5 Cara Menyambung Kabel Kapasitor Pompa Air Untuk Pemula

Cara Menyambung Kabel Kapasitor Pompa Air – Pompa air merupakan hal yang sangat di butuhkan bagi setiap orang yang mengandalkan sumur sebagai sumber mata airnya, walaupun banyak di jaman sekarang yang sudah menggunakan PDAM. Kehadiran pompa air merupakan salah satu bentuk maju dan perkembangannya dunia teknologi di jaman saat ini, akan sangat-sangat terasa sekali pada kegiatan sehari-hari oleh manusia.

Pompa air ini sendiri akan meringankan kegiatan manusia dan mempercepat waktu untuk mengambil air yang akan digunakan untuk keperluan sehari hari. Tidak seperti pada zaman dahulu yang jika ingin mengambil air di sumur menimba dengan ember dengan anda akan menarik tali atau jenis lainnya yang sudah disambungkan dengan katrol, sehingga ember yang berisi air itu akan naik ke atas.

Namun jika menggunakan katrol dan ember itu tadi akan banyak sekali mengeluarkan tenaga, sehingga semakin berkembang dan majunya jaman pompa air tercipta diperuntukan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Dengan pompa air anda akan terasa terbantu karena sekali dari segi waktu akan sangat terasa karena anda hanya mengaktifkan tombol atau saklar on/off nya saja.

Karena pada mesin pompa air, listrik menjadi kekuatan atau sumber tenaganya sehingga, anda hanya perlu membayarkan listriknya saja. Pastikan ada penampung air yang disediakan agar anda selalu mengantisipasi hal terduga seperti saat pemadaman listrik, dan anda masih sempat mempunyai cadangan air. Dengan pompa air pastinya akan menambah besar bayaran listrik tentunya, oleh karena itu anda juga harus bisa menghemat manajemen keuangan agar tidak terlalu membengkak pada saat pembayaran listrik nantinya.

Cara Menyambung Kabel Kapasitor Pompa Air Untuk Pemula

Cara Menyambung Kabel Kapasitor Pompa Air Untuk Pemula

Yang sudah pernah membeli suatu jenis pompa air pastinya, pernah mendapatkan jenis pompa air yang tidak dilengkapi dengan kabel yang menghubungkan ke sumber listriknya. Atau itu artinya dari pihak produsen mesin pompa tersebut tidak menyediakannya dan anda harus membelinya sendiri di toko elektronik yang menyediakan. Dan pada mesin pompa air terdapat tiga jenis warna yang berbeda, dan setiap warna biasanya memiliki fungsi yang berbeda, dan anda perlu ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan penyambungan.

Biasanya ketiga warna kabel yang terdapat di mesin pompa air adalah kabel merah, biru dan kuning. Yang perlu di sambungkan hanya yang warna merah dan biru saja karena yang kuning itu adalah ground atau masa yang memiliki fungi sebagai penangkal petir/ anti petir yang di tancapkan ke tanah. Tetapi pada saat ini sudah mulai jarang ada orang yang memakai kabel kuning atau masa pada barang elektronik yang dimilikinya. Sekedar info biasanya setiap merek dan jenis mesin pompa air memiliki warna kabel yang berbeda dengan lainnya namun kebanyakan si sama. Dan jika dari anda ada yang memiliki pompa air merek shimizu dan mati secara tiba tiba atau mengalami kerusakan lainya begini cara memperbaiki pompa air shimizu yang mati.

Cara Menyambung Kabel Kapasitor Pompa Air

Cara Menyambung Kabel

  • Yang pertama anda harus lakukan adalah beli kabel terlebih dahulu di toko elektronik yang menyediakan dan anda¬† beli dengan kualitas kabel yang bagus tentunya, sehingga dapat bertahan dengan lama/ awet.
  • Sekedar saran, lebih baik gunakan kabel kawat jangan yang serabut. Karena yang serabut mudah terbakar dan mudah untuk putus beda dengan kabel yang kawat akan lebih tahan lama tentunya.
  • Pilih saklar atau colokan (On/Off) yang berkualitas bagus, karena seandainya menggunakan yang colokan murahan akan terbakar jika dilakukan dengan jangka waktu yang cukup lama dan itu sudah terbukti oleh banyak orang yang sudah menggunakan barang yang murah yang memiliki kualitas yang kurang bagus.
  • Kemudian lakukan penyambungan kabel secara rajin sehingga anda mudah untuk menutup dengan isolasi nantinya. Dua saja yang anda sambungkan yaitu warna merah dan biru, karena yang warna kuning adalah ground.
  • Bungkus pada setiap sambungan kabel yang sudah anda lakukan dengan isolasi yang rapat. hanya sekedar saran gunakan isolasi yang warna hitam dan jangan sampai terdapat kabel yang keluar atau terkelupas, sehingga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan seperti konseleting.

Itulah cara melakukan penyambungan kabel kapasitor pada pompa air, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Terlagi bagi anda yang baru membelinya dan masih bingung cara menyambungkannya. Selalu berhati-hati dalam melakukan penyambungan dan jangan kabel kuning tidak di gunakan.