Cara Melepas Magnet Honda G 200

Advertisement

Melepas Magnet Honda G 200 – Mesin Honda G 200 ialah mesin yang di produksi oleh pabrik Honda di jepang, mesin type ini merupakan regenerasi dari type sebelumnya yaitu G300. mesin type ini memiliki struktur body yang besar dan mempunyai kekuatan 6.5 Hp,bentuk piston mesin jenis G 200 yaitu vertikal dan belum menggunakan sistem decompresi sehingga untuk startingnya agak berat. mesin ini memiliki suara yang halus dan power yang kuat, salah satu mesin paling bandel di kelasnya sehingga banyak pengguna yang senang memakai mesin type G 200 ini.

Untuk mesin Type G 200 posisi Ignition coil ada di bagian block di belakang fly wheel/ magnet, tidak seperti pada mesin type GX yang posisi Ignition coil nya terdapat di atas fly wheel/ magnet sehingga ketika kita akan mengganti atau melepasnya lebih mudah. kenapa ignition coilnya di dalam fly wheel karena kumparan magnet yang terdapat pada mesin Honda G 200 ini ada di bagian dalam manet, sehingga medan magnet terbentuk di dalam fly wheel tersebut. berbeda dengan Honda type GX yang letak kumparan magnetnya ada di luar fly wheel sehingga posisi ignition coilnya ada di luar / sebelah fly wheel.

Karena letaknya yang di dalam fly wheel/ magnet maka ketika mesin honda G200 mengalami masalah pada ignition coil maupun platinanya maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah membuka magnet/ fly wheel tersebut dari crank shaft ( kerk ash ).biasanya proses ini membutuhkan keahlian dan teknik khusus agar ketika kita melepas magnet tersebut tidak merusak magnetnya dan posisi drat kerk ash nya tidak rusak.

Berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan ketika akan melepas magnet mesin Honda G 200 :

Langkah Mudah Melepas Magnet Honda G 200

Cara Melepas Magnet Honda G 200

  • Buka terlebih dahulu Van cover mesin
  • Lepas mur drat crank shaft dengan kunci ring
  • Gunakan alat trekker berbentuk kotak yang di bagian tengahnya ada tiga lubang baud yang sama dengan posisi lubang baud yang ada di bagian magnet.
  • Caranya tempelkan alat trekker pada kerk ash kemudian masukkan baud satu persatu dari lubang trekker lurus ke posisi lubang drat yang ada pada magnet tersebut. kemudian kencangkan satu persatu baud tersebut secara seimbang, lakukan proses ini sampai posisi  magnet tertarik keluar dari kerk ash.

Selain dari langkah yang ada di atas kita juga bisa melaukan proses melepas magnet mesin Honda G 200 ini dengan cara manual tanpa menggunakan alat trekker, namun hal ini sangat beresiko merusak drat kerk ash mesin apabila di lakukan dengan tidak hati-hati, oleh karena itu langkah tersebut tidak di anjurkan namun apabila kita di haruskan melepas magnet namun dalam posisi kita tidak membawa alat trekker maka coba gunakan beberapa trik melepas magnet Honda G 200 di bawah ini :

  • Buka dan kendorkan mur kerk ash mesin, namun jangan di lepas sampai keluar,cukup sampai rata dengan ujung drat kerk ash.
  • kemudian pukul ujung kerk ash yang dratnya telah tertutup mur dengan menggunakan palu besar namun usahakan  jangan menggunakan tenaga yang terlalu keras agar tidak merusak block mesin.
  • apabila magnet telah posisi keluar biasanya akan terdengar bunyi kemudian magnet akan bergeser keluar dari kerk ash tersebut.
  • bisa juga kita memukul bagian dari magnet tersebut secara seimbang agar prosesnya lebih mudah sebelum melakukanya sebaiknya pada bagian lubang sepi magnet dan drat kerk ash di semprot cairan penghilang karat/kotoran agar lapisan kerk ash tersebut bersih dan mudah untuk di keluarkan.

Ketika kita akan melakukan pekerjaan memperbaiki mesin Honda G 200, maka proses melepas bagian magnet mesin ini harus kita kuasai agar proses pengerjaanya akan lebih mudah dan cepat.karena posisi melepas magnet ini adalah bagian yang sangat vital dan sangat susah pengerjaanya sehingga apabila kita bisa melakukan pengerjaan ini maka untuk melepas bagian mesin yang lainnya akan semakin mudah di lakukan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Honda Gx-160

Dalam proses melepas magnet mesin Honda G 2oo ini harus di perhatikan untuk segi keamanan pada mesin tersebut dan juga untuk kita yang melakukan proses tersebut. untuk itu di perlukan ketelitian dan kesabaran serta fokus pada proses melepas magnet tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. untuk sementara sampai di sini dulu perjumpaan kita ini semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu dan untukku.

Advertisement