Cara Servis Mesin Diesel Kubota Yang Benar

Advertisement

Cara servis mesin diesel kubota sebenarnya sama dengan diesel merk lainnya sangat mudah dan tidak rumit, apabila kita telah mengerti sistem kerja dari mesin diesel kubota tersebut.sebelum kita memperbaiki mesin diesel kubota ada baiknya periksa dahulu kondisi mesin tersebut agar bisa mengetahui apa yang bermasalah pada mesin diesel kubota tersebut, supaya nantinya tidak terjadi salah dalam penangananya.

Mesin diesel kubota ialah mesin diesel yang sangat populer yang berasal dari jepang, mesin diesel ini banyak di aplikasikan untuk berbagai jenis pekerjaan, mulai dari bidang pertanian, industri, perkapalan, serta jenis usaha lainnya yang menggunakan jasa dari mesin diesel sebagai alat penggerak. sebagai alat yang setiap harinya di gunakan sudah pasti lama-kelamaan akan ada masalah yang terjadi pada mesin diesel tersebut, namun apabila perawatan yang kita lakukan pada mesin diesel tersebut benar dan berkala, maka mesin diesel kubota tersebut akan berumur lebih panjang serta tidak akan mengalami permasalahan pada mesin yang cukup serius.

Ada beberapa tahapan atau langkah-langkah yang harus kita lakukan di dalam memperbaiki mesin diesel kubota tersebut, berikut ini beberapa langkah serta solusi dalam kita melakukan Cara servis mesin diesel kubota :

Cara Servis Mesin Diesel Kubota

Cara Servis Mesin Diesel Kubota

Cara Servis Mesin Diesel Kubota

1. Periksa terlebih dahulu bahan bakar yang terdapat pada tankki bahan bakar, kemudian cek aliran bahan bakar tersebut ke bospom dan nozzle sebagai alat pemompa bahan bakar ke ruang bakar mesin diesel. apabila dalam suplai bahan bakar ini terjadi kendala maka akan mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan.

2. Periksa kondisi nozzle dan bospom, lakukan pengetesan untuk mengetahui apakah kedua komponen tersebut masih berfungsi dengan baik atau ada masalah pada satu jenis komponen mesin diesel tersebut.

3. Periksa sistem kompresi pada mesin diesel, dengan cara putar poros engkol secara perlahan kemudian lepaskan hendle choke mesin dengan bersamaan di lepaskannya poros engkol, proses ini seperti kita akan menghidupkan mesin, lalu kemudian lihat tekanan yang terjadi pada mesin diesel tersebut apabila putaran mesin seperti ada tekanan ketika di lepaskan handle chokenya berarti sistem kompresi tersebut masih bagus. untuk lebih akuratnya memakai alat ukur tekanan kompresi mesin diesel.

4. Periksa kondisi oli mesin dan sistem pelumasan pada mesin diesel, bersihkan filter oli dari kotoran kemudian ganti oli mesin jika sudah tidak layak untuk di gunakan lagi.

5. Periksa air radiator, karena bila air radiator ini kurang atau habis dapat menimbulkan masalah yaitu mesin diesel akan cepat panas dan bisa menyebabkan mesin macet.

6. Periksa filter udara serta cek knalpot mesin, sebab apabila filter udara maupun knalpot mesin tersumbat oleh kotoran, maka bisa menyebabkan mesin diesel susah di hidupkan dan akan turun performa mesinnya.

7. Buka dan lepaskan silinder head pada mesin diesel, bersihkan kotoran kerak dari pembakaran mesin yang menempel pada permukaan silinder head serta piston mesin,

8. Periksa kondisi klep/ valve mesin diesel, lakukan penyekiran mesin dengan alat agar seting klep kembali rapat maka performa mesin diesel akan bertambah dan proses menghidupkan mesinya pun akan lebih mudah.

9. Jika di mungkinkan Periksa juga kondisi ring pistin serta piston mesin, cek apakah ring masih bagus atau sudah aus dengan cara melihat celah ukuran ring piston ketika di masukkan ke cilinder liner.

10. Periksa pen piston serta stang piston, jika sudah dalam kondisi rusak maka segera lakukan penggantian dengan yang baru.

Setelah semua komponen mesin telah di periksa kondisinya dan kemudian di pasang pada posisi semula lagi, maka langkah selanjutnya lakukan proses menghidupkan mesin agar kita bisa mengetahui hasil dari pekerjaan kita dan untuk mengetahui kondisi mesin setelah di servis. apabila masih ada yang kurang bagus pada salah satu komponen mesin sebaiknya lakukan pemeriksaan dan fokuskan pengerjaannya pada bagian komponen mesin diesel tersebut.

Mesin diesel kubota

Mesin diesel kubota

Ketika kita memperbaiki mesin diesel perlu di perhatikan juga faktor keselamatan dan kenyaman kerja agar dalam pekerjaan tersebut tidak ada masalah yang membahayakan bagi kita serta lingkungan di sekitar kita. gunakan alat yang standar dan lindungi diri kita dengan menggunakan perlengkapan servis sesuai standar keamanan kerja. selain itu juga perlu di perhatikan lingkungan tempat kita kerja, pastikan ada ventilasi udara yang bagus atau kerjakan di ruangan yang terbuka, karena asap dari pembakaran mesin dieselĀ  ialah mengandung gas yang berbahaya serta dapat membahayakan keselamatan jiwa kita.

Cara servis mesin diesel kubota, pada kali ini memberikan tutorial secara global dan untuk spesifikasi penanganan masalah pada mesin diesel tersebut akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya, di sini juga kita bisa share dengan masalah yang kita hadapi pada mesin diesel kubota dan bisa saling bertukar pengalaman tentang Cara servis mesin diesel kobota.

Advertisement