakai solar dan ada yang menggunakan bensin. biasanya yang pakai bahan bakar solar ialah generator industri. agar mesin genset selalu terjaga performanya dan tidak mengalami masalah yang dapat menggangu pekerjaan kita, maka mesin genset harus di lakukan perawatan secara berkala, untuk itu pada kesempatan ini saya ingin memberikan tips perawatan khususnya pada mesin genset industri atau lebih dari satu silinder dan menggunakan bahan bakar solar, Berikut ini beberapa langkah pengecekan yang perlu di perhatikan agar mesin genset awet dan memiliki umur yang lebih panjang :

Cara Memperbaiki Mesin Genset Arus Listrik Tidak Keluar

Cara Memperbaiki Mesin Genset Arus Listrik Tidak Keluar

 

  • Pengecekan setiap hari
  • Periksa kondisi bahan bakar solar, dan usahakan tanki bahan bakar selalu terisi penuh.
  • Cek kondisi oli apabila sudah berkurang atau jelek, lekas lakukan penggantian
  • Cek air accu,
  • Cek air radiator dalam mesin
  • dan juga cek semua alat pengukur pada generator masih berfungsi apa tidak

Pengecekan untuk setiap 50 jam kerja

  • Periksa kondisi filter solar
  • filter oli harus di ganti karena telah mencapai 50 jam pemakaian
  • cek kondisi fan belt
  • cek selang radiator
  • cek sistem governor atau rpm mesin generator tersebut

Pemeriksaan untuk setiap 200 jam kerja

  • Cek dan kuras tanki solar bila terdapat banyak kotoran
  • lakukan penggantian filter solar
  • lakukan penggantian filter oli
  • bersihkan filter udara dari debu dan kotoran
  • cek kondisi fan belt
  • cek sistem governor pada mesin generator

Pemeriksaan untuk setiap 400 jam kerja

  • Cek dan ganti filter udara
  • Cek semua alat pengukur serta fungsi alarmnya

Pemeriksaan untuk setiap 1000 jam kerja

  • Lakukan penggantian air radiator
  • kemudian bersihkan radiator mesin
  • Cek dan setel ulang ukuran kerenggangan katup klep
  • Cek serta bersihkan injector nozzle

Pemeriksaan untuk setiap 2000 jam kerja

  • Cek kondisi selang bahan bakar dan lakukan penggantian dengan yang baru
  • Cek dan ganti selang air pendingin
  • Cek dan setel sistem governor
  • Cek kondisi baud mesin, bila di perlukan ganti dengan yang baru
  • Cek serta kalibrasi fuel injection pump

Bila prosedur perawatan tersebut di jalankan dengan baik dan benar maka saya yakin mesin genset akan terjaga kondisi dan performanya. apabila mesin genset mengalami masalah pada arus listrik yang tidak keluar maka ada beberapa penyebabnya yang harus kita perbaiki, berikut ini cara pengecekan dan perbaikan pada mesin genset yang arus listriknya tidak keluar :

Cara Pengecekan dan Perbaikan Mesin Genset

Cara Pengecekan dan Perbaikan Mesin Genset

  1. Cek kondisi kabel penghubung arus listrik, yang dari mesin genset menuju jaringan rumah.
  2. Cek kondisi steker serta kabel penghubung dari generator ke terminal jek pada genset tersebut.
  3. Periksa kondisi carbon brushdengan cara melepasnya dari dudukan kemudian ukur panjang carbon brush sesuai standar ukuranya, kemudian ukur menggunakan tester kondisi penghubung MIN serta PLUS nya masih terhubung apa tidak.
  4. Periksa kondisi serta ukuran tahanan AVR nya, yang sering apabila AVR tersebut rusak ,secara fisik akan terlihat kondisinya retak atau terbakar di sebabkan panas yang tinggi.
  5. Namun apabila mesin genset tersebut tidak menggunakan AVR berarti mesin tersebut menggunakan jenis Kapasitor, cara pengecekanya ukur ketahanan dari kapasitor tersebut dan ukur pula kondisi Dioda pada dinamo rotornya.
  6. Cek kondisi lilitan dinamo, serta ukur posisi tahanan dari kabel pada stator serta rotornya.

Ada beberapa kasus yang pernah saya alami ketika menangani masalah pada mesin generator yang tidak keluar arus listriknya yaitu ketika semua komponen yang menghubungkan untuk terjadinya arus listrik tersebut saya cek dan di ukur semua,ternyata masih bagus dan tak ada masalah, kemudian kita coba untuk memasang kembali komponen-komponen tersebut, lalu kita coba kembali untuk menghidupkan mesin generator seperti biasanya.

Setelah genset tersebut kita hidupkan lalu kita periksa out put tegangan daya listriknya ternyata belum bisa mengeluarkan arus listrik dari genset tersebut, setelah kita pelajari ternyata apabila mesin generator ini bila lama tidak di hidupkan maka kemungkinan medan magnet yang terdapat pada rotor dinamo setrum tersebut tidak keluar sehingga arus yang di hasilkan dari medan magnet yang untuk menggerakkan gulungan star tersebut tidak berfungsi. apabila masalah ini kita temukan, maka langkah yang harus kita lakukan yaitu menggunakan pemancingan magnet rotor dengan menggunakan arus DC atau aki, metode ini terbilang ampuh untuk memancing supaya medan magnet ada kembali sehingga bisa mendorong hadirnya arus listrik pada genset tersebut.

Memperbaiki Mesin Genset Arus Listrik Tidak Keluar

Untuk melakukan langkah ini sangatlah mudah dan sederhana, karena cukup kita siapkan kabel min dan kabel plus satu-satu, panjangnya kabel cukup sesuaikan jarak dari carbon brush ke tempat aki genset, caranya satu kabel plus kita gandeng di posisi plus pada carbon brush, kemudian kabel min juga kita gandeng juga bersama cop AVR ke arah carbon brush min/ negatif, setelah itu mesin genset di hidupkan lalu kabel yang keluar dari carbon brush plus kita tempelin ke ujung aki yang bagian plus juga, begitu juga dengan kabel yang keluar dari posisi min/ negatif pada AVR genset kita tempelin ke bagian aki/accu ke ujung min/ negatif juga secara bersamaan.

Namun perlu di ketahui juga bahwa pada saat menghubungkan kedua kabel dari posisi plus dan negatif tersebut dengan aki itu tidak boleh di tempelin terlalu lama, namun cukup di tempelin sebentar-sebentar aja, karena itu hanya sebagai alat pemancin aja agar posisi rotor dinamo kembali terisi medan magnet.setelah beberapa saat terjadi pemancingan coba lihat pada posisi ampere meter pada mesin genset menunjukan adanya arus listrik atau tidak, apabila telah selesai dan arus listrik berhasil normal kembali maka mesin matikan terlebih dahulu sebelum kita melepas dan merapikaan kembali kabel tersebut, bila sudah rapi maka coba hidupkan sekali lagi, lalu coba periksa kondisi arus listrik pada mesin genset tersebut.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk kita semua serta sampai jumpa lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Memperbaiki Mesin Genset Arus Listrik Tidak Keluar.

Advertisement