Cara Memperbaiki Mesin Diesel Tak Ada Kompresi

Advertisement

rumahdiesel.com – Sistem kompresi pada mesin diesel merupakan suatu hal yang sangat penting dan merupakan proses yang berpengaruh besar untuk terjadinya sistem pembakaran pada ruang bakar mesin diesel yang menyebabkan mesin diesel tersebut mudah untuk di hidupkan, apabila sistem kompresi pada mesin diesel ini tidak bekerja dengan baik maka mesin tersebut susah untuk di hidupkan karena pada ruang bakar tidak ada tekanan tenaga yang besar untuk menghasilkan panas pada ruang bakar dimana mesin mengalami proses menghidupkan mesin.

Untuk mesin diesel piston mendorong udara ke ruang bakar  kemudian udara tersebut di kompresi hingga mencapai suhu dan tekanan tertentu dan pada saat bersamaan dengan gerakan piston menuju titik mati atas ( TMA ) kemudian bahan bakar solar di injeksi ke dalam ruang bakar bertekanan tersebut. pada kondisi inilah memicu adanya ledakan partikel solar yang menyala dan menghasilkan tenaga ledakan . suhu yang di perlukan agar bisa terjadinya proses pembakaran pada ruang bakar ialah suhu yang cukup tinggi yaitu 600 derajat celcius.

Ada banyak penyebab mengapa mesin diesel tidak ada kompresi sehingga mesin susah untuk di hidupkan, biasanya hal ini terjadi karena ada beberapa masalah pada komponen mesin diesel di antaranya ialah :

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yang Tidak Ada Kompresi

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Tak Ada Kompresi

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Tak Ada Kompresi

  • Piston dan ring piston yang sudah aus atau patah pada stang piston atau con rod, sehingga tidak ada dorongan udara ke bagian ruang bakar.
  • Gasket atau packing silinder head telah rusak atau terbakar yang mengakibatkan adanya kebocoran udara di ruang bakar.
  • Klep atau valve yang bengkok atau rusak, serta bisa juga karena tersumbat kotoran pada bagian rumah klep.
  • Penyetelan klep yang tidak benar atau berubah dari posisi standar ukuran mesin diesel tersebut.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kompresi pada mesin diesel tersebut hilang atau tidak yaitu dengan cara lakukan proses starting dengan mengengkol pada poros engkol kemudian lepas handle choke rocker arm, apabila fly wheel pada mesin diesel tersebut terus berputar setelah di lepasnya choke handel bersamaan dengan di tariknya putaran engkol dari mesin maka sudah bisa di pastikan bahwa kompresi pada mesin diesel tersebut tidak ada, namun apabila pada saat di lepasnya handel choke bersamaan dengan proses di tariknya engkol pada mesin kemudian fly wheel tertahan berhenti dan terjadi gerakan putaran balik dari fly wheel sesaat maka kompresi pada mesin diesel tersebut masih bagus.

Kurangnya perawatan dan cara penggunaan yang terlalu berlebihan merupakan faktor utama penyebab hilangnya kompresi pada mesin diesel, bahkan apabila mesin lama tidak di hidupkan dan pada proses tersebut klep atau valve tidak pada posisi tertutup rapat atau pada posisi top death maka kemungkinan karena hampa udara atau bagian klep kemasukan kotoran maka hal ini bisa mengakibatkan kompresi pada mesin diesel hilang.

Ada beberapa tahapan untuk mengatasi kompresi yang hilang pada mesin diesel dan hal ini bisa kita lakukan sendiri di rumah tanpa harus di bawa ke bengkel , apabila kalian telah mengerti dan memahami sistem dari kompresi mesin diesel,  namun tidak lupa juga dalam melakukan pekerjaan perbaikan mesin yang paling utama ialah faktor keselamatan atau ada istilah no safety no kerja, kira-kira seperti itu.

Berikut ini beberapa langkah penanganan pada mesin diesel yang mengalami kompresi hilang atau los sehingga mesin tidak bisa di hidupkan yaitu :

  • Buka tutup filter udara lalu masukkan sedikit oli lewat manipol filter udara dan pastikan oli tersebut masuk ke ruang bakar melewati rumah klep, kemudian lakukan proses pengengkolan secara perlahan, kemudian lakukan pengetesan kompresi dengan cara melepas choke rocker arm bersamaan menarik engkol dan apabila terjadi tekanan pada ruang bakar kemungkinan kompresi telah ada karena kotoran pada ruang bakar dan klep telah terbawa oleh oli yang kita masukkan, kemudian lakukan menghidupkan mesin diesel seperti biasa. pada proses ini apabila mesin diesel tersebut hidup maka asap yang keluar akan sedikit tebal dan berlangsung agak lama di karenakan oli yang kita masukkan terbakar langsung di ruang bakar, dan nanti dengan sendirinya juga asap tersebut akan menghilang.
  • Apabila langkah di atas belum berhasil maka langkah selanjutnya yaitu dengan cara melakukan penyetelan ulang klep atau valve mesin diesel tersebut sesuai ukuran standar.
  • Lakukan pembongkaran pada silinder head, kemudian periksa kondisi klep dan bos klep serta cek juga untuk packing silinder headnya,apabila pada masing – masing komponen mengalami kerusakan misalkan klep bengkong atau tersumbat kotoran maka bersihkan atau lakukan penggantian klep tersebut, dan jangan lupa untuk lakukan penyekiran pada klep agar rapat posisi IN maupun EX nya.
  • Untuk packing silinder head sebaiknya di ganti dengan yang baru apabila telah terjadi pembongkaran pada silinder head mesin diesel tersebut.
  • Bongkar dan periksa kondisi ring piston serta pistonnya,  lepas salah satu ring piston kemudian masukkan ke dalam bagian silinder liner atau buring kemudian ukur jarak kerenggangan dari ring piston tersebut, apabila telah mengalami aus maka sebaiknya ganti ring piston dan piston tersebut karena komponen ini mempengaruhi proses terjadinya kompresi pada mesin diesel tersebut.
  • Periksa kondisi silinder liner, apabila telah aus atau mbaret bergaris maka segera lakukan penggantian dengan yang baru serta menggunakan spart part yang bagus dan original.
  • Lakukan pemasangan untuk masing – masing komponen dengan cara dan prosedur yang benar sesuai rekomendasi dari pihak produsen mesin diesel tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, sekiranya ada kesalahan kata mohon untuk di maafkan dan sampai di sini dahulu perjumpaan kita, serta sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya.

Advertisement