Cara Memperbaiki Mesin Potong Rumput Susah Hidup

Cara Memperbaiki Mesin Potong Rumput Susah Hidup – Mesin potong rumput merupakan alat untuk memotong rumput dengan menggunakan mesin, seiring berkembangnya zaman, mesin potong rumput ini mengalami perkembangan teknologi yang canggih untuk memberikan kemudahan serta kepuasaan para pemakainya.ada beberapa jenis dan type mesin potong rumput yang kini banyak di gunakan oleh konsumen yang pada khususnya di gunakan di instansi dan perkantoran. mesin potong rumput memiliki dua jenis yaitu jenis 4 stroke ( empat langkah ) dan jenis 2 stroke atau ( dua langkah ), dan kini juga ada yang menggunakan daya listrik sebagai penggeraknya dan biasanya mesin jenis ini di gunakan untuk halaman yang lebih kecil di sekitar rumah tinggal.

Mesin potong rumput sendiri ada yang di dorong menggunakan roda, biasanya mesin jenis ini di gunakan untuk memotong rumput halaman yang luas seperti lapangan sepak bola maupun taman- taman kota. untuk yang lebih banyak di gunakan ialah mesin potong rumput gendong, karena lebih praktis bentuknya serta mampu di bawa kemana saja dan memiliki tenaga yang besar ketika memotong rumput.banyak di gunakan untuk halaman kantor, taman kota, kebon di rumah serta untuk memotong pohon padi di sawah. apabila pekerjaan memotong rumput ini kita menggunakan mesin pemotong maka akan menghemat waktu serta tenaga para pekerja, karena pekerjaan akan lebih cepat selesai ketimbang di lakukan dengan memotong rumput sistem manual.

Apabila mesin potong rumput kita pakai setiap hari dan di gunakan untuk memotong di berbagai medan serta kondisi rumput yang berbeda-beda maka ada kemungkinan mesin potong rumput akan mengalami masalah apabila dalam hal perawatan kurang di perhatikan, yang sering terjadi yaitu mesin potong rumput mengalami masalah susah untuk di hidupkan, apabila hal ini terjadi maka akan menggangu serta menghambat pekerjaan yang kita lakukan.

Untuk mengatasi masalah ini saya ingin memberikan sedikit tips dan pengalaman dalam hal memperbaiki mesin potong rumput susah hidup. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan cara perbaikan potong rumput untuk kedua jenis yaitu jenis 4 tak dan jenis 2 tak, untuk memperbaiki mesin potong rumput susah hidup perlu di perhatikan beberapa langlah yang harus di lakukan di antaranya :

Cara Memperbaiki Mesin Potong Rumput

Cara Memperbaiki Mesin Pemotong Rumput

Cara Memperbaiki Mesin Pemotong Rumput

1. Cara memperbaiki mesin potong rumput susah hidup pada jenis mesin 2 stroke ( dua tak )

  • periksa tangki bahan bakar, isi secukupnya dan pastikan bahan bakar tidak ada hambatan ketika menuju ke karburator .
  • periksa sistem pengapian, cek kondisi busi bila telah lemah pengapianya maka harus di ganti dengan yang baru, perlu di perhatikan untuk jenis mesin dua tak maka kemungkinan busi cepat mati itu lebih besar karena proses pembakarannya selalu basah karena oli yang bercampur dengan bensin.
  • Cek kondisi seal pada kerk ash samping, pastikan dalam kondisi kuat tidak bocor, sebab apabila seal telah rusak maka akan mempengaruhi kompresi pada mesin sehingga susah untuk di hidupkan.
  • periksa kampas mesinnya, apabila telah rusak akan mempengaruhi laju mesin menjadi lambat sehingga susah untuk di hidupkan.
  • periksa kondisi karburator, bersihkan semua dari kotoran yang menyumbat lubang pada karburator, tidak lupa juga untuk mengganti packing pada karburator tersebut.
  • Periksa block easy pada mesin potong rumput, dengan cara membuka empat baud kemudian tarik keluar block dari piston mesin potong rumput, cek kondisi block mesin apakah ada goresan luka di dalam block bila ada maka ini akan mempengaruhi mesin potong rumput susah di hidupkan karena adanya kebocoran kompresi. bila hal ini terjadi maka ganti block easy untuk mesin potong rumput tersebut dengan yang baru lengkap dengan piston dan ring piston. jangan sampai lupa untuk mengganti packing block mesin dengan yang baru.
  • Periksa knalpot mesin potong rumput dari sumbatan kotoran sisa pembakaran, sebab apabila lubang knalpot tertutup kotoran akibat dari pembakaran akan mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan.
  • Gunakan ukuran campuran bensin dan oli 2T sesuai standar yang di sarankan 50 : 1, yaitu untuk 50 liter bensin maka campuran oli 2T sebanyak satu liter, usahakan untuk campuran olinya jangan sampai kurang dari standar normal karena akan menyebabkan mesin kurang pelumas sehingga block mesin mudah panas dan macet.

2. Cara memperbaiki mesin potong rumput susah hidup pada jenis 4 stroke ( empat tak )

  • Cek kondisi tangki bensin, pastikan aliran bensin lancar tak ada hambatan
  • Cek CDI dan busi, lakukan tes pengapian yang normal
  • Cek kondisi oli, pastikan dalam kondisi pas volumenya, karena bila pengisian oli terlalu penuh akan membuat proses star lebih berat dan akan membuat mesin susah untuk di hidupkan.
  • Cek karburator, biasanya untuk karburator mesin potong rumput ini menggunakan sistem vakum/ hisap sehingga apabila packing serta membran dalam karburator tersebut rusak akan mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan.
  • periksa piston dan ring piston dan jangan lupa ganti packingnya dengan yang baru
  • Lakukan penyetelan klep IN maupun Ex sesuai standar yang di rekomendasikan yaitu untuk valve Ex 15 mm dan untuk valve IN 10 mm.

Perlu untuk di perhatikan ketika kita menggunakan mesin potong rumput untuk selalu memperhatikan keamanan kerja, agar tidak terjadi hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan kita sebagai pemakai. jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk pengamanan yang di sarankan seperti memakai sepatu boot, memakai pelindung mata, dan juga untuk selalu fokus dalam menjalankan pekerjaan ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mesin Diesel Boros Bahan Bakar

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kekencangan pisau potong rumput sebelum mesin di hidupkan, serta lakukan perawatan pada gear case untuk di kasih gemuk pelumas serta kawat fleksibel yang harus di lumasi dengan gemuk pelumas agar tidak mudah panas dan patah. terima kasih untuk semua atensinya dan selamat mencoba ya guys…