Cara Mengatasi Performa Mesin Diesel Yang Menurun

Advertisement

Rumahdiesel.com – Hampir di setiap negara mesin diesel merupakan mesin yang paling di minati dan banyak di gunakan untuk berbagai kebutuhan di antaranya penggerak mesin pabrik industri, mesin mobil dan lain sebagainya. mengapa masih banyak orang yang mengandalkan mesin diesel sebagai mesin penggerak yang paling di sukai itu semua tidak terlepas dari banyaknya keunggulan mesin diesel di bandingkan mesin penggerak yang lainnya.

Banyak dari mereka yang menyukai mesin diesel sebagai solusi mesin penggerak yaitu diantaranya mesin diesel memiliki tenaga yang besar di bandingkan mesin bensin, mempunyai body mesin yang kokoh serta lebih menghemat bahan bakar, apalagi seiring dengan perkembangan zaman, kini mesin diesel juga mengalami banyak perubahan terutama teknologi yang menyempurnakan komponen mesin diesel agar lebih kuat dan halus suaranya.

Action Coin

Pada mesin diesel berteknologi jepang, suara dan daya getaran mesin itu sangat halus dan juga untuk proses startingnya pun mudah dan enteng, sehingga apabila di gunakan oleh para pemula sangat aman dan gampang. untuk mesin diesel yang baru ketika di lakukan proses starting akan terdengar suara dari semprotan solar ke ruang bakar melalui nozle itu stabil dan lirih, hal ini menunjukkan bila suplai solar ke ruang bakar berjalan bagus tanpa ada hambatan yang menyebabkan mesin diesel susah untuk di hidupkan.

Namun karena kurangnya perawatan serta pemakaian yang terlalu berlebihan maka mesin diesel bisa mengalami beberapa masalah salah satunya menurunnya performa atau tenaga pada mesin diesel tersebut. dan hal ini akan mempengaruhi produktifitas serta kinerja mesin semakin berkurang. jika hal ini terjadi maka perlunya perawatan serta pengecekan untuk beberapa bagian pada mesin diesel tersebut.

Inilah beberapa langkah yang harus di lakukan agar performa mesin diesel kembali bagus dan tetap terjaga, yaitu :

Cara Mengatasi Performa Mesin Diesel Yang Turun

Cara Mengatasi Performa Mesin Diesel Yang Menurun

Cara Mengatasi Performa Mesin Diesel Yang Menurun

  • Pengecekan katup/ valve

Apabila katup atau valveĀ  pada mesin diesel mengalami masalah maka akan mempengaruhi performa pada mesin sehingga secara rutin perlu adanya pengecekan dan penyetelan ulang pada katup/ valve, sesuaikan ukuran jarak kerenggangan katup sesuai rekomendasi pabrikan karena jarak ukuran katup yang salah akan menimbulkan masalah yang cukup serius pada mesin diesel tersebut.

  • Penggantian katup/valve

Apabila setelah di lakukan penyetelan ulang kerenggangan namun tenaga mesin diesel belum sempurna maka coba lakukan pembongkaran pada silinder cop, kemudian bersihkan ruang bakar dari kotoran sisa pembakaran kemudian lakukan proses penyekiran katup agar kembali rapat dan hal ini akan mempengaruhi besar- kecilnya kompresi mesin diesel, namun apabila dalam pengecekan katup/valve telah mengalami ke aus an terlalu dalam maka sebaiknya lakukan penggantian katup/ valve dengan yang baru dan berkualitas.

  • Pengecekan sistem injektor

Sistem injektor merupakan hal penting yang mendukung mesin diesel mempunyai performa yang bagus, karena di sinilah pengaturan distribusi bahan bakar ke ruang bakar di lakukan, dan apabila pada sistem injektor ini mengalami masalah maka akan mempengaruhi suplai bahan bakar ke ruang bakar mesin diesel. untuk pengecekan sistem injektor ini meliputi dari pengecekan pada bospom , pipa bahan bakar serta nozle, biasanya akibat dari kurangnya perawatan serta temperatur panas yang terlalu tinggi maka nozle sering mengalami aus dan juga macet sehingga akan mempengaruhi proses pengabutan bahan bakar, bila hal ini terjadi maka segera lakukan penggantian dengan nozle yang baru.

  • Periksa filter udara

Komponen yang satu ini juga sangat berpengaruh terhadap kondisi tenaga pada mesin diesel, walaupun untuk sebagian orang sering kali di sepelekan untuk perawatan dan penggantiannya, sebab apabila saluran pada filter udara ini tersumbat maka akan sangat mempengaruhi performa pada mesin diesel, biasanya suara mesin diesel terasa tertekan dan mrebet kemudian putaran mesin seperti melambat biasanya terjadi gejala semacam itu apabila filter udara telah kotor, sebaiknya bersihkan filter udara secara rutin setiap 50 jam kerja, dan jangan lupa untuk memberi sedikit oli pada bagian mangkuk filter udara pada mesin diesel tersebut.

  • Camfull noken ash

Sebenarnya masalah yang satu ini jarang sekali terjadi namun apabila camfull atau pinggulan pada gear noken ash telah aus maka mesin diesel dalam bekerja tidak bisa maksimal, biasanya mesin dapat mati sendiri dan suara mesin seperti ngayun.

  • Knalpot mesin yang tersumbat

Dikarenakan mesin diesel terkadang mengeluarkan asap pembakaran yang sedikit ngebul, dan hal ini kadang membawa kotoran sisa hasil pembakaran menempel pada dinding dalam knalpot, serta hal ini bisa mengakibatkan lubang pengeluaran pada knalpot mesin tertutup oleh sisa kotoran hasil pembakaran sehingga udara yang di keluarkan terganggu untuk bisa keluar, akibatnya mesin akan mengalami penurunan rpm nya sehingga mengakibatkan tenaga mesin diesel jadi menurun.

  • Volume oli

Apabila dalam hal pengisian oli mesin terlalu banyak dari ukuran standar pabrik, maka akan membuat oli mesin memenuhi setiap sela-sela dan rongga-rongga pada mesin diesel lalu ada yang masuk ke area ruang bakar yang akan mengganggu proses pembakaran terganggu, maka mesin akan kehilangan sistem kompresi dan mengakibatkan mesin diesel tidak bertenaga.

  • Ring piston rusak

Karena lamanya pemakaian dan usia mesin yang sudah tua biasanya ring piston mesin diesel akan mengalami aus atau bahkan ada yang patah, bila hal ini terjadi maka akan sangat besar dalam menyebabkan mesin diesel kehilangan tenaga, biasanya mesin akan susah di hidupkan dan akan mengeluarkan asap pembakaran yang tebal dari knalpot.

Untuk mengantisipasi masalah yang terjadi pada mesin diesel yang kehilangan performanya maka yang harus di lakukan ialah melakukan perawatan pada mesin diesel secara berkala serta kenali suara atau gejala yang kurang beres pada mesin diesel sehingga dapat langsung di perbaiki sehingga tidak menimbulkan masalah yang serius pada mesin diesel tersebut. sebaiknya dalam menangani masalah yang ada pada mesin diesel harus di lakukan oleh orang yang ahli di bidangnya sehingga mesin diesel akan lebih aman dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita, semoga artikel yang sangat sederhana ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, dan saya juga mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan dan sampai bertemu lagi dengan artikel yang selanjutnya selain dari Mengatasi performa mesin diesel yang menurun.

Advertisement