15 Cara Membongkar Mesin Honda Gx-160

Cara Membongkar Mesin Honda Gx-160 merupakan salah satu hal penting yang harus di ketahui oleh para mekanik maupun konsumen yang menyukai bidang mesin engine.menurut banyak orang kalau bongkar mesin itu lebih mudah ketimbang pasang mesinnya. padahal itu salah satu pendapat yang keliru menurut saya, karena bagi saya yang mudah itu ialah posisi pasang mesin sebab kita bisa pasang berarti kita harus bisa bongkar. mengapa posisi bongkar mesin lebih sulit ketimbang memasangnya, karena pada saat bongkar kita harus lebih fokus dan teliti mempelajari komponen-komponen yang ada pada mesin tersebut, sehingga nanti pas posisi pasang mesin kita tidak di buat repot karena lupa letak masing-masing komponen mesin tersebut.

Untuk pekerjaan apapun yang kita minati lebih khususnya ialah bidang teknik mekanik kita harus dituntut untuk berani mencoba hal-hal baru serta tekun dalam mempelajari berbagai jenis mesin agar ilmu yang kita dapat selalu bertambah setiap harinya. untuk memberikan pelayanan dan hasil yang terbaik dari pekerjaan yang kita tekuni ini maka jangan pernah kita berhenti untuk selalu belajar dan mencari pengalaman yang banyak.agar kita bisa memberikan hasil terbaik sehingga pelanggan merasa puas.

Cara Membongkar Mesin Honda Gx-160

Cara Membongkar Mesin Honda Gx-160

Cara Membongkar Mesin Honda Gx-160

Langkah-langkah yang perlu kita lakukan dan di perhatikan dalam kita Membongkar Mesin Honda Gx-160 ialah sebagai berikut :

  1. pastikan terlebih dahulu semua peralatan tools maupun tempat sudah dalam kondisi siap tersedia.
  2. jangan lupa untuk memperhatikan keamanan kita pada saat pembongkaran oleh sebab itu persiapkan terlebih dahulu alat saftey untuk melindungi kita dari bahaya pekerjaan, oleh sebab itu ada istilah bila tak aman tidak usah kerja. hal ini bermaksud agar kita selalu mempersiapkan diri dan berhati-hati agar tidak terjadi masalah dalam kecelakaan pekerjaan.
  3. siapkan penampan lalu kuras oli mesin sampai bersih, kemudian simpan pada tempat yang aman.
  4. Buka terlebih dahulu bagian samping mesin, seperti fly wheel ( roda magnet ), van cover terlebih dahulu
  5. lepas busi kemudian ukur tahanan apinya, lalu lepas CDI di bagian depan fly wheel
  6. lepas tutup bonet mesin memakai kunci ring 10 mm
  7. lalu lepas baud rocker arm memakai kunci pas 14 mm dan ring 10 mm
  8. lepas baud silinder head dengan menggunakan kunci sox 12 mm, usahakan jangan merusak baud tersebut.
  9. kemudian lepas valve/ klep dari rumah klep, apabila posisi klep kedapatan bocor kompresinya maka perlu di lakukan penyekiran dengan amril agar kompresi tidak bocor lagi.
  10. lalu lepas baud deck samping, kemudian congkel keluar atau ketrok deck samping menggunakan palu karet agar bisa lepas dari block mesin tersebut.
  11. setelah itu lepas nocken ash dan buka juga tapet yang ada di dalem samping nocken ash
  12. kemudian lepas baud conroad/ stang piston serta lepas pasangan sebelah stang pistonya
  13. setelah itu dorong stang piston ke atas untuk mengeluarkan stang piston beserta piston dengan benda yang tidak terlalu keras, lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen dari stang piston dan piston ringnya.
  14. buka tank bensin dan lepas baud governor mesin, serta lepas pen beserta governor yang ada di block mesin dengan hati-hati
  15. usahakan komponen-komponen yang kita bongkar harus di simpan dengan letak/ posisi yang benar dan aman

Untuk proses pemasanganya sama seperti proses pembongkaran cuman untuk pemasngan di lakukan dengan urutan yang terbalik dari proses pembongkaranya.lakukan dengan teliti,fokus serta berhati-hati maka pekerjaan akan bisa di kerjakan dengan mudah dan benar.sehingga nantinya tidak ada lagi ketika kita selesai pemasangan komponen mesin tersebut ternyata masih ada baud-baud yang tertinggal tidak terpasang.(Baca:Honda Gx-160 Suara Tidak Stabil)

Tidak ada hal yang susah selama kita mau belajar dan senang dalam menjalani pekerjaan yang kita lakukan tersebut,begitu juga untuk bongkar pasang mesin honda Gx ini tidak ada yang sulit selama kita mau mempelajri dan tidak takut salah dalam melakukan pekerjaan teknik ini.untuk itu usahakan agar kita bisa tau masing-masing fungsi dari komponen-komponen mesin yang kita bongkar tersebut.

Selamat mencoba dan selalu fokus dalam pekerjaan yang kita lakukan, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, namun apabila masih ada kekurangan di dalam penulisan ini saya sampaikan permintaan maaf dan sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara Membongkar Mesin Honda Gx-160.