Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas

Advertisement

Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas – Engine Diesel cepat panas sering kita jumpai pada mesin yang biasa kita pakai untuk menunjang aktivitas kerja kita, sedikit banyaknya masalah yang ada pada mesin akan sangat menggangu kelancaran pekerjaan kita.oleh karena itu bila mesin engine diesel kita mengalami masalah cepat panas, saya anjurkan untuk segera di perbaiki.

Bila engine diesel mengalami masalah cepat panas, ini akan mempengaruhi performa dari mesin tersebut dan hal ini biasanya banyak di alami oleh mesin engine diesel yang di aplikasikan/di gunakan untuk pekerjaan berat yang membutuhkan tenaga besar.karena penggunaanya yang terforsir dan juga biasanya para pemakai dalam menjalankan mesin engine dieselnya menggunakan kecepatan maksimal, ini juga akan mempengaruhi keadaan mesin engine diesel cepat panas.

Untuk memperbaiki engine diesel cepat panas, harus dilakukan dengan ketelitian dan kesabaran, karena masalah ini ada banyak kemungkinan yang dapat mempengaruhinya,kebanyakan dari kita jarang memperhatikan kondisi yang bisa mengakibatkan mesin engine diesel cepat sekali panas,maka hal ini akan semakin memperburuk kondisi mesin yang kita pakai sehari-hari. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mesin Engine Diesel Cepat Panas dan cara mengatasinya yaitu sebagai berikut :

Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas

Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas

Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas

1. Adanya kotoran yang menempel pada bagian magnet dan menghalangi kipas pendingin bekerja pada mestinya, yang harus dilakukan ialah bersihkan mesin engine Diesel kita bila sehabis di pakai dengan cara hidupkan mesin dengan keadaan kosong tanpa beban,kemudian buka baud van cover lalu melepasnya kemudian bersihkan kotoran yang mengganggu kipas pendingin berjalan.biasanya yang sering terjadi pada mesin yang di aplikasikan untuk mesin rontok padi.

2. Periksa kondisi klep dan lakukan penyetelan ulang, karena bila setelan klep tidak benar akan membuat kompresi lemah dan mesin akan  mudah cepat panas.bila perlu buka klep dan lakukan penyekiran kemudian setel kembali klep menurut ukuran yang di rekomendasikan.oleh karena pentingya komponen ini maka harus di lakukan oleh orang yang pintar dan berpengalaman.

3. Periksa kondisi oli mesin, karena apabila oli mesin berkurang akan mempengaruhi pelumasan pada komponen mesin sehingga bisa mengakibatkan mesin cepat panas.

4. Cek kondisi ring piston pada mesin, karena bila kondisinya sudah aus atau ada yang patah maka akan mengakibatkan kompresi mesin akan menurun dan menyebabkan performa mesin berkurang sehingga bila mesin di gunakan dengan daya kapasitas tinggi maka mesin akan cepat panas dan tak bertenaga.

5. Periksa keadaan van belt pada mesin,karena bila setelan jarak van belt telah berubah atau van belt telah rusak maka akan mempengaruhi laju mesin yang semakin lemah karena terjadi sleep pada kekencangan van belt sehingga mesin kehilangan performanya dan menjadi cepat panas.

6. Jangan lupa periksa kondisi udara tempat mesin di simpan, bila mesin di simpan pada ruangan yang memiliki ventilasi udara yang kurang maka akan menimbulkan mesin cepat panas, oleh karena itu sebaiknya tempat mesin harus mempunyai sirkulasi udara yang bagus agar zat karbon bisa keluar dengan bebas tanpa harus memenuhi ruangan mesin tersebut.

Selain beberapa hal di atas yang mempengaruhi keadaan mesin engine cepat panas, ada juga pengalaman yang pernah terjadi yaitu sistem pengapian pada mesin sudah lemah hal ini juga dapat mempengaruhi keadaan mesin engine diesel cepat panas. biasanya ada beberapa gejala bila sistem pengapianya telah lemah yaitu bila mesin di hidupkan dalam kondisi panas mesin mati sendiri/ atau baru beberapa saat mesin sudah panas dan akan mati sendiri, dan bila dinyalakan dalam kondisi mesin panas tidak akan mau hidup,harus menunggu mesin dalam keadaan dingin lalu mesin bisa di hidupkan namun suara mesin biasanya tidak setabil.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Honda G-200

Bila hal itu terjadi maka coba buka busi dari tempatnya kemudian masukan kedalam cop busi lalu tempelkan pada body mesin lalu tarik putar mesinya, coba lihat warna pengapian yang keluar dari elektroda busi, bila warna apinya biru berarti busi masih bagus namun bila warnanya merah dan memencar maka kondisi busi telah lemah dan harus di ganti dengan yang baru, begitu juga dengan koil mesin engine tersebut juga harus segera di ganti agar proses starting mudah dan performa mesin pun kembali normal. Inilah beberapa tips Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas, semoga bisa memberikan manfaat dan mohon maaf bila ada kekurangan, sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara Memperbaiki Engine Diesel cepat panas.

Advertisement