15 Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng Semua Silinder

Cara menyetel klep diesel dongfeng – dalam berbagai kasus baik mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar maupun bensin atau diesel engine, pasti ada salah satu bagian komponen yang sangat penting dan memiliki peran yang sangat besar untuk dapat memberikan performa dan kekuatan, komponen tersebut antara lain adalah klep atau clearance valve. untuk anda yang sudah ada didunia otomotif pasti sudah tidak asing lagi

Namun perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua mesin memiliki klep, hanya ada 4 mesin stroke atau 4 tak langkah yang memiliki komponen klep pada cilinder headnya, untuk mesin 2 stroke atau 2 tak tidak memiliki komponen klep pada cilinder headnya. mengingat fungsi dari klep yang sangat penting ini, maka pada bagian komponen yang satu ini selalu menjadi perhatian secara lebih.

Karena pentingnya klep pada mesin diesel dongfeng perlu mendapatkan perhatian lebih baik itu pada pemeliharannya serta perawatannya dan juga dalam hal pemakaian mesin tidak boleh digunakan jika melebihi kekuatan kapasitas dari mesin itu sendiri, karena dapat mengakibatkan klep akan cepat dan mudah rusak, maka hal yang ditimbulkan adalah tenaga mesin akan menghilang.

Jika salah  satu dari klep tersebut mengalami masalah tentu saja hal ini akan dapat mempengaruhi kinerja mesin diesel, biasanya yang terjadi pada mesin diesel ini adalah penurunan performa, boros bahan bakar, dan suara mesin dongfeng yang berisik dan tidak stabil, dikarenakan sistem kompresi yang terganggu yang di akibatkan dari klep mesin diesel tersebut mengalami masalah, biasnya juga mesin diesel akan sulit untuk di hidupkan.

Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng Semua Silinder

Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng Semua Silinder

Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng Semua Silinder

Klep pada mesin diesel yang terlalu longgar atupun terlalu rapat dapat menyebabkan masalah, jika klep disetel terlalu longgar maka dapat menimbulkan suara seperti adanya getaran yang sangat berisik, sebaliknya jika klep dipasang terlalu rapat atau tertlalu sempit maka dapat menimbulkan salah pengapian ataupun pengapian balik. kesimpulannya adalah anda perlu teknik kusus untuk memasang klep mesin diesel dongfeng agar tidak menimbulkan masalah, berikut langkah-langkah yang dapat anda tiru dirumah saat menyetel klep diesel dongfeng.

Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng

Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng

Cara Menyetel Klep Diesel Dongfeng

  • Pertama-tama yang perlu anda perhatikan adalah persiapan alat lain yang akan digunakan lebih dulu seperti : obeng, kunci, feller gauge, dan peralatan lainnya yang nantinya anda butuhkan dan dapat dipergunakan.
  • Sebelum anda menyetel klep mesin diesel, pastikan terlebih dahulu anda memanaskan mesinnya kurang lebih sekitar 5 menit kemudian cek pada bagian air radiator, oli mesin, dan bahan bakar.
  • Lalu bukalah cover kepala silinder, dilanjutkan dengan memutar poros engkol sampai tanda puli sudah tepat berada di angkan nol tutup rantai timing.
  • Kemudian lakukan pengecekan pada saat katup masuk untuk menentukan top kompresi pada bagian silindernya apakah sudah 1 atau 4. kemudian anda perhatikan silinder mana yang bergerak bersamaan pada saat engkol diputar, terus gerak-gerakan bagian poros engkolnya agar dapat melihat masuk ke silinder 1 atau silinder 4.
  • Perhatikan lagi jika katup sudah masuk ke silinder 4 kemudian tanda puli sudah berada di angka nol, maka top kompresi yaitu silinder 1 dan begitu juga sebaliknya, anda perlu mengecek diagram pada proses kerja silinder agar dapat menentukan klep ataupun katup yang dapat disetel, cara penyetelan mesin diesel dongfeng ini sangat penting terutama untuk dapat melihat penyetelan saat terjadinya top kompresi silinder 1 atau silinder 4.
  • Anda dapat langsung memulai menyetel klep atau katup dengan menggunakan kunci ring untuk dapat mengendorkan mur tersebut.
  • Perhatikan diantara rocker arm dan batang katup, lalu masukanlah feeler gauge, kemudian baut setelan juga perlu untuk dikendorkan ataupun dikencangkan dengan menggunakan obeng.
  • Dilanjutkan dengan mur penahan yang perlu untuk dikencangkan atau jika dirasa feeler gauge yang tadi masih bergesekan, maka anda dapat langsung segera untuk ulangi proses penyetelannya.
  • Jika poros engkol perlu untuk diputar hingga 360 derajat jika penyetelah anda rasa sudah benar dan tepat, kemudian lakukan sekali saja supaya tanda puli dapat tepat di angka nol dengan ditutup rantai timing.
  • Yang terakhir adalah cek kembali dan jika diperlukan setel celah klep atau katup-katup lainnya jika anda merasa ada yang belum disetel.

Setelah semua proses dan langkah-langkah diatas yang sudah kita jelaskan dan anda praktekan sendiri dirumah, hal yang perlu anda perhatikan yaitu untuk mengecek dengan cara menghidupkan mesin diesel dongfeng apakah sudah terdengar suara mulus atau belum, jika sudah semua dilakukan maka tutup kepala silinder jika sudah halus dan komponen yang lainnya. sekian informasi yang dapat kita sampaikan untuk anda yang sedang mencari artikel tentang menyetel klep pada mesin diesel dongfeng. semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu anda. Terimakasih.