Cara Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin

Advertisement

Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin – Sering kali orang bertanya kenapa mesin yang aku punya volume oli dalam block bertambah banyak, kadang kita juga mendapati kalau mesin engine yang kita punya susah untuk di hidupkan sekalipun mesin tersebut bisa di nyalakan namun dalam proses startingnya sangat berat dan juga asap yang di keluarkan dari knalpot cukup tebal, inilah salah satu ciri kalau block mesin engine kita kemasukan bensin.

Biasanya mesin yang olinya tercampur bensin ketika di hidupkan mengeluarkan suara yang tidak stabil atau mrebet dan mesin mengalami penurunan performa,bahkan apabila oli yang tercampur bensin ini masuk ke ruang bakar terlalu banyak maka akan mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan ketika starting berat seperti macet, sehingga banyak orang mengira kalau mesin yang mereka punya mengalami masalah yang cukup serius di dalam komponen block mesin engine tersebut. Cara mengatasi masalah Block mesin engine GX-160 yang kemasukan bensin bisa di lakukan dengan beberapa tahapan di bawah ini :

Cara Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin

Cara Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin

Cara Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin

  1. Periksa volume oli pada block mesin dengan cara membuka penutup oli pada block kemudian ukur isi oli yang terdapat di block mesin tersebut,apabila volume oli melebihi ukuran standar yang di rekomendasikan mesin tersebut berarti bisa di simpulkan bahwa oli tersebut telah terkontaminasi dengan bahan bakar minyak. apabila ini terjadi maka segera buang oli yang tercampur bensin tersebut sampai bersih kemudian ganti dengan oli yang baru sesuai ukuran standar mesin,untuk mesin GX-160 honda volume olinya 0,06 liter.
  2. Tutup kran bensin dari tank bensin menuju karburator
  3. Periksa karburator dan bersihkan dari kotoran dengan cara melepas karburator dari posisi mesin, kemudian buka satu persatu komponen yang terdapat pada karburator tersebut lalu bersihkan menggunakan kompresor angin serta carbucleaner. bersihkan jarum karburator dari kotoran yang menyumbat karena masalah ini bisa di sebabkan karena jarum karburator tersumbat kotoran sehingga pelampung karburator tidak berfungsi maksimal menahan volume bensin, sehingga bahan bakar akan mengalir keluar melalui lubang karburator ke bagian ruang bakar.
  4. Buka busi dari tempatnya kemudian bersihkan bensin dan oli yang menempel di bagian ruang bakar dengan cara menarik berulang-ulang requil starter sehingga kotoran oli yang ada di ruang bakar akan keluar dari lubang busi tersebut.

Mengatasi block mesin GX 160 yang kemasukan bensin merupakan masalah yang tidak bisa di anggap mudah, karena harus di kerjakan dengan teliti dan tepat, karena bila tidak fokus dalam memperbaikinya maka bisa menimbulkan masalah yang lebih serius lagi pada mesin engine tersebut,karena masalah ini bisa terjadi secara berulang-ulang apabila tidak teliti dalam hal memperbaiki mesin tersebut.

Yang tidak kalah penting juga apabila karburator tidak kuat menampung bensin sehingga menimbulkan banjir bahan bakar minyak serta dapat masuk ke bagian block mesin tersebut ialah membersihkan tank bensin dari kotoran yang ada di dalam tankki bahan bakar, kuras bagian dalam sampai bersih dan pastikan tidak ada kotoran di dalam tankki bensin mesin tersebut, agar karburator selalu bersih tidak terkontaminasi bensin pada tank yang terdapat kotoran yang dapat menyumbat jarum karburator mesin tersebut.

Block Mesin GX 160

Block Mesin GX 160

Apabila jarum karburator sudah aus maka bisa mengakibatkan fungsi kerja karburator terganggu terlebih apabila rumah jarum karburator sudah aus maka sebaiknya untuk mengganti karburator mesin engine tersebut dengan yang baru, karena sangat sulit memperbaiki kondisi lubang ash jarum karburator yang telah rusak, sehingga bisa saja menimbulkan masalah yang sama pada mesin GX-160 yang anda miliki. Ada beberapa langkah yang perlu di lakukan agar mesin engine yang kita punya terhindar dari masalah block mesin yang kemasukan bensin, berikut ini beberapa tahapan perawatan mesin agar block mesin tidak kemasukan bahan bakar minyak yaitu :

Cara Agar Block Mesin Tidak Kemasukan Bensin

Cara Agar Block Mesin Tidak Kemasukan Bensin

Cara Agar Block Mesin Tidak Kemasukan Bensin

  • Apabila mesin telah selesai di gunakan dan akan di simpan kembali, jangan lupa untuk menutup kran bensin yang dari tank bensin menuju ke karburator, hal ini untuk menghindari masuknya kotoran di dalam tangki bensin masuk ke karburator.
  • Ketika mesin akan di simpan pastikan bahwa kondisi klep mesin dalam posisi menutup semua sehingga tidak terjadi bocornya udara di ruang bakar yang apabila bensin meluap ke ruang bakar dapat masuk ke block mesin melalui celah lubang klep mesin tersebut.
  • Putar kerk ash mesin sampai merasakan berat ketika di tarik requil starternya, hal ini menandakan bahwa sistem kompresi mesin telah menutup dan posisi piston berada di atas sehingga tidak ada ruang hampa udara pada bagian ruang bakar mesin .
  • Gunakan penyaring pada tangki bensin ketika akan di isi bahan bakar minyak sehingga kotoran di dalam bensin tidak terbawa masuk ke dalam tangki bensin.
  • Usahakan tangki bensin selalu penuh agar terhindar dari karat di dalam tangki yang bisa menimbulkan kotoran yang bisa masuk ke karburator.
  • Bersihkan tangki bensin setiap tiga bulan sekali.
  • Simpan mesin pada tempat yang datar jangan sampai miring ataupun terbalik, karena akan menyebabkan oli pada mesin mengalir masuk ke ruang bakar begitu juga sebaliknya.

Kebanyakan para pengguna mesin engine akan merasa panik serta kebingungan ketika mengetahui mesin yang mereka miliki mengalami masalah seperti yang saat ini sedang kita bahas ini, bahkan tidak sedikit pula yang menyimpulkan kalau mesin yang mereka miliki mengalami kerusakan yang fatal dan sangat mahal biayanya ketika akan di perbaiki, oleh karena itu banyak mesin yang di biarkan oleh pemiliknya karena di anggap rusak parah.

Baca Juga :

Semoga setelah anda membaca artikel ini bisa memberikan sedikit pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat untuk anda semua dalam menangani masalah block mesin GX-160 kemasukan bensin,sehingga bisa menjadikan referensi ketika akan memperbaiki mesin engine yang anda miliki, sebelumnya saya minta maaf apabila ada kekurangan dan salah dalam penulisan kata di dalam artikel ini, karena maksud dan tujuan saya untuk tidak saling menggurui namun semata-mata hanya ingin berbagi pengalaman dan bertukar pikiran bersama teman-teman semua yang mempunyai kesamaan hobi di bidang otomotif ini. Sampai disini perjumpaan kita untuk kali ini dan sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Mengatasi Block Mesin GX 160 Kemasukan Bensin.

Advertisement