3 Cara Memperbaiki Diesel Berasap Putih

Cara memperbaiki diesel berasap putih harus di lakukan dengan penuh ketelitian dan harus mengenal dulu karakteristik dari mesin diesel tersebut. sering kali di lapangan banyak kita temukan mesin diesel yang mengalami permasalahan pada proses starter dan ketika mesin hidup asap putihnya tebal dan tak mau hilang, namun ada juga yang mengeluarkan asap hitam terlebih dahulu. bila hal ini terjadi dalam jangka hanya beberapa saat sebenarnya itu tidak menjadi masalah.

untuk mesin diesel khususnya berbahan bakar solar di usahakan jangan sampai kekurangan bahan bakar di dalam tankinya, karena ini akan menimbulkan mesin susah untuk di hidupkan dan apabila filter solar rusak maka kemungkinan kotoran yang ada di tanki bahan bakar akan terbawa ke bagian nozzle sehingga akan menghambat proses pengabutan pada ruang bakar dan akan mengakibatkan mesin diesel susah di hidupkan dan keluar asap hitam. Mesin diesel memang tidak hanya bisa berasap putih, namun juga sering mesin diesel berisi bensin.

Beberapa faktor yang menyebabkan mesin Diesel mengeluarkan asap hitam yaitu apabila dari knalpot mengeluarkan asap hitam tebal secara terus menerus kemungkinan yang terjadi knalpot tersumbat sisa kotoran pembakaran yang di sebabkan pada posisi di hidupkan mesin diesel selalu menggunakan rpm yang rendah, bila ini terjadi maka coba hidupkan mesin dengan rpm tinggi untuk beberapa saat dan bila masalah itu masih belum hilang maka sebaiknya buka knalpot dan bersihkan kotoran yang ada di dalamnya.

Bila plunger pada bospom dan Nozle telah aus oleh karena proses pengabutan yang tidak maksimal dan juga di karenakan kotoran yang terbawa oleh solar yang menempel, maka hal ini juga akan menimbulkan masalah pada mesin diesel susah untuk di hidupkan serta keluarnya asap hitam dari knalpot. solusinya ialah menganti nozle yang rusak kemudian ukur tekanan solar yang keluar pada waktu pengabutan.

mesin diesel mengeluarkan asap hitam secara terus menerus juga bisa di sebabkan oleh bocornya sistem kompresi, dan juga banyaknya kotoran sisa pembakaran yang menempel pada block silinder head serta pada klep/valve, bila hal ini terjadi maka silinder head harus di buka kemudian bersihkan semua kotoran yang menempel serta jangan lupa sekir kembali klep/valve dengan alat agar kompresi kembali besar. untuk proses pemasangan silinder head jangan lupa untuk mengganti Gasket/packing cop dengan yang baru. Untuk mengatasi mesin diesel yang keluar asap putih ada beberapa tahapan yang harus di lakukan, di antaranya yaitu :

Cara Memperbaiki Diesel Berasap Putih

Cara Memperbaiki Diesel Berasap Putih

Cara Memperbaiki Diesel Berasap Putih

  1. periksa Bospom mesin dan ukur tekanan solarnya karena bila per deliveri putus atau telah aus maka akan membuat tekanan yang di hasilkan pada proses pengabutan menurun sehingga akan mengakibatkan keluar asap putih yang terus menerus.
  2. periksa ring piston dan piston diesel apabila rusak atau aus juga akan mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar dan menjadikan asap putih yang keluar dari knalpot berlangsung lama.
  3. Tercampurnya bahan bakar solar dengan benda cair yang bukan solar/ air sehingga akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna, sehingga akan mengeluarkan asap putih.

Demikian tadi beberapa ulasan tentang cara memperbaiki mesin diesel berasap putih, semoga bermanfaat dan berguna untuk referensi anda semua serta mohon maaf bila ada kekurangan.