3 Cara Menyetel Bosch Pump Mesin Diesel

Cara Menyetel Bosch Pump – Bosch pump merupakan bagian pada mesin diesel yang tugasnya untuk menekan bahan bakar solar dari tangki ke nozzle untuk dikabutkan diruang bakar. Fungsinya adalah untuk mensuplai bahan bakar solar ke ruang bakar melalui nozzle dengan tekanan tinggi.Bahan bakar solar yang di injeksikan dengan tekanan tinggi akan membentuk kabut dengan partikel bahan bakar yang sangat halus sehingga sangat mudah tercampur dengan udara didalam ruang bakar.

Secara garis besar Pompa injeksi bakar atau bosch pump dibagi menjadi dua jenis yaitu Pompa injeksi tipe in-line dan tipe distributor. Tipe in-line memiliki jumlah bahan bakar yang setara dengan jumlah silinder dan bekerja sesuai dengan urutan injeksi yang ditentukan Camshaft. Sedangkan tipe Distributor memiliki satu mekanisme kompresi bahan bakar yang akan mendistribusikan bahan bakar yang memiliki tekanan ke tiap silinder sesuai dengan urutan Injeksi.

Pada mesin diesel bosch pump merupakan komponen yang sangat mempengaruhi kinerja mesin diesel itu sendiri. Jadi untuk meningkatkan kerja mesin dapat dilakukan dengan cara menyetel bosch pump pada mesin diesel yang anda miliki. Lalu bagaimana cara menyetelnya? jika sebelumnya saya telah menyajikan informasi mengenai harga mesin polisher lantai dan pada kesempatan yang sangat baik ini saya akan memberikan kepada anda semua mengenai cara setel bosch pump tanpa ribet.

Cara menyetelnya sendiri sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu serta tenaga yang banyak. Hanya dengan beberapa menit untuk menyetel bosch pump. Mungkin bagi para mekanik mesin diesel sudah paham, namun masih ada banyak orang yang belum paham atau belum mengerti prosedur penyetelannya dengan benar. Untuk mengetahuinya lebih lanjut mari simak ulasan berikut ini.

Cara Menyetel Bosch Pump Mesin Diesel

Cara Menyetel Bosch Pump Mesin Diesel

Cara Menyetel Bosch Pump Mesin Diesel

Seperti yang sudah saya bahas tadi bahwa caranya sangat sederhana dan anda hanya memerlukan alat berupa kunci pass atau ring ukuran 12 mm dan obeng plat. Penyetelan bosch pump juga dapat meningkatkan akselerasi mesin diesel. Untuk dapat menyetel akselerasi mesin diesel bosch pump dapat disetel dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Dalam dunia perdieselan penyetelan biasa dilakukan untuk menambah akselerasi, top speed dan tarikan mesin. Untuk lebih memperjelas lagi simaklah langkah langkah berikut ini.

Cara Menyetel Bosch Pump

Cara Menyetel Bosch Pump

Cara Menyetel Bosch Pump

  1. Siapkan peralatan berupa kunci pass ukuran 12 mm dan obeng plat.
  2. Kemudian buka mur penutup pada bosch pump.
  3. Selanjutnya lepas cincin pennya.
  4. Setelah bosch pump terbuka silahkan longgarkan mur pengikat yang ada di ujung dengan kunci pass ukuran 12 mm.
  5. Setelah sudah, setel bosch pump menggunakan obeng plat atau obeng pipih.
  6. Kemudian putar searah jarum jam sesuai dengan yang anda inginkan.
  7. Usahakan memutar kurang dari 180 derajat atau setengah putaran saja.
  8. Jika sudah kencangkan kembali mur pengikat agar setelan tidak goyang atau berubah.
  9. Lalu pasang kembali cincin pen.
  10. Pasang dan kencangkan mur penutup.

Cara Meningkatkan Akselerasi Mesin Diesel

Cara Meningkatkan Akselerasi Mesin Diesel

Cara Meningkatkan Akselerasi Mesin Diesel

  1. Silahkan siapkan kunci pass atau ring berukuran 12 mm dan 2 kunci sok.
  2. Kemudian kendorkan baut pengikat tutup bosch pump.
  3. Selanjutnya lepas baut bosch pump pada badan mesin.
  4. Kemudian lihatlah arah putaran mesin diesel.
  5. Lalu untuk menambah akselerasi silahkan putar bosch pump berlawanan dengan arah putaran mesin.
  6. Jika menginginkan tarikan mesin lebih panjang atau butuh top speed, silahkan putar bosch pump searah dengan arang putaran mesin.
  7. Pemutaran dilakukan per 2 mm.
  8. Kencangkan baut pengikat bosch pump.
  9. Silahkan cek hasil penyetelan.
  10. Jika hasilnya kurang sesuai dengan yang kita inginkan silahkan lakukan pengulangan penyetelan.

Untuk meningkatkan akselerasi mesin diesel apabila timing terlalu maju, maju maka mesin diesel tidak mau hidup dan apabila timing terlalu mundur, maka tarikan mesin diesel kendor. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Semoga informasi yang saya sajikan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua para pembaca yang baik hati dan tidak sombong. Selamat mencobanya dan semoga berhasil mempraktekkannya. Saya selaku penulis pamit undur diri, sekian dan terima kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini.