Fungsi Karburator Mesin Diesel Engine

Advertisement

Fungsi Karburator Mesin Diesel Engine – Untuk mesin diesel berbahan bakar bensin , karburator merupakan salah satu komponen yang sangat penting agar mesin engine tersebut mudah untuk di hidupkan dan memiliki performa yang bagus.karena apabila pada karburator tersebut mengalami masalah maka akan berakibat mesin engine tersebut akan susah untuk di hidupkan serta mengakibatkan performa mesin engine menjadi lemah. oleh karena itu pengecekan serta perawatan pada karburator mesin engine harus senantiasa di lakukan secara berkala.

Karburator itu sendiri memiliki beberapa komponen yang masing-masing memiliki fungsi kerja sendiri-sendiri, untuk bagian luarnya yaitu terdiri dari pilot jet, pilot screw, setelan udara, katup akselerasi, mangkuk bensin dan untuk bagian dalamnya  ada nozle, main nozle, jarum karbu serta pelampung, agar karburator awet dan tidak ada masalah maka untuk pengisian bahan bakar bensin di usahakan jangan tercampur dengan air ataupun kotoran karena hal ini bisa menimbulkan masalah yang menyebabkan mesin engine tersebut tidak normal ketika sedang di hidupkan karena proses suplai bahan bakarnya jadi terganggu.

karburator merupakan salah satu komponen penting yang ada pada mesin diesel engine sehingga apabila karburator mesin tersebut mengalami masalah maka akan mengakibatkan mesin tersebut kehilangan performanya, berikut ini beberapa masalah pada mesin diesel engine yang sering terjadi di karenakan karburator tidak berfungsi dengan baik :

Beberapa Masalah Mesin Diesel Engine

Beberapa Masalah Mesin Diesel Engine

Beberapa Masalah Mesin Diesel Engine

  • Mesin tidak stabil atau saat di nyalakan mesin tersendat-sendat.

apabila mesin mengalami masalah tersebut yang perlu di periksa terlebih dahulu yaitu main jet dan pilot jet apakah lubang saluran bensin tersumbat kotoran apa tidak, dan pastikan posisi pemasanganya harus benar. sebaiknya bersihkan pakai carbu cleaner atau semprot dengan angin kompresor. apabila pilot jet dan main jet ini tersumbat kotoran juga akan mengakibatkan mesin tidak bisa langsam atau idle speed ketika di hidupkan.

  • Pada saat di hidupkan dari knalpot mengeluarkan suara nembak-nembak.

periksa dan setel ulang sekrup ukuran angin pada karburator dengan menggunakan obeng ( – ) dengan cara putar sekrup ke kanan sampai mentok kemudian putar balik ke kiri sampai 360 derajat dengan ukuran antara 2- 3 putaran atau sampai pada titik temu putaran mesin yang setabil. kemudian periksa juga oring karet pada pilot jet masih bagus atau sudah tidak ada, serta periksa lubang pilot jet pastikan tidak tersumbat kotoran pada lubangnya.

  • Putaran mesin turun terlalu lama atau suara mesin ngerung.
Fungsi Karburator Mesin Diesel Engine

Fungsi Karburator Mesin Diesel Engine

apabila mesin sudah dinyalakan namun ketika posisi handle gas di tarik full namun mesin tersebut Rpm nya tetap tidak mau naik dan cenderung tidak bertenaga, maka yang perlu di periksa ialah coba cek posisi baud karburatornya kemungkinan masih kendor, lalu cek kondisi packing karburatornya, cek dan bersihkan juga pada bagian main jet dan pilot jet serta periksa bensin atau bahan bakar pastikan tidak tercampur dengan air.

Apabila kita akan menyetel posisi langsam atau idle speed pada mesin engine yaitu dengan memutar baut setelan Rpm ke arah kiri sampai menemukan ukuran langsam yang di inginkan, sedangkan untuk ukuran setandarnya ialah 1200 – 1300 Rpm, dan cara mengukurnya dengan menggunakan alat yang disebut Tachometer.

Fungsi dari karburator ialah menyuplai campuran udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran serta menciptakan campuran bahan bakar yang tepat dan mengendalikan banyaknya campuran melalui main jet, pilot jet, dan pilot screw. karburator ketika menyuplai bahan bakar ke rung bakar yaitu melalui intake manifold. karburator mampu menyuplai bahan bakar sesuai dengan putaran mesin baik itu pada posisi idle, rendah , sedang , tinggi maupun pada posisi akselerasi.

Prinsip kerja dari karburator ialah pada saat langkah hisap maka piston akan bergerak dari TMA ke posisi TMB , nah pada saat itu aliran udara yang melawati venturi akan menjadi cepat, semakin cepatnya udara yang melewati venturi maka tekanan udara dalam venturi akan turun atau mengalami kevakuman , pada saat terjadi kevakuman maka bahan bakar akan terhisap ke ruang venturi melalui nozle dengan demikian bahan bakar dan udara akan bercampur di dalam ruang venturi.

Yang sering di alami oleh para pemilik mesin engine ialah pada bagian karburator tidak bisa menampung pasokan bensin sehingga bensin akan keluar ke luar bagian karburator sehingga menyebabkan mesin susah di hidupkan dan bahan bakar menjadi lebih boros, kebanyakan orang menyebutnya karburator banjir, hal ini di sebabkan karena pelampung dan jarum karburator tidak berfungsi normal, biasanya jarum karburator tersumbat kotoran atau kondisinya sudah aus sehingga bahan bakar terus mengalir ke mangkuk karburator. cara mengatasinya yaitu dengan melepas jarum karburator dari rumah karburator kemudian bersihkan lubang jarum karburator dari kotoran yang mengganjal lalu bersihkan jarum karburator setelah itu pasang kembali jarum dan pelampung karburatornya seperti pada posisi awal yang benar.

Karburator pada mesin engine memiliki dua type yaitu :

Karburator pada mesin engine memiliki dua type

Karburator pada mesin engine memiliki dua type

  • Type samping atau tipe katup kupu-kupu apung.

Untuk karburator tipe ini banyak di gunakan pada mesin engine yang saat ini beredar di pasaran sebagai contoh pada mesin honda di gunakan untuk tipe mesin GX- 160, GX-120, GX- 200, GX 270 dan GX 390.

  • Tipe Diafragma

Karburator jenis ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan mempunyai kelebihan bisa di pakai pada mesin yang bila di hidupkan kadang terbalik atau miring posisi mesinnya, karburator tipe ini telah di gunakan untuk menjamin kemampuan mesin dalam pengoperasiaan yang condong hingga 360 derajat. karburator type diafragma kebanyakan di pakai  untuk mesin potong rumput dan mesin chainsaw atau gergaji kayu.

Agar mesin engine yang kita miliki selalu terjaga performanya maka salah satu faktor yang harus di jaga dan di rawat ialah kartburator, dengan cara selalu lakukan pemeriksaan secara berkala, usahakan jangan sampai kemasukan air dan kotoran, apabila mesin engine sudah selesai di gunakan sebaiknya kran bensin di karburator di tutup agar kotoran tidak masuk ke karburator yang akan menyebabkan jarum dan pelampung karburator tidak berfungsi.

sampai di sini dulu perjumpaan kita, semoga artikel yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan  dan kesalahan dalam penulisannya.

Advertisement