2 Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin

Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin, bisa kita lakukan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel, ada beberapa ciri yang bisa kita analisa sebelum perbaikan misalnya mesin terasa berat ketika kita tarik pada saat akan di hidupkan lalu ketika kita mengecek bagian block, oli mesin bertambah volumenya sehingga bila sudah terlalu penuh dan block mesin tidak bisa menampungnya lagi maka bensin bercampur oli tersebut akan masuk ke bagian-bagian mesin yang akan mengakibatkan mesin mengalami masalah.

Sering terjadi mesin engine di kira macet total karena kekurangan oli sebab ketika oli yang bercampur bensin itu masuk ke bagian silinder cop dan akan menutup sistem kompresi sehingga bila di tarik akan terasa berat seperti mesin yang macet kekurangan oli. dan bila posisi pertama kali di hidupkan asap dari knalpot akan tebal berwarna putih dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat di hidupkan, ini terjadi karena oli yang bercampur bensin masuk ke bagian manipol knalpot.

Masuknya Bensin ke dalam block mesin engine itu di karenakan jarum pelampung pada karburator tidak berfungsi dengan baik bisa di sebabkan oleh kondisi rumah jarum yang telah aus atau jarum pelampung tersumbat kotoran sehingga bensin masuk ke mangkuk karburator terlalu banyak, karena karburator sudah tidak bisa menampung bensin yang terlalu banyak tersebut maka bensin akan mengalir pada tiap sudut bagian yang ada di silinder cop.bila saat mesin dalam keadaan tidak di gunakan kemudian posisi klep/valve terbuka maka bensin tersebut akan masuk melalui lubang klep kemudian melalui celah-celah ring piston bensin akan masuk ke block mesin sehingga volume oli akan meningkat dan akan mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan.

Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin Paling Mudah

2 Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin

2 Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin

Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin

Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin

Cara Mengatasi Block Mesin Engine Berisi Bensin

  1. Buka busi/ spark plug dari tempatnya kemudian bersihkan bagian silinder cop dari sisa oli yang bercampur bensin dengan cara menarik starter secara berulang-ulang maka oli yang bercampur bensin tersebut akan keluar melalui lubang busi, lakukan cara ini sampai oli yang telah campur tersebut habis terkuras dari bagian silinder cop,
  2. Cek kapasitas oli pada block mesin dengan cara membuka baud chek level kemudian kuras oli yang campur dengan bensin tersebut sampai bersih.
  3. Buka karburator kemudian bersihkan tiap komponen yang ada didalam karburator tersebut menggunakan carbucleaner atau angin kompresor sampai benar-benar bersih, pada bagian jarum karburator di lepas kemudian bersihkan kotoran yang menyumbatnya, setelah semuanya bersih lalu pasang karburator pada posisi semula namun mangkok karburator jangan di pasang terlebih dahulu kemudian coba di aliri bensin dan cek apakah jarum karburator telah berfungsi sempurna atau belum. bila sudah di cek semua maka pasang kembali mangkuk serta pelampung kemudian mesin siap untuk di hidupkan.

Setelah kita melakukan langkah- perbaikan untuk mengatasi masalah bensin yang masuk ke block mesin, maka di artikel ini saya juga akan memberikan cara pencegahan serta cara perawatan yang benar agar masalah block mesin engine berisi air ini tidak terulang kembali dan tidak lagi menjadi masalah pada mesin engine anda. beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk mencegah masalah tersebut ialah :

Cara Mencegah Block Mesin Terkena Bensin

Cara Mencegah Block Mesin Terkena Bensin

Cara Mencegah Block Mesin Terkena Bensin

  • Ketika mesin sudah selesai di gunakan dan akan di simpan kembali maka posisikan mesin dalam keadaan top, atau posisi kompresi penuh dengan cara tarik requil starter sampai anda merasakan berat kemudian lepas kembali requil starternya, pada posisi ini klep/ valve rapat sehingga bila terjadi karburator banjir maka bensin tidak masuk ke silinder cop, selain itu piston juga akan ada pada posisi di atas sehingga menutup lubang udara yang masuk ke celah ruang bakar.
  • Sebaiknya tutup kran bensin pada karburator agar kotoran tidak masuk ke bawa bensin pada posisi mesin tidak di hidupkan karena ini akan menyebabkan penyumbatan pada jarum pelampung.
  • Bila mesin telah selesai di gunakan dan akan di sampan dalam jangka yang cukup lama, sebaiknya bensin yang ada pada karburator di kosongkan agar sisa bensip tidak mengendap dan menimbulkan kerak bensin yang mengakibatkan karburator menjadi lembab, kemudian lakukan juga langkah posisi TOP pada mesin engine agar tak ada lagi hampa udara.

Dari sini dapat di ambil kesimpulan bahwa bila kita mendapati mesin ketika akan di hidupkan terasa berat seperti macet, belum tentu ini karena kekurangan oli namun bisa juga di sebabkan oleh oli yang tercampur bensin jadi volume oli bertambah, jadi baik kekurangan oli maupun kelebihan oli juga akan membuat mesin bermasalah dalam proses starter.oleh karena itu dalam menggunakan mesin kita harus mengetahui petunjuk dan tata cara perawatanya, oleh sebab itu semoga artikel cara mengatasi block mesin engine berisi bensin bisa bermanfaat dan sebagai wadah untuk kita bertukar pengalaman.