Fungsi Filter Udara Pada Mesin Diesel

Advertisement

Fungsi filter udara pada mesin diesel,- Pada setiap mesin diesel baik itu yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar semua pasti terdapat komponen yang di namakan filter udara atau air cleaner, alat ini terdapat di bagian lubang manifold IN atau pada mesin diesel bensin alat ini terdapat di atas atau depan karburator dan mempunyai bentuk yang berbeda-beda namun mempunyai fungsi yang sama.komponen ini bila di lihat sepertinya sepele dan oleh sebagian pemakai mesin diesel bahkan kadang di abaikan sehingga mesin dieselnya tidak di lengkapai alat filter udara yang lengkap dan bersih.

Karena kecerobohan ini banyak mesin diesel yang masih baru tetapi sudah mengalami beberapa masalah yang sangat serius  yang di karenakan mesin tersebut tidak menggunakan filter udara yang standar sesuai rekomendasi dari pabrik mesin diesel tersebut, oleh karena komponen filter udara sangat penting untuk mesin diesel maka filter udara juga butuh perawatan atau penggantian sesuai jam kerja dari mesin tersebut. Filter udara atau air cleaner pada mesin diesel engine dan solar memiliki beberapa macam jenisnya, di antaranya ialah sebagai berikut :

Beberapa Jenis Filter Udara Pada Mesin Diesel Engine dan Solar

Fungsi Filter Udara Pada Mesin Diesel

Fungsi Filter Udara Pada Mesin Diesel

  • Filter udara Semi kering.

untuk jenis filter udara ini di pakai pada mesin diesel yang di gunakan pada pengoperasian normal atau di gunakan untuk kondisi tempat yang tidak berdebu,dalam kata lain filter udara ini di peruntukan untuk mesin diesel yang di gunakan di dalam ruangan yang bersih semisal untuk di gunakan  pada mesin kompresor dan yang lainnya. filter udara jenis ini menggunakan bahan  elemen poliuretan biasanya di gunakan pada mesin merk honda type GX series.

  • Filter Udara Ganda ( Dual ).

Filter udara jenis ini mempunyai dua buah elemen di dalamnya sehingga untuk masa perawatannya lebih lama di bandingkan tipe semi kering, bahan yang di gunakan pada filter udara jenis ini ialah elemen poliuretan dan elemen kertas dan di rekomendasikan untuk di gunakan pada tempat yang kering dan tidak terlalu berdebu.

  • Filter Udara OIL Bath.

Filter udara jenis ini di  aplikasikan untuk di gunakan pada kondisi yang berdebu, sebagai contoh di gunakan di tanah persawahan dan ladang perkebunan, biasanya di gunakan pada mesin traktor maupun rontok padi, untuk tipe ini bagian mangkuk filter udara dan elemen udaranya harus di isi oli secukupnya agar debu dan kotoran yang terhisap masuk ke filter udara menempel pada oli tersebut. bahan yang di gunakan pada filter udara ini ialah Poliuretan serta di tambahi oli mesin secukupnya.

  • Filter Udara Siklon ( cyclone )

Jenis filter udara ini memiliki masa perawatan yang lebih panjang dan di gunakan pada kondisi yang lebih berdebu, tipe filter udara ini terbuat dari bahan elemen poliuretan, elemen kertas serta sistem siklon pre-chamber.

Filter udara mempunyai fungsi mencegah kerusakan mesin akibat kotoran kecil yang berasal dari lingkungan sekitar, serta membantu mencegah masuknya udara kotor ke ruang bakar. karena apabila udara yang masuk ke ruang bakar itu bersih maka dapat menyebabkan pembakaran yang sempurna serta menambah performa mesin diesel tersebut.

Ada beberapa masalah yang terjadi pada mesin diesel apabila filter udara kurang perawatan atau tidak pernah di ganti :

  • Mesin Diesel berkurang tenaganya.

bila saat mesin diesel di nyalakan dan ketika Rpm di naikkan namun mesin diesel tersebut seperti berat dan kecepatan putarannya menurun serta suara mesin seperti tertahan beban berat, hal ini di sebabkan karena jumlah pasokan udara menuju mesin terhambat oleh endapan kotoran pada permukaan filter sehingga jumlah udara yang masuk ke mesin lebih sedikit mengakibatkan tenaga mesin akan tertahan.

  • Suara Mesin Kasar

yang sering kurang di perhatikan oleh para pemakai mesin diesel ialah ketika filter udara kotor dan rusak namun tetap di paksakan memakainya akibatnya daya saring akan berkurang sehingga debu dan kotoran dapat dengan mudah masuk kedalam mesin, maka hal ini akan mempengaruhi suara mesin yang kurang halus.

  • Bahan bakar lebih boros.

Ketika filter udara bermasalah dan menyebabkan mesin diesel kekurangan tenaganya maka daya kerja mesin lebih berat dengan Rpm mesin yang sama sehingga semprotan bahan bakar ke ruang bakar akan lebih banyak dan sering sehingga bahan bakar akan terasa lebih boros.

  • Mesin Mrebet atau tidak stabil

ketika kotoran dan debu telah memenuhi filter udara maka pori-pori elemen akan menjadi rapat dan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi sedikit, hal ini menyebabkan mesin kekurangan oksigen pada ruang bakar sehingga menjadi berat dan menyebabkan suara mesin tidak stabil serta sebentar-sebentar mesin mati karena kurang tenaga.

Cara perawatan filter udara untuk berbahan dasar poliuretan dan untuk tipe semi kering dan ganda bisa dengan merendam elemen pada bensin kemudian peras hingga kering, maka kotoran yang menempel pada elemen tersebut akan hilang terbawa oleh rendaman bensin, namun apabila sudah di lakukan perawatan tapi ternyata pori-pori filter telah rusak dan tertutup kotoran terlalu tebal maka sebaiknya lakukan penggantian filter udara dengan yang baru. untuk lebih bagusnya pengecekan dan penggantian filter udara tersebut di lakukan setiap 500 jam kerja.

Mungkin sekarang kita jadi lebih tau bahwa betapa pentingnya filter udara untuk mesin diesel yang kita miliki, oleh sebab itu rjin-rajinlah untuk mengecek dan merawat kondisi filter udara agar mesin diesel kita menjadi awet dan performanya terjaga. semoga artikel yang sederhana ini bisa memberikan manfaat dan ilmu bagi kita semua dan mohon maaf bila ada kekurangan dalam hal penulisan.

Advertisement