10 Cara Memperbaiki Honda Gx-160 Suara Tidak Stabil

Memperbaiki Honda Gx-160 suara tidak setabil sebenarnya suatu pekerjaan yang terbilang mudah, namun kebanyakan dari kita menganggap itu suatu masalah yang sangat berat.ada beberapa yang sering di keluhkan oleh pengguna mesin yang mendapati mesin Honda Gx-160 bersuara ngayun/ tidak langsam pada posisi idle speed sedangkan ada pula yang bermasalah ketika posisi mesin dalam keadaan full gas dan dalam kondisi di pakai beban akan terdengar suara yang tidak setabil kemudian mesin berkurang tenaganya.

Ada beberapa tahapan yang perlu di lakukan untuk memperbaiki masalah Honda Gx-160 suara tidak stabil ini, dan juga di perlukan kesabaran serta ketenangan agar fokus tidak terganggu. tidak ada salahnya bila anda mencoba memperbaiki sendiri di rumah sebelum anda membawanya ke bengkel resmi, namun yang perlu di ingat bahwa sebelum anda coba memperbaiki sendiri perhatikan dulu letek komponen serta bagian mana yang perlu untuk di bongkar agar dalam proses pemasangan kembali tidak mengalami masalah yang berarti. Berikut ini beberapa langkah yang harus di lakukan dalam mengatasi masalah Mesin Honda Gx-160 suara tidak stabil :

Cara Memperbaiki Honda Gx-160 Suara Tidak Stabil

10 Cara Memperbaiki Honda Gx-160 Suara Tidak Stabil

10 Cara Memperbaiki Honda Gx-160 Suara Tidak Stabil

  1. Periksa tekanan bensin dari tank bensin dan pastikan tidak ada sumbatan yang menggangu laju bensin ke karburator, bila perlu bersihkan filter bensin yang ada di tank bensin agar suplai bensin tidak tersendat.
  2. Periksa kondisi filter udara, sebab bila filter udara pori-porinya tertutup kotoran dan debu maka akan mengakibatkan suara mesin tidak stabil. coba anda bersihkan busa filter udara menggunakan bensin kemudian peras hingga kering, bila kondisinya tidak memungkinkan lebih baik ganti filter udara dengan yang baru.
  3. Cek posisi kawat gas dan coba pindahkan letak lubang kawat gas dari lubang pertama ganti ke lubang yang no dua untuk memperoleh kelenturan fungsi dari kawat gas tersebut.
  4. Cek setelan Governornya
  5. Cek setelan klep (Baca:Cara Menyetel Klep Mesin Honda Gx-160)
  6. Buka dan bersihkan karburator menggunakan karbu cleaner agar kotoran yang menempel pada lubang-lubang serta pada komponen karburator bersih dari sumbatan. terutama untuk bagian pilot jet,main jet dan nozle itu harus benar-benar bersih karena sebagai alat yang mengatur dan menyuplai bensin ke ruang bakar.
  7. Periksa kondisi packing karburator, bila telah rusak harus ganti yang baru karena ini juga sering kali menjadi penyebab mesin suaranya tidak stabil.
  8. Lihat kondisi insulator, bila usia mesin sudah lama biasanya terjadi kerusakan bila di mungkinkan ganti dengan yang baru.
  9. Cek kondisi oli mesin, apalagi bila mesin yang menggunakan switch kontrol oli karena bila oli telah jelek ataupun berkurang maka akan menimbulkan suara yang tidak stabil disebabkan oleh sistem kerja switch oli itu sendiri.
  10. yang tidak kalah pentingnya cek bagian sistem pengapian, periksa kondisi elektroda pada busi dan cek ukuran standar tahanan dari CDI untuk mengetahui kondisinya.

Bila beberapa langkah diatas telah di lakukan maka coba hidupkan mesin sesuai standar pemakaian lalu pastikan kondisi suara pada mesin tersebut apakah telah teratasi atau masih sama seperti semula. namun bila langkah di atas di lakukan dengan benar pasti masalah pada mesin anda akan teratasi dengan baik. biasanya yang sering mengalami masalah suara tidak stabil yaitu mesin engine yang pemakianya selalu menggunakan posisi idle speed/ langsam untuk menggerakan sesuatu, atau mesin yang di pakai di dalam ruangan yang berdebu serta mempunyai fentilasi udara yang kurang, sehingga karburator akan mudah kotor dan tersumbat.(Baca:Cara pemasangan piston mesin Honda Gx-160)

untuk itu dalam kita menjalankan mesin diesel engine ini harus sesuai petunjuk pemakain yang benar serta jangan lupa untuk melakukan perawatan yang berkala agar mesin selalu dalam kondisi prima, sehingga tidak menggangu aktifitas pekerjaan anda serta jangan merasa panik bila mesin anda mengalami masalah, karena setiap masalah pasti ada solusi yang bisa kita temukan.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa tidak ada masalah yang tidak terselesaikan selama kita mau belajar dan berusaha, sampai disini dulu artikel ini saya tulis semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama sebagai pedoman dalam Memperbaiki Honda Gx-160 Suara Tidak Stabil.