Cara Memperbaiki Block Mesin Diesel Berisi air

Advertisement

Rumahdiesel.com – Block Mesin Diesel Berisi Air sangat sering di jumpai oleh para pengguna mesin Diesel penggerak,kebanyakan dari kita merasa bingung oleh masalah yang tidak biasa terjadi pada mesin diesel yang kita punya.tanda-tanda dari block mesin diesel kita kemasukan air ialah debit oli yang di dalam block jadi bertambah serta warna oli berubah menjadi warna putih kental.

mulai sekarang setelah anda membaca artikel ini saya harapkan untuk tidak merasa bingung lagi, karena masalah itu semuanya ada solusinya,dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah yang sering muncul pada mesin diesel yang kita miliki yaitu Block Mesin Diesel Kemasukan Air.bila anda mengetahui penyebab masalah dari mesin diesel yang anda punya maka semua itu bisa di kerjakan sendiri di rumah tanpa perlu untuk di bawa kebengkel langganan anda terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan mesin Block Diesel berisi air dan solusinya :

Memperbaiki Block Mesin Diesel Berisi Air

Cara Memperbaiki Block Mesin Diesel Berisi air

Cara Memperbaiki Block Mesin Diesel Berisi air

1. Untuk Mesin Diesel yang berbahan bakar solar,sebagai alat pendingin mesinya yaitu menggunakan air yang di tampung diatas mesin diesel atau di sebut Radiator salah satu hal yang sering terjadi ialah Packing silinder  cop mesin terbakar/rusak sehingga lalu lintas dari air jadi terganggu kemudian masuk kedalam block mesin.bila hal ini terjadi pada mesin anda maka bongkar silinder cop pada mesin kemudian ganti packing silinder cop dengan yang baru, jangan lupa ganti sesuai ukuran dari type mesin diesel anda.

2. Buring/ silinder pada mesin diesel anda rusak/retak, hal ini juga bisa mengakibatkan oli mesin tercampur dengan air. berdasarkan pengalaman pribadi saya biasanya retaknya silinder ini tidak terlihat jelas,karena biasanya tipis seperti guratan halus sehingga perlu ketelitian dan kejeliaan di dalam melihatnya. untuk sekedar tukar informasi aja biasnya bila buring/silinder mesin diesel kita retak/pecah untuk coba mengeceknya kalau menurut saya pribadi dengan mencoba di pukul dengan benda secara pelan maka dari suaranya bisa di analisa bahwa silinder tersebut pecah.yang sering itu suara yang di hasilkan tidak nyaring ketika silinder di pukul menggunakan benda.

3. Kemungkinan selanjutnya yaitu Karet/oring dari buring itu sendiri, yang sering berisi dua karet oring, nah bila ketebalan dari karet oring ini telah menipis atau karet oring ini putus maka air dari radiator mesin diesel kita pun dapat masuk ke block mesin,

4. setelah penggantian spart part selesai maka jangan lupa bersihkan terlebih dahulu sisa oli yang tercampur dengan air tersebut agar bila kita mengganti oli mesin dengan yang baru,tidak terkontaminasi sisa oli yang tercampur air tersebut. atau bila oli sudah di buang kemudian anda isi dengan oli bekas yang bersih yang sudah berwarna hitam kemudian hidupkan beberapa saat lalu matikan mesin tersebut dan kemudian kuras oli mesin bekas tersebut sampai habis kemudian ganti yang baru, maka sisa oli yang tercampur oli akan terbawa oleh oli bekas tersebut.

Untuk perlu di ingat ketika kita memasang buring/silinder yang baru ke block mesin, jangan memukul langsung dengan benda keras seperti palu besi ke arah silinder tersebut, karena hal itu bisa mengakibatkan silinder tersebut rusak, cara yang paling aman menurut aku yaitu letekkan posisi silinder pada letak yang tepat pada block mesin kemudian cari balok kayu yang kuat untuk memberi alas pada silinder ketika silinder akan di tekan masuk kedalam block mesin tersebut.

Dari beberapa hal tips di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa yang harus selalu di lakukan untuk mesin diesel kita yaitu selalu melakukan perawatan berkala,dan setiap mesin diesel akan di hidupkan jangan lupa untuk mengecek kondisi oli,bahan bakar serta air radiator sehingga dapat mencegah kerusakan yang berat pada mesin diesel kita.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Engine Diesel Cepat Panas

sampai di sini dulu artikel ini saya tulis, bila ada kesalahan saya mohon maaf dan semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, saya juga menerima akan sangat senang bila kita bisa shareing bareng disini mengenai Cara Memperbaiki Block Mesin Diesel Berisi Air.

Advertisement