Cara Memperbaiki Water Pump WB 20/ WB 30

Advertisement

Cara Memperbaiki Water Pump WB 20/ WB 30 – Berbicara tentang pompa air merk honda yaitu ada dua type WB 20 dan WB 30, yang di maksud WB 20 itu water pump yang mempunyai ukuran sedot dan pengeluaranya sebesar 2” sedangkan untuk seri WB 30 yaitu water pump dengan ukuran sebesar 3” lebih besar dari seri sebelumnya. sebenarnya selain type ini juga masih ada type water pump yang lebih besar lagi, namun pada kesempatan kali ini saya ingin membahas water pump dengan type WB 20 dan WB 30 terlebih dahulu.

pompa ini bisa di sebut juga dengan istilah pompa sentrifugal yaitu salah satu jenis pompa pemindah non positif. yang mempunyai prinsip kerja mengubah energi kinetis ( kecepatan ) cairan menjadi energi potensial ( dinamis ) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing. pompa jenis sentrifugal ini banyak di gunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, dan lain sebagainya.

Pengertian dari pompa adalah suatu alat atau mesin yang di gunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang di pindahkan dan berlangsung secara terus menerus. Pompa beroperasi dengan prinsip membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk ( suction ) dengan bagian keluar ( discharge ). maka dengan kata lain pompa berfungsi mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga ( penggerak ) menjadi tenaga kinetis ( kecepatan ) dimana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang pengaliran.

Di dalam pompa air ada beberapa istilah yang harus kita ketahui agar bisa menjadi acuan dalam kita menggunakan dan perawatan pompa air agar lebih berumur panjang.,istilah dalam pompa air tersebut di antaranya ialah :

Beberapa Istilah Dalam Pompa Air

istilah dalam pompa air

  • Suction head  : jarak vertikal dari permukaan air ke pusat kipas.
  • Discharge head : jarak vertikal dari pusat kipas menuju titik dimana selang pelepasan mencapai titik tertinggi.
  • Total head     : kombinasi dari suction head dan discharge head.
  • Kapasitas pelepasan : kuantitas pelepasan maksimum teoritis pada permukaan air ( head 0 meter ) dalam satuan galon liter per menit.
  • Tekanan   : gaya yang di alirkan ke air oleh kipas yang berputar,gaya ini dapat di ukur dengan sebuah alat ukur tekanan.
  • Head loss : hilangnya tekanan air dan kapasitas pelepasan akibat meningkatnya ketinggian dan friction ( gesekan ) head.
  • Air Pemancing : air yang di tuangkan ke dalam rumah pompa sebelum pengoperasian untuk mencegah rusaknya mechanical seal.
  • Pemancingan Sendiri : saat pompa di pancing terlebih dahulu dan kemudian di hidupkan, kondisi vacum di ciptakan di dalam body pompa dan selang pengisap, sehingga air akan tersedot secara otomatis. langkah ini di sebut ” pemancingan sendiri ” karena pompa secara otomatis akan memancing sendiri selama pengoperasian.

Untuk ukuran pompa air type WB 20 atau WB 30, jarak suction headnya ialah maksimal 8 meter, sedangkan untuk jarak Discharge headnya ialah 24 meter. sehingga hasil yang di peroleh untuk ukuran total headnya ialah 32 meter. inilah jarak ideal yang di rekomendasikan untuk pompa air type WB 20 dan WB 30 ini, oleh karena itu apabila jarak yang kita akan gunakan melebihi dari ukuran tersebut diatas, maka pompa air tersebut kemungkinan tidak kuat untuk menyedot air tersebut.

Apabila pompa air ketika akan di gunakan tetapi tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya yaitu tidak bisa menyedot air dan mengeluarkanya maka yang perlu di periksa pada kondisi pompa air tersebut ialah :

Cara Memperbaiki Water Pump WB 20/ WB 30

Cara Memperbaiki Water Pump WB 20/ WB 30

  • Cek sambungan pipa hisap, apabila ada kebocoran maka klem/ ikat sambungan tersebut dengan kencang dan rapat.
  • Cek pipa hisap yang masuk ke air siapa tahu ada yang pecah atau bocor
  • Cek baud rumah pompa, bila kendor segera kencangkan kembali.
  • Periksa kondisi kipas impeler
  • Periksa kondisi Water seal, apabila telah aus atau rusak maka perlu di ganti dengan yang baru karena mechanical seal ini mempunyai fungsi yang sangat penting di dalam pompa air.
  • Periksa oring/ karet rumah pompa,

Agar water pump tidak mengalami masalah yang berarti atau agar usia dari pompa air ini bisa lebih panjang maka yang harus kita lakukan yaitu merawat pompa air dengan pemeriksaan secara berkala. pemeriksaan tersebut meliputi :

  • Pemeriksaan baling-baling yaitu setiap tahun atau 300 jam pemakaian.
  • Pemeriksaan casing cover yaitu setiap tahun atau 300 jam pemakaian.

Berikut ini beberapa cara inspeksi pada jarak baling-baling pompa air WB 20 dan WB 30 :

Cara Memperbaiki Water Pump

  1. Lepaskan rumah pompa dan penutup baling-baling.
  2. Ukur kedalaman ( A ) dari penutup baling-baling/ keongan dengan cara penutup baling-baling pada posisi tengadah lalu ukur jarak kedalaman menggunakan alat ukur vernier caliper.
  3. Ukur kedalaman ( B ) antara baling-baling kipas/ impeler dengan rusuk pelat penutup pompa.
  4.  untuk hasil ukuran yang benar yaitu jarak ( A ) harus lebih besar dari pada ( B ).
  5. Untuk nilai jarak yang di rekomendasikan ialah : WB 20 XT : 0,3- 0,7 mm ( 0,012- 0,028 inci ) sedangkan untuk jenis pompa air WB 30 XT : 0,5- 0,9 mm ( 0,020-0, 035 inci ).
  6. Apabila hasil yang kita ukur tidak sesuai maka atur jarak dengan menambahkan atau mengurangi Adjuster Shims.

Baca Juga : Mesin Honda Gx-160 Kecepatan Tidak Bertambah

Adjuster shims itu sendiri ialah sebuah ring tipis yang di masukkkan pada crank shaft sesudah water seal dan sebelum kipas baling-baling/ impeller di masukkan. demikian tadi uraian singkat tentang cara memperbaiki water pump WB 20 dan WB 30, semoga artikel sederhana ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Advertisement