Cara Menyetel Nozzle Diesel Yang Akurat

Advertisement

Cara Menyetel Nozzle Diesel bisa di lakukan dengan cara manual atau ilmu feeling dari tiap-tiap mekanik, biasanya hal ini di lakukan dengan cara nozzle diesel di pasang pada pipa solar dalam kondisi kepala nozzle menghadap ke ruang kosong, kemudian mesin diesel di engkol dengan kecepatan sedang, lalu akan terlihat semburan solar dari lubang nozzle tersebut. untuk nozzle yang bagus yaitu saat memompa solar akan keluar secara halus dan mengembun serta jarak semburan solarnya bisa panjang,untuk masing-masing jenis type mesin diesel mempunyai karakteristik tersendiri untuk masing-masing bentuk nozzle yang di gunakan.

Begini Cara Menyetel Nozzle Diesel

Cara Menyetel Nozzle Diesel

Cara Menyetel Nozzle Diesel

Cara menyetel nozzle diesel yang bagus dan akurat yaitu dengan menggunakan alat ukur test nozzle, maka akan lebih mudah dan lebih akurat ukuran tekanan standar yang benar untuk nozzle diesel tersebut. caranya dengan pasang nozzle yang sudah kita lepas dari mesin diesel kemudian kencangkan selang solar dari alat test nozzle tersebut lalu pompa test nozzle tersebut hingga keluar solar dari lubang nozzle dan kita akan tahu berapa ukuran tekanan nozzle melalui amper meter yang ada pada test nozzle tersebut.

Jika posisi tekanan solar pada ampere meter di alat test nozzle tersebut telah naik ke ukuran standar, namun solar tidak keluar dari lubang nozzle tersebut maka lepas nozzle dari alat ukur kemudian buka nozzle dari tempatnya, lalu coba tarik dan putar ujung ash pada nozzle tersebut, kemungkinan yang terjadi ialah nozzle diesel tersebut macet sehingga tidak sanggup untuk memompa solar keruang bakar dengan bagus, bila hal ini terjadi maka ganti nozzle mesin diesel tersebut dengan yang baru dan sesuai dengan ukuran jenis dari nozzle diesel tersebut.

Untuk mengetahui apakah nozzle pada diesel tersebut masih bagus apa tidak sebenarnya bisa kita analisa melalui suara dari nozzle ketika mesin diesel akan di hidupkan atau di coba engkol mesin tersebut.apabila mesin di engkol pada posisi akan di hidupkan lalu terdengar seperti suara jangkrik ( krek..krek ) secara terus-menerus tanpa putus maka kemungkinan besar nozzle diesel tersebut masih bagus, hal ini lebih di khususkan pada mesin diesel merk dongfeng, sedangkan untuk nozzle mesin diesel kubota tekanan semburanya lebih pendek namun tebal dan suara yang di keluarkan juga lebih kecil dan halus.

Apa Itu Nozzle Diesel ?

Apa Itu Nozzle Diesel

Apa Itu Nozzle Diesel

Nozzle merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi mesin diesel, karena Nozzle berfungsi mengatur tekanan dan menyemburkan bahan bakar solar dari bospom ke ruang bakar mesin. apabila solar yang di semburkan ke ruang bakar tidak bagus atau tidak mengembun maka mesin diesel akan susah untuk di hidupkan sebab solar yang tidak mengembun akan susah terbakar oleh hawa panas dari kompresi mesin diesel tersebut. oleh sebab itu pada nozzle mesin diesel ini bisa di atur tekanan solarnya sesuai standar dari masing-masing mesin diesel tersebut. apabila tekanan nozzle kurang tinggi maka kencangkan baud setelan nozzle tersebut sampai menemukan tekanan solar yang di harapkan, begitu juga untuk sebaliknya ketika tekanan nozzle di rasa terlalu tinggi maka baud setelan nozzle yang ada di belakang di kendorin, namun untuk nozzle diesel kubota dan yanmar untuk mengaturnya memakai ring nozzle yang bisa di atur tebal tipisnya agar tekanan solarnya sesuai standar mesin diesel tersebut.

Untuk ukuran nozzle mesin diesel berbeda-beda sesuai jenis dan type mesin diesel tersebut, untuk ukuran mesin diesel 7 Hp-8.5 Hp, hanya memiliki dua lubang nozzle yang mengeluarkan kabut solar, sedangkan untuk mesin diesel mulai dari 10 Hp, 12 Hp sampai 30 Hp kurang lebihnya, memiliki empat lubang pada nozzlenya untuk menyemburkan bahan bakar tersebut ke ruang bakar sehingga mesin diesel bisa di hidupkan.

Biar Nozzle Diesel Tidak Mudah Rusak, Caranya ?

Biar Nozzle Diesel Tidak Mudah Rusak

Biar Nozzle Diesel Tidak Mudah Rusak

Agar nozzle pada mesin diesel tidak cepat rusak maka salah satunya bersihkan/ ganti filter solar yang ada pada tankki bahan bakar, karena apabila solar yang masuk ke nozzle itu kotor, maka kotoran tersebut yang akan menutup lubang nozzle dan akan menyebabkan nozzle mudah panas sehingga mengakibatkan nozzle mesin diesel tersebut macet dan aus, maka untuk perawatanya selain solar harus bersih, secara berkala nozzle di buka dan di bersihkan menggunakan solar agar kotoran yang menempel di nozzle tersebut hilang.

Apabila nozzle diesel tersebut macet maka ketika mesin diesel hidup akan mengeluarkan asap pembakaran yang tidak normal, biasnya asap yang keluar dari knalpot berwarna putih, kadang juga di sertai warna hitam pekat lalu suara mesin diesel tersebut tidak stabil serta tenaga yang di hasilkan menurun. agar mesin diesel bisa terjaga performanya maka kita harus tahu cara perawatan dari masing-masing komponen serta cara menganalisa kerusakanya, oleh sebab itu kita harus belajar dan berani mencoba mengatasi masalah- masalah yang timbul pada mesin diesel kita agar pekerjaan bisa terselesaikan tanpa ada hambatan yang berarti.

Mengatasi : Mesin Diesel Susah Hidup

Semoga artikel yang sederhana ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk kita semua dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata, dan sampai ketemu lagi pada artikel yang selanjutnya selain dari Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel.

Advertisement